6 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Rumah, Penting Untuk Pengantin Baru!

Hallo teman-teman, apa kabar kalian? Semoga baik-baik saja ya. Di sini saya akan memberikan kepada kalian hal apa saja sih yang harus diperhatikan sebelum membeli rumah? Oke, artikel ini saya temukan di salah satu portal berita dan semoga artikel ini bisa memberikan kalian referensi terutama bagi pasangan muda alias pasangan yang baru menikah.

Advertisement

1. Lokasi rumah yang akan dibeli

Lokasi rumah

Lokasi rumah via https://www.pexels.com

Hal pertama yang harus kalian perhatikan yakni lokasi rumah. Lokasi sangatlah penting dan biasanya rumah yang letaknya jauh dari pusat kota harganya lebih murah dibanding yang dekat dengan pusat kota. Sebenarnya jauh dari pusat kota bukanlah masalah selama akses transportasi memadai dan dekat dengan sekolah atau supermarket.

Selain hal di atas, perhatikan juga apakah rumah yang hendak kalian beli bebas dari banjir atau tidak. Hal ini sangat penting sekali ketika musim hujan tiba. Jika rawan banjir tentu kalian akan sangat repot sekali namun sebaliknya, jika bebas dari banjir saat musim hujan tentu kalian tidak akan kerepotan

Advertisement

2. Perhatikan spesifikasi rumah yang hendak dibeli

Spesifikasi rumah

Spesifikasi rumah via http://pexels.com

Hal kedua yang harus kalian perhatikan yakni spesifikasi. Biasanya developer akan mencantumkan spesifikasi perumahan yang dijualnya. Meski demikian, alangkah baiknya jika kalian langsung datang dan cek rumahnya secara langsung agar tidak kecewa di kemudian hari.

Perhatikan beberapa hal seperti jenis material rangkap atapnya atau material dinding yang digunakan. Pastikan juga jika material yang dipilih developer memiliki kualitas yang oke, struktur bangunan yang bakoh dan juga tahan lama.

3. Cek reputasi developer

Developer rumah

Developer rumah via http://google.co.id

Hal ketiga yang harus kalian perhatikan yakni cek reputasi developer dari rumah yang hendak kalian beli. Pastikan developer memiliki reputasi yang baik, berpengalaman dan track record yang bagus.

4. Cek surat perizinan

Cek surat perizinan rumah

Cek surat perizinan rumah via https://www.pexels.com

Hal keempat yakni cek surat perizinan. Kenapa hal ini sangat penting? Karena dengan adanya surat perizinan tentu menghindarkan kita dari musibah-musibah yang tidak kita inginkan seperti penipuan. Ada banyak sekali kasus ketika pembeli tak menerima sertifikat rumah padahal sudah membayar lunas.

5. Fasilitas umum

Fasilitas umum

Fasilitas umum via https://google.com

Perumahan yang memiliki fasilitas umum seperti tempat ibadah, taman, dan kolam renang kerap kali menjadi pilihan customer. Namun yang harus kalian ketahui, perumahan yang memiliki fasilitas seperti ini tentu memiliki harga yang jauh lebih mahal daripada sebaliknya

6. Desain rumah

Perhatikan desain rumah

Perhatikan desain rumah via http://brillio.net

Terakhir, hal yang harus diperhatikan yakni desainnya. Sekarang pengantin baru lebih senang dengan bentuk rumah minimalis sederhana maupun modern, oleh karenanya wajib hukumnya meminta desain ke pihak developer perumahan. Nah itu dia beberapa hal yang harus kalian perhatikan sebelum membeli rumah, baik itu di perumahan atau tidak, semoga bisa menjadi referensi bagi kalian yang ingin membeli rumah.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Saya hanya seorang pria remaja yang memiliki hobby menulis dan blogging.

CLOSE