Walaupun Banyak Kendala, Tapi Ada Juga Dampak Positifnya, Lho! Ini 6 Kelebihan Kuliah Online

Dampak positif dari adanya pembelajaran online

Sejak menyebarnya virus korona banyak beberapa tempat umum yang di tutup. Salah satunya adalah sekolah,baik dari tingkat yang paling bawah TK hingga ke perguruan tinggi yaitu universitas.

Tentu keadaan ini sangat meresahkan masyarakat dan pemerintah, dikarenakan terhambatnya aktivitas sehari-hari seperti tidak diperbolehkannya berkerumun, aktivitas di luar rumah di batasi dan lain sebagainya.

Hal ini tidak menyurutkan pemerintah untuk tetap menyediakan layakan pendidikan bagi para pelajar dan mahasiswa. Untuk itu pemerintah menyediakan kuota belajar untuk para pelajar dan mahasiswa. 

Untuk para mahasiswa biasanya pembelajaran di lakukan online/daring(dalam jaringan) dengan menggunakan media seperti Google Class Room, Zoom, dan sebagainya. Kebanyakan para mahasiswa mengeluh karena tidak bisa tatap muka langsung dengan dosennya. Mengapa? Salah satunya ketidak leluasaan saat pembelajaran online, dari mulai presentasi hingga sesi tanya jawab.

Tentunya sistem pembelajaran ini banyak kendala yang sering terjadi. Salah satunya jaringan yang kurang memadai dan kuota yang sangat boros. Apakah anda cenderung merasakan dampak negatif dari pembelajaran online? Ternyata tidak juga loh. Banyak  kelebihan dari pembelajaran online. Untuk lebih jelasnya saya akan rangkum untuk anda beberapa kelebihan/dampak positif dari adanya pembelajaran online. Simak baik-baik ya teman-teman.

Advertisement

1. Para mahasiswa bisa mengikuti perkuliahan dimanapun asalkan memiliki jaringan koneksi yang baik.

Photo by vlada karpovich

Photo by vlada karpovich via https://www.pexels.com

Biasanya mahasiswa melakukan pembelajaran di ruang kelas. Tetapi, untuk saat ini di masa pandemi sekarang ini mahasiswa dibebaskan untuk mengikuti pembelajaran di manapun asalkan memiliki jaringan internet yang lancar dan tetap mengikuti protokol kesehatan, dan tidak keluar rumah. 

Situasi ini tentu sangat menguntungkan bagi kaum rebahan. Mengapa? Karena biasanya bisa melakukan perkuliahan di kamar tanpa harus keluar rumah.

Advertisement

2. Menghemat biaya transportasi maupun tempat tinggal bagi yang di luar kota atau daerah.

Photo by karolina grabowska

Photo by karolina grabowska via https://www.pexels.com

Uang adalah salah satu aspek yang sangat penting untuk menyambung hidup. Dengan demikian adanya pembelajaran/perkuliahan online menghemat pengeluaran dari segi transportasi.

Jadi uang tersebut bisa digunakan untuk kebutuhan yang lebih penting. Seperti untuk membeli kuota internet dan lain sebagainya. Jadi pengeluaran lebih sedikit ketimbang dengan hari-hari biasanya.

Advertisement

Untuk lebih fleksibelnya kebanyakan mahasiswa mencari tempat yang aja jaringan wifi nya karena selain menghemat pengeluaran jaringannya pun lancar dan bisa mengerjakan dan mengikuti perkuliahan online secara terpadu.

 

3. Tanya jawab dalam perkuliahan bersifat fleksibel karena lewat media sosial

Photo by Max fischer

Photo by Max fischer via https://www.pexels.com

Untuk sesi tanya jawab biasanya mahasiswa menggunakan media seperti Google Class Room, Learning, Google Meet, Zoom, dan lain-lain. Cara ini tentu lebih mudah dan efektif. Kenapa demikian?  Karena tanya jawab di lakukan lewat media sosial, jadi lebih fleksibel. 

Tanya jawab online juga mengasah mahasiswa bagaimana cara kerja sama dengan menggunakan media sosial tanpa harus bertatap muka secara langsung.

4. Mahasiswa bisa melihat kembali materi berupa modul yang telah di terima

Photo by Tirachard kumtanom

Photo by Tirachard kumtanom via https://www.pexels.com

Biasanya proses pembelajaran dengan melakukan presentasi. Untuk kuliah online ini mahasiswa bisa melihat dan mempelajari kembali materi yang telah dibahas. Jadi mahasiswa lebih mendalami bagian materi yang menurutnya masih kurang untuk diketahui dan dipahami. 

Mahasiswa juga dikenakan membuat catatan atau rangkuman sendiri untuk modal belajar supaya bisa lebih muda dimengerti. 

5. Melatih mahasiswa untuk lebih bertanggung jawab,kreatif dan juga mandiri

Photo by cottonbro

Photo by cottonbro via https://www.pexels.com

Dalam pembelajaran online mahasiswa dikenakan mempunyai kreatifitas dan tanggung jawab yang tinggi. Mengapa demikian?  Karena mahasiswa harus mampu menyesuaikan pembelajaran dengan teknologi yang sudah ada. Jadi mahasiswa harus tau tentang semua hal yang berbasis internet. 

Di era yang serba digital ini mahasiswa dikenakan mandiri dalam mengerjakan tugas. Berfikir kritis dan jenius, dan mampu menangkap apa yang disampaikan oleh dosen secara baik.

6. Bisa di lakukan dengan gaya bebas, rebahan sambil makan

Photo by Daria shevtsova

Photo by Daria shevtsova via https://www.pexels.com

Kuliah dengan gaya bebas maksudnya mahasiswa di bebaskan dengan gaya apapun yang penring leluasa dan tetap mengikuti jalannya perkuliahan. Biasanya tak jarang mahasiswa melakukan kuliah online sambil rebahan,  makan, minum, mendengarkan musik, dan lain-lain. Tentu hal sangat sering dilakukan oleh mahasiswa guna mengurangi rasa lesu dan ngantuk. 

Tetapi mahasiswa juga tetap harus berkonsentrasi dengan jalannya perkuliahan. Jangan sampai salah fokus pada tujuan lainnya. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE