6 Hal yang Bisa Kamu Pelajari dari Drama Start-Up!

Siapa yang tidak tahu drama Korea yang sempat ramai diperbincangkan berjudul Start-up, drama Korea ini berhasil menarik perhatian penonton dengan mendapatkan rating 8,1 dari situs Internet Movie Database (IMDb). Drama Korea ini memuat 16 episodes yang diperankan aktor dan aktris terkenal, Kim Seon-Ho memerankan Han Ji-Pyeong, Nam Joo-Hyuk memerankan Nam Do-san, dan Bae Suzy memerankan Seo Dal-mi.

Drama Korea ini menceritakan tentang pengusaha muda yang bercita-cita mewujudkan mimpinya dan bersaing untuk sukses di dunia industri teknologi Korea. Selain menyuguhkan cerita tentang perjuangan Seo Dal-mi yang hanya lulusan SMA untuk meniti karirnya, drama Korea ini juga menyuguhkan cerita cinta antara ketiga pemeran utamanya, antara Nam Do-san, Seo Dal-Mi, dan Han Ji-Pyeong. Kalian tim Nam Do-san atau Han Ji-Pyeong? Tentunya, banyak pelajaran yang bisa kalian dapatkan dari drama ini, yuk kita simak apa saja!

Advertisement

1. Masa muda adalah masa terbaik untuk mencari tahu banyak hal

@tvnstartup

@tvnstartup via http://instagram.com

Masa muda adalah masa yang tepat untuk seseorang mempelajari banyak hal, seperti karakter Han Ji-Pyeong yang memulai karirnya dengan mempelajari dunia investasi dan bisnis yang akan ia petik hasil kerja kerasnya di masa depan nanti.

Dengan mempelajari banyak hal seseorang akan memiliki pengetahuan yang luas dan dapat dijadikan bekal untuk masa mendatang nanti.

Advertisement

2. Berani keluar dari zona nyaman

@tvnstartup

@tvnstartup via http://instagram.com

Beranilah untuk keluar dari zona nyamanmu seperti sosok Seo Dal-mi. Seo Dal-Mi memutuskan keluar dari zona nyamannya dengan mengundurkan diri dari kantornya dan memulai karir barunya bersama Samsan Tech. Jika dilihat dari hal itu, keluar dari zona nyaman ternyata dapat membuat kita melihat dan mendapatkan peluang juga kesempatan yang lebih luas.

3. Percaya dengan yang sedang dijalani

@tvn_startup

@tvn_startup via http://instagram.com

Drama ini mengajarkan kalian untuk percaya dengan apapun yang kalian jalani sekarang. Janganlah takut untuk mengambil kesempatan dan menjalani apa yang kalian miliki sekarang karena di setiap hal yang kalian percayai dan lakukan sekarang tentunya akan memiliki manfaat kedepannya.

4. Tidak mudah menyerah

Advertisement
@tvn_startup

@tvn_startup via http://instagram.com

Dalam drama ini mungkin kalian melihat sosok Seo Dal-mi yang sering mendapat kritikan dari mentor bisnis nya yaitu Han Ji Pyeong. Akan tetapi hal itu tidak membuat Seo Dal-mi menyerah dan menolak kritikan itu.

Ia justru belajar lebih banyak dan menuruti apa yang Han Ji Pyeong sarankan. Karakter tidak mudah menyerah dan mau menerima setiap saran dan kritikan akan membuat kita lebih baik dan memiliki mental yang kuat dalam menjalani kehidupan ini.

5. Berani mengambil resiko

@tvnstartup

@tvnstartup via http://instagram.com

Seo Dal-mi menerapkan prinsip bahwa keputusan apapun yang dia ambil, dia tidak akan menyesalinya. Sosok Seo Dal-mi mengajarkan kita untuk lebih berani mengambil keputusan dengan apapun resiko yang akan terjadi nantinya. Jika ternyata keputusan yang diambil itu salah, dapat dijadikan pelajaran untuk lebih baik kedepannya.

6. Tidak memandang rendah orang lain

@tvn_startup

@tvn_startup via http://instagram.com

Pendidikan itu memang penting tetapi pendidikan tidak dapat mengukur kesuksesan seseorang. Lihatlah sosok Seo Dal-mi yang hanya lulusan SMA, tetapi ia berhasil menjadi sosok yang menginspirasi orang di sekitarnya dengan menjadi CEO di Hackathon Sandbox. Hal itu mengajarkan kita untuk tidak mudah memandang rendah orang lain dan menilai seseorang hanya berdasarkan latar belakang pendidikannya.

Kita dapat menerapkan pelajaran yang ada di drama tersebut dalam kehidupan kita sehari-hari dan menjadi sosok yang lebih baik. Bagi pembaca yang sudah akan memasuki dunia kerja, membuat startup adalah ide yang bisa dicoba. Mengapa demikian? Karena startup menawarkan sejumlah pengalaman, disamping meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Startup banyak bentuknya, salah satunya adalah social startup yang tidak hanya membahas bisnis saja tetapi juga memberikan dampak sosial yang nyata untuk masyarakat.

Untuk meningkatkan pengetahuan tentang social startup, pembaca dapat mengikuti kegiatan kolaboratif yang diselenggarakan AIESEC in UPN “Veteran” Yogyakarta yang satu ini, yaitu Impact Circle #YouthForTheFuture: Social Startup is a Solution for Increasing Economic Growth. Kegiatan kolaboratif berbentuk webinar ini akan menghadirkan pembicara-pembicara yang sangat expert dalam bidangnya. Kegiatan yang akan dilaksanakan pada bulan Juli ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang ingin menambah pengetahuan dan berdiskusi mengenai social startup!

Info lebih lanjut mengenai Impact Circle: aiesec.or.id/impact-circle

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

AIESEC di UPN “Veteran” Yogyakarta berdiri pada tahun 2010 sebagai cabang lokal dari AIESEC di Indonesia. Didirikan oleh 3 mahasiswa Hubungan Internasional UPN “Veteran” Yogyakarta yang luar biasa yang telah merasakan pengalaman internasional melalui AIESEC, AIESEC di UPN “Veteran” Yogyakarta sekarang telah melampaui satu dekade dalam menyebarkan dampak positif dan memiliki 90 anggota aktif setiap tahun serta mengirim dan menerima total lebih dari 95 pemuda untuk melakukannya pertukaran. AIESEC di UPN “Veteran” Yogyakarta mengedepankan nilai dan pesan AIESEC International. Oleh karena itu, kami berfokus pada pengembangan kepemimpinan dan tentang masalah dunia, pengembangan kepemimpinan, pemahaman budaya, dan pembelajaran berdasarkan pengalaman.

CLOSE