Sebuah kota wisata rasanya tidak lengkap jika tidak ada oleh-oleh khas salah satu adalah kaos khas kota wisata. Para wisatawan seolah telah memiliki kesan tersendiri terhadap produk oleh-oleh kaos hingga menampilkan sebuah kota wisata dengan kaos khasnya. Tengoklah Dagadu dan Joger yang jauh tidak hanya menjadi sekedar produk oleh-oleh, tapi seolah telah menjadi ikon pariwisata Jogja dan Bali. Selain dua label tersebut, ada juga nih produk-produk kaos lain yang juga siap menjadi ikon pariwisata di kotanya masing-masing. Nah, artikel ini akan membahas tentang 6 Kaos Khas Kota Wisata yang Bisa Jadi Oleh-Oleh Saat Kamu Travelling.

Ternyata tidak hanya Dagadu dan Joger yang bisa menjadi oleh-oleh kaos khas kota wisata. Ada juga brand oleh-oleh suvenir dari kota lain yang juga sudah menjadi market leader untuk kaos khas kotanya masing-masing. Ini dia 6 Kaos Khas Kota Wisata di Indonesia:

1. Yogyakarta: Dagadu Djokdja

Paling Kreatif,

Paling Kreatif, via http://kenjava.com

Sudah tidak asing lagi, nama Dagadu melekat di benak wisatawan setiap mereka datang ke kota pelajar, Yogyakarta. Didirikan sejak tahun 1994, di bawah perusahaan bernama PT. Aseli Dagadu Djokdja, merek dagang ini seolah telah menjadi destinasi wisata tersendiri di Yogyakarta. Hampir semua wisatawan memburu kaos ini jika datang ke kota pelajar itu.

Desainnya yang unik, seringkali dengan tema humor kreatif dan eye catchy, serta bahan kaos yang nyaman dipakai membuat orang juga memakai kaos Dagadu ini kemana-mana setelah pulang dari Jogja. Orang-orang inilah yang menjadi agen pemasaran sukarela yang masif hingga brand Dagadu menjadi top of mind bagi wisatawan Indonesia ketika bicara tentang kaos khas kota wisata.

Advertisement

Alamat:

Yogyatourium Dagadu Djokdja Jl. Gedongkuning Sel. No.128, Rejowinangun, Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55172

Pos Layanan Dagadu (Posyandu) JL. Pekapalan, No. 7, Alun-alun Utara, Prawirodirjan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55131

Advertisement

Galeri IG: https://www.instagram.com/dagadudjokdja/ Website: http://dagadu.co.id/

2. Bali: Joger

Jika bicara kaos wisata, Dagadu dan Joger adalah dua label yang akan disebut terlebih dahulu. Seperti Dagadu, Joger juga telah melekat di benak wisatawan ketika berkunjung ke Bali. Malah Joger telah lebih dahulu berdiri jauh sebelum Dagadu, sejak tahun 1981. Joger memiliki desain khas sebagai pabrik kata-kata; yang kadang lucu juga bijak. Tempatnya di Jalan Kuta tak jauh dari Bandara Ngurah Rai membuat gerainya juga menjadi sangat ikonik.

Joger memiliki aturan yang ketat tentang penjualannya, yaitu tidak boleh dijual di luar Bali, bahkan tidak dijual secara online. Hal ini dilakukan agar wisatawan tetap datang ke Bali, bahkan untuk membeli kaosnya. Hal ini dimaksudkan sang pemilik demi kemajuan pariwisata Bali. Jadi jika kalian melihat teman kalian memakai kaos Joger dan kalian ingin juga membelinya, ya kalian pun harus pergi ke Bali, hehehe…

Alamat: Pabrik Kata-Kata Joger Jl. Raya Kuta, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361

Teman Joger Luwus Jl. Mekarsari – Baturiti Bedugul No.16, Luwus, Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali 82191

Galeri IG: https://www.instagram.com/jogerpkk/ Website: http://www.jogerjelek.com/kontak/

3. Bandung: Mahanagari

6 Kaos Khas Kota Wisata yang ketiga terletak di Bandung. Nyatanya Bandung memang surganya Distro, Factory Outlet (FO), dan Fashion, tapi jika bicara tentang kaos dengan desain khas Bandung, maka Mahanagari adalah brand paling dikenal. Gerainya berada di Cihampelas Walk, tempat nongkrongnya anak-anak muda di Bandung, yang juga merupakan salah satu tempat belanja favorit wisatawan.

Desainnya juga tidak kalah unik, mayoritas bertema Bandung yang dipadukan dengan kelucuan serta kreativitas urang Sunda. Tokoh cepot, jargon-jargon lucu khas Sunda, serta elemen-elemen khas Bandung seringkali menjadi tema desain kaos Mahanagari. Kini Mahanagari telah menjadi salah satu label kaos khas kota wisata ternama di Indonesia.

Alamat:

Cihampelas Walk, Bandung

Galeri IG: https://www.instagram.com/mahanagari/?hl=id https://www.instagram.com/mahanagari_katalog/

4. Lombok: Sasaku

Diambil dari nama suku adat Sasak, Lombok, brand Sasaku kini terkenal sebagai salah satu pusat oleh-oleh ternama di Lombok, dengan dua gerainya di Mataram dan Senggigi. Produk yang paling banyak dijual tentu saja adalah produk kaos. Brand Sasaku mulai dikenal juga dengan produk kaos khas Lomboknya yang banyak dicari wisatawan.

Mayoritas desainnya mengambil tema keindahan alam Lombok, seperti pantai-pantainya, Gunung Rinjani, serta elemen dan tulisan Lombok. Selain desainnya yang bertema Lombok banget, harga kaosnya juga terbilang relatif terjangkau, terutama untuk wisatawan.

Alamat: Jl. TGH Lopan, Kompleks Pertokoan Dasan Cermen No. 31-32 Outlet Senggigi: Jl. Raya Senggigi Lombok 83232, NTB

Galeri IG: https://www.instagram.com/sasakulombok/ Website: http://lomboksasaku.com/

5. Bogor: Unchal

Dijamin Bogor! Begitulah jika kalian beli kaos Unchal, kalian dijamin merasakan nuansa Bogor. Memang, kaos Unchal ini mengedepankan identitas Bogor sebagai desainnya, dari mulai keindahan alam, celotehan, kuliner khas, sejarah, hingga julukan kota hujan dan semua problematikanya. Jadi sudah paling tepat membeli kaos Unchal ketika berwisata ke Kota Hujan ini.

Nama Unchal diambil dari kata uncal yang berarti rusa, yang merupakan penghuni tetap Istana Presiden di Bogor sejak dulu kala. Selain nama brand yang mengambil nama hewan, gerai-gerainya pun diberi nama unik, yaitu Kandang Unchal. Tidak tanggung-tanggung, sekarang sudah ada 7 Kandang Unchal di Kota Bogor. Jadi kalian tidak akan kesulitan mencari kaos ini jika sedang main ke Bogor.

Alamat: Kandang Unchal

1. Botani Square Lantai 1 ( Lt. J co Naik 1 lantai, samping lift ). 2. Lippo Plaza Ekalokasari Lantai UG 3. Yogya Junction Bogor Lantai Basement. 4. Yogya Cimanggu Lantai 1 5. Yogya Dramaga Lantai Basement 6. Cibinong City Mall Lantai UG 7. Galery Dekranasda Kota Bogor, Botani Square Lantai B2

Galeri IG: https://www.instagram.com/unchal_kaosbogor/ Website: http://www.unchalbogor.com

6. Garut: Jelajah Garut

Garut terkenal dengan keindahan alam, resort-nya yang nyaman, gunung-gunung favorit pendaki, domba Garut-nya yang gagah, kuliner dodol dan Kopi Garut, dan banyak lagi. Semua itu dituangkan ke dalam media kaos oleh anak-anak muda lokal di bawah brand Jelajah Garut. Salah satu dari 6 Kaos Khas Kota Wisata yang menggambarkan identitas ke-Garutan inilah yang menjadi motor gerakan anak-anak muda Asgar (Aseli Garut) ini.

Seiring berkembangnya Garut sebagai destinasi wisata, produk kaos Jelajah Garut sudah siap untuk mengisi pasar produk oleh-oleh kaos yang dibutuhkan wisatawan. Kini, kaos Jelajah Garut telah menjadi kebanggaan tersendiri bagi para Asgar melalui dua gerainya di dua jalan strategis di Garut, Jalan Cimanuk dan Jalan Ahmad Yani. Kalau berkunjung ke Garut, pastikan kalian mampir di gerai anak-anak muda lokal ini yah.

Alamat: Toko Jelajah Garut, Jl. Ahmad Yani, no.22, Garut Kota, Kab. Garut. Pusat Oleh-oleh Citarasa Jl. Cimanuk, no. 267, Garut Kota, Kab. Garut

Galeri Kaos: https://www.instagram.com/jgmerch/ Website: http://merch.jelajahgarut.com

Selain brand kaos di atas, tentu masih ada brand-brand lain di kota lainnya, seperti Kerok Jakarta, Medan Bah, Kapuyuak di Padang, Grap Grap di Manado, dan banyak lagi. Semua brand tersebut telah siap menjadi oleh-oleh kaos khas di kota-kota besar tersebut. Beberapa bisa dilihat melalui toko-toko online mereka, beberapa lagi harus dikunjungi langsung sambil berwisata untuk mencari 6 Kaos Khas Kota Wisata Terunik di kota yang akan kamu kunjungi.

Kaos-kaos khas di atas ini memang sudah menjadi ikon kota wisata masing-masing, tapi selain 6 Kaos Khas tiap Kota Wisata yang sudah dikenal tadi, pasti ada juga kaos-kaos khas lain di kota lainnya. Nah, apa nih merk kaos khas di kota kalian?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya