Mangunjungi Pati? Ini Dia 6 Kuliner Khas Pati Bumi Tani yang Jangan Sampai Kamu Lewatkan!

Kuliner nikmat khas Kota Pati.

Berlibur ke suatu daerah tentu rasanya tak afdol jika berkunjung tanpa mampir ke tempat makanan khasnya, atau ke toko oleh oleh yang bisa dibawa pulang. Jika Anda sedang melancong ke Pati, Jawa Tengah, jangan lupa untuk mencoba berbagai kuliner khas di sana. Karena jika berkunjung ke suatu tempat tanpa mencoba makanan khas sama dengan melewatkan kesempatan emas. Pasalnya daerah ini memiliki hidangan khas yang lezat dan mampu menggugah selera yang bisa Anda jelajahi. Berikut 6 daftar makanan khas Pati yang tak boleh anda lewatkan saat berkunjung ke Kota Pati.

Advertisement

1. Soto Kemiri

Photo by Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Kabupaten Pati

Photo by Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Kabupaten Pati via http://dinasarpus.patikab.go.id

Makanan khas Pati yang pertama dan tentunya wajib untuk Anda coba yaitu Soto Kemiri. Soto Kemiri merupakan soto ayam yang memiliki sajian cukup berbeda dari soto pada umumnya. Dari segi cita rasanya pun cukup jauh berbeda dari soto ayam kebanyakan yang ada di daerah lain. Kuah kaldu ayam serta bumbu soto yang ada di soto Kemiri akan lebih terasa di lidah saat Anda mencicipinya.

Kuahnya sendiri memiliki warna kuning pekat, dengan cita rasa yang begitu kaya akan rempah. Uniknya Soto Kemiri ini biasanya disajikan menggunakan porsi mangkok yang kecil, daging ayam yang digunakan juga masih muda. Jadi Anda tidak perlu kaget jika melihat daging pada soto ini tampak kecil. Selain itu Soto Kemiri juga dihidangkan dengan kecambah dan bawang goreng layaknya soto pada umumnya.

Advertisement

2. Mangut Kepala Manyung (Ndas Manyung)

Photo by : wikipedia

Photo by : wikipedia via http://id.wikipedia.org

Selain soto kemiri mangut kepala manyung juga merupakan makanan khas kota pati khususnya yang berada di Juwana. Bahan dasar dari makanan ini adalah ikan manyung yang diasapakan karena mata pencarian warga juwana mayoritas adalah nelayan makanya tak heran jika ikan manyung ini sangat mudah di dapatkan di sana.

Mangut kepala manyung ini mempunyai rasa yang khas yaitu pedas, bagi para pecinta pedas makanan ini sangat rekomended untuk di coba.

3. Nasi Gandul

Photo by jatengprov.go.id

Photo by jatengprov.go.id via https://jatengprov.go.id

Nama Nasi Gandul cukup melegenda dan dapat ditemukan di setiap sudut pada daerah Pati. Nasi Gandul sendiri merupakan masakan yang dihidangkan dengan nasi putih, ditambah dengan kuah bersantan kental yang memiliki rasa gurih dan manis. Kuah santan yang dituangkan di atas nasi tersebut memiliki warna merah kecoklatan, dimana pembeli bisa memilih menggunakan jenis daging sebagai pelengkapnya.

Jenis daging sapi yang ditawarkan kepada pembeli juga cukup beragam, mulai dari jeroan sapi hingga lidah sapi bisa Anda pilih sebagai menu pelengkapnya. Dalam menghidangkan sajian ini, pedagang akan memberi alas daun pisang yang tidak lupa akan ditambah juga dengan tempe garit renyah sebagai pendamping dari nasi gandul. Masakan ini dipercaya berasal dari daerah Desa Gajahmati yang berada di Kecamatan Pati Kota.

4. Kelo Mrico

Photo by sumber78.com

Photo by sumber78.com via http://www.sumber78.com

Kelo mrico atau dalam bahasa Indonesia bisa jadi disebut sebagai sayur merica adalah masakan khas asli pati yang tidak kalah populer dibandingkan dengan Nasi Gandul. Tapi Ada juga yang menyebut kelo Mrico ini sebagai Sup Asem Pedas khas Pati karena rasanya yang cenderung pedas dan asam.

Kelo Mrico bisa anda dapatkan dengan mudah di daerah pati terutama di sepanjang pantura tepatnya di daerah margorejo. Biasanya Kelo mrica menggunakan ikan patin sebagai bahan utamanya. Dipadukan dengan pedasnya merica dan rasa asam dari tomat terasa sangat menyegarkan di lidah saat disantap terutama disaat siang hari.

5. Petis Kambing Runting

Merupakan jenis olahan dari petis kambing yang diolah dengan gulai tulang kambing yang dicampur dengan tepung beras, rebusan daging, dan kuahnya yang gelap dan kental. Diberi nama Petis Runting lantaran diambil dari nama sebuah daerah di Pati bagian utara, Runting.

Banyak warga Runting yang berjualan kuliner ini. Cita rasa serta ciri khasnya tidak ditemukan pada makanan lainnya. Unik, terlihat seperti gulai, namun bukan. Petis runting yang dipadukan dengan kambing memberian rasa yang menggiurkan. Tekstur dagingnya juga empuk. Ternyata salah satu rahasianya adalah pemilihan pada daging kambing Jawa yang masih muda. Dagingnya empuk dengan tulang yang lunak.

Resep petis runting ini ternyata berawal dari tahun 1970an. Awalnya banyak sekali tulang kambing sisa sate kemudian warga Runting mengkreasikannya jadi petis runting

6. Swike Kerang

selerasa.com

selerasa.com via http://selerasa.com

Swike bagi warga Pati tidak selalu identik dengan swike kodok (katak). Banyak bahan lain yang diolah menjadi hidangan swike yang enak dan segar. Salah satunya Swike Kerang. Swike kerang berupa kerang yang masih ada cangkangnya direbus dengan kuah khas swike yang segar dan memiliki aroma yang menggoda. Lengkap dengan potongan daun sledri dan bawang goreng. Kuahnya sangat segar, serta rasa pada kerangnya juga lezat. Maka dari itu, jika Anda singgah jangan lupa untuk mencicipi swike kerang khas Pati. Karena hanya di Pati Anda bisa merasakan makanan yang super yummy ini!

Nah cukup sekian pengenalan tentang makanan khas Bumi Mina Tani dari Pati, Jawa tengah. Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kuliner tradisional di indonesia.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE