Kulit wajah merupakan salah satu aset berharga mu yang harus dijaga. Selain mempengaruhi kesehatan, kulit yang sehat dan indah akan mempengaruhi kepercayaan dirimu loh. Semisal kamu akan interview kerja atau bertemu pacar, nah bagaimana kalo kulitmu terlihat kusam, kering, dan keriput? Pasti minder kan.

Untuk membuat kulitmu sehat dan indah sebenarnya tidak harus mahal tapi kamu harus rajin merawatnya. Selain merawat kamu juga harus menghindari kebiasaan – kebiasaan buruk yang dapat merusak kulitmu. Mungkin kamu tidak sadar bahwa hal kecil yang menurutmu biasa ternyata adalah kebiasaan buruk yang membuat kulitmu rusak lho. Nah dibawah ini adalah kebiasaan – kebiasaan buruk yang baiknya kamu hindari agar kulitmu tampak lebih indah.

1. Suka Soda? Soda Itu Buruk Untuk Kesehatan Kulit Loh

Nah untuk kamu penyuka minuman bersoda, sebaiknya mengurangi minum minuman tersebut. Kenapa sih memangnya ? Studi memperlihatkan bahwa meminum minuman bersoda (yang biasanya mengandung gula dalam jumlah banyak akan berdampak pada kulitmu.

Advertisement

Sebuah proses bernama glycation dapat menyebabkan kolagen menjadi lebih rapuh. Selain buruk untuk kulitmu, minuman bersoda yang tinggi akan gula juga sangat berbahaya untuk kesehatan dan tubuhmu loh. Perbanyaklah minum air putih yang lebih sehat untuk tubuhmu, baiknya minum 8 gelas air putih setiap hari.

2. Rokok Merusak Kulitmu Dari Dalam

Akibat Merokok Yang Sangat Merugikan Kesehatan via https://sehatly.com

Tidak hanya berdampak buruk pada kesehatanmu, merokok juga dapat memengaruhi penampilan terutama untuk kulitmu. Para perokok lebih cepat mengalami penuaan dini karena perusakan jaringan tubuh oleh zat-zat beracun pada rokok dan terjadi hambatan peredaran darah ke wajah.

Hal tersebut akan mempercepat timbulnya keriput dan membuatnya terlihat lebih jelas serta rona wajah yang kusam. Nah mulai sekarang cobalah untuk mengurangi kebiasaan merokok agar kulit indahmu tidak tampak lebih tua dari umurmu. Kalau sudah mengurangi nantinya pasti kebiasaan merokok pasti akan berhenti.

3. Junk Food Memang Enak, Tapi Tidak Enak Untuk Kulitmu

Mengapa Kamu Perlu Mengonsumsi Lemak Untuk Membakar Lemak via https://sehatly.com

Advertisement

Di zaman yang serba modern kamu bisa menemui junkfood dimana mana, enak – enak dan praktis sih. Tapi taukah kamu junkfood merupakan makanan yang tidak baik untuk tubuhmu. Selain dapat menyebabkan obesitas dan datangnya penyakit, junkfood juga tidak memberikan cukup gizi untuk kulitmu.

Jadi ketika kamu sering memakan junkfood maka kulitmu akan kekurangan protein dan gizi, hal ini yang menyebabkan kulit indahmu tampak lebih tua. Untuk membuat kulit indahmu tetap terjaga sebaiknya kamu sering makan sayur – sayuran atau buah – buahan. Selain membuat kulitmu indah, tubuhmu akan lebih sehat dan terhindar dari banyak penyakit.

4. Begadang Buat Kulit Kusam

Begadang atau tidur larut malam sebenarnya sangat berbahaya untuk tubuh. Mungkin kamu tidak sadar saat muda sering begadang akan berefek fatal pada tubuh dan kulitmu.

Kulit orang yang kurang tidur biasanya terlihat kurang cerah, pucat, dan kusam. Nah tentu hal ini pasti akan sangat mempengaruhi penampilanmu kan. Untuk tidur yang sehat itu adalah minimal 6 jam sehari, jadi rubahlah kebiasaan tidurmu mulai sekarang dan jadilah lebih sehat.

5. Malas Berolahraga dan Mager Membuat Kulitmu Tampak Lebih Tua

malas gerak via https://camargus.com

Duduk berjam – jam atau tiduran untuk nonton film memang asik, tapi taukah kamu itu akan membuatmu terkena banyak penyakit. Dampak tidak banyak gerak dan jarang berolahraga memang banyak sekali, dan salah satunya adalah untuk kulit wajahmu akan terlihat lebih tua.

Pasti minder kan kalo wajahmu keliatan lebih tua dari umurmu. Tidak perlu olahraga yang berat – berat, kamu bisa melakukan olahraga kecil dimanapun. Apa saja sih olahraga sederhana itu? Contohnya adalah seperti berjalan biasa, naik turun tangga, meregangkan kaki kita, menekuk lutut atau sit up.

Sebenarnya banyak gerakan tubuh kita yang merupakan olahraga tapi kamu tidak sadar. Jadi jangan gunakan waktumu untuk bermalas – malasan dalam waktu lama. Gerakan tubuhmu, berolahragalah agar wajahmu terlihat cerah dan sehat.

6. Sering Terkena AC Akan Membuat Kulitmu Menjadi Tidak Sehat Loh

AC tidak bagus untuk kulit via http://www.rd.com

Tanpa disadari mungkin kamu menghabiskan banyak waktu di sebuah ruangan ber-AC seperti di kantor, mobil, pusat perbelanjaan, atau mungkin di kamar tidur. Walau mungkin merasakan nyaman, sebenarnya terlalu sering berada di ruangan ber-AC ada dampak buruknya. Paparan dingin dari AC dalam jangka panjang bisa memicu kerusakan kulit. Hal ini terjadi karena AC menyerap kelembaban dalam ruangan. Ketika kulit mengalami kekeringan, akan mudah muncul gatal. Penyejuk udara juga memperburuk kelainan kulit yang diderita seseorang. Hilangnya air dan kekurangan air pengganti dari jaringan kulit dapat menyebabkan kulit mengelupas, kering, dan pecah-pecah. Nah untuk mengurangi dampak AC, sebaiknya kamu meminimalisir penggunaan AC. Gunakan kipas angin dan penyejuk alami di sekitarmu.

Tanpa sadar ternyata banyak hal – hal kecil yang kita lakukan setiap hari, tetapi sebenarnya berdampak buruk bagi kesehatan kulit kita. Mari rubah kebiasaan – kebiasaan kecil tersebut menjadi kebiasaan baik yang membuat kulitmu menjadi lebih sehat. Tidak harus mahal dan khusus, asal kamu rajin dan teratur pasti kulitmu akan mejadi lebih sehat dan cerah. Karena kulit yang sehat merupakan aset berharga dalam dirimu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya