Bila kita mengamati film-film dengan tema Shaolin, kegiatan meditasi seringkali diekspos. Dengan kaki bersila dan dua telapak tangan merapat, para biksu Buddha dapat duduk diam, tidak tidur, tidak bicara, dan tidak makan selama berjam-jam bahkan berhari-hari. Namun semua agama juga memiliki bentuk meditasi mereka sendiri-sendiri dan masih dipraktikan sampai sekarang.

Pertanyaannya, apakah manfaat meditasi? Benarkan meditasi memiliki kegunaan yang dapat dibuktikan? Ternyata, banyak sekali ilmuwan yang tertarik untuk meneliti meditasi dan membuktikan efek positif yang dapat diberikannya.

Beberapa di antara dampak positif dari bermeditasi yang telah berhasil ditemukan yaitu meditasi dapat membantu menurunkan tingkat depresi dan stress seseorang. Selain itu, meditasi ternyata juga mampu meningkatkan rasa percaya diri, membantu memperbaiki sistem kekebalan tubuh, menumbuhkan rasa empati di dalam diri kita, bahkan mencegah kerusakan DNA.

Kabar baiknya, manfaat meditasi bagi manusia tidak berhenti sampai di situ saja dan kita dapat mulai melakukan meditasi dalam skala yang kecil. 5 sampai 10 menit sehari adalah waktu yang cukup, karena kuncinya adalah konsistensi. Melakukan meditasi dengan tekun dan teratur dapat membuat kita merasakan efek jangka panjang meditasi yang positif.

Tanpa berlama-lama, mari kita telusuri lebih dalam apa saja manfaat yang bisa kita raih dari meditasi. Siapa tahu, setelah membaca artikel ini, kamu tertarik untuk langsung mencobanya di rumah.

1. Meningkatkan Kemampuan Belajar, Ingatan, dan Kesadaran Diri

Meditasi membuat kita lebih baik dalam melakukan introspeksi diri

Meditasi membuat kita lebih baik dalam melakukan introspeksi diri via https://www.farmaku.com

Melakukan meditasi dengan tekun, akan bermanfaat untuk meningkatkan kepadatan grey matter yang berhubungan dengan kesadaran diri, introspeksi, dan kepedulian.

Sebelumnya, apa sih grey matter itu? Grey matter disebut juga sebagai penghubung abu-abu dalam bahasa Indonesia. Grey matter adalah salah satu jaringan pada otak dan tersusun dari sel saraf. Bila grey matter untuk area tertentu menjadi semakin padat dan aktif, kita akan menjadi semakin pandai pada area tersebut.

Advertisement

Kemampuan seseorang untuk menyerap sebuah pelajaran dengan cepat, serta memiliki ingatan yang kuat adalah keterampilan yang penting untuk dimiliki. Tapi, sadar diri merupakan salah satu sifat yang selalu hadir dalam pribadi yang bahagia dan berhasil. Kesadaran diri akan membuat kita lebih bijaksana dan bertanggung jawab dalam menjalani kehidupan.

2. Meditasi Membantu Mengusir Kesepian

Bila merasa sepi dan sendiri, coba deh bermeditasi

Bila merasa sepi dan sendiri, coba deh bermeditasi via https://www.pexels.com

Sebuah penelitian dari Universitas Carnegie Mellon mengindikasikan meditasi yang dilakukan dengan serius dan sepenuh hati dapat menurunkan rasa kesendirian. Perasaan ini tidak dapat dianggap remeh. Orang yang terus menerus terpuruk dalam rasa kesendiriannya, memiliki kecenderungan berubah menjadi depresi. Apabila seseorang masuk dalam kondisi depresi, ia sangat berisiko mengalami gangguan kesehatan dan mental.

Banyak sekali kita mendengar cerita tentang orang di sekitar kita yang melakukan berbagai hal untuk mengusir kesepian, dari hal yang positif sampai hal yang negatif. Bagi yang masih menjomblo atau baru putus cinta, ayo coba bermeditasi, siapa tau hati kita lebih damai dan legowo.

3. Menambah Durasi Konsentrasi dan Fokus Kita

Kamu suka hilang fokus dan konsentrasi? Mungkin meditasi jawabannya.

Kamu suka hilang fokus dan konsentrasi? Mungkin meditasi jawabannya. via https://www.doktersehat.com

Advertisement

Saat ini, Distractions ada dimana-mana dan tiada hentinya mengikuti kemanapun kita pergi. Smartphone dalam genggaman tangan kita pun tanpa disadari dapat menjadi pengalih perhatian terbesar dalam keseharian kita. Tak dapat dipungkiri, pada jaman teknologi yang sangat cepat seperti sekarang ini, kemampuan untuk fokus dalam waktu yang lama adalah sebuah aset yang penting.

Dengan melakukan meditasi secara benar, rentang waktu kita untuk berkonsentrasi akan bertambah. Alhasil, perhatian yang kita curahkan untuk mengerjakan suatu tugas akan lebih kuat dan tidak mudah untuk dialihkan. Keuntungan dari meditasi yang satu ini dapat diperoleh dengan sederhana, karena kita tidak memerlukan waktu dan intensitas meditasi yang besar.

Faktanya, hanya dengan berlatih meditasi selama 4 hari, sudah cukup bagi kita untuk merasakan durasi, serta kualitas konsentrasi dan fokus kita menjadi bertambah.

4. Mampu Melawan Addiction

Patahkan kecanduan yang kamu punya dengan meditasi

Patahkan kecanduan yang kamu punya dengan meditasi via https://www.bbcgoodfood

Meditasi ternyata efektif dalam membantu mengatasi kecanduan. Checking on your phone setiap menit untuk melihat berapa likes yang sudah kamu dapatkan di media sosial, atau menunggu pesan dari sang pujaan hati adalah satu bentuk keranjingan yang bisa memberi dampak negatif. Konsentrasi kita akan gampang buyar dan tugas tidak dapat selesai tepat waktu.

Fungsi meditasi dalam hal ini adalah membangun disiplin mental dan mematahkan ketergantungan kita terhadap sesuatu. Caranya adalah dengan meningkatkan kontrol dan kesadaran diri. Di dalam sebuah penelitian, ada 19 pecandu alkohol yang diajarkan untuk bermeditasi.

Hasilnya, partisipan yang melakukan meditasi dengan benar dapat mengontrol keinginan mereka jauh lebih baik. Selain itu, mereka cenderung tidak stress saat sedang menahan keinginan mereka.

5. Mengurangi Rasa Cemas dan Stress

Meditasi buat kamu don't worry and be happy

Meditasi buat kamu don't worry and be happy via https://www.pexels.com

Sebuah riset dari Universitas Wisconsin Madison menunjukkan bahwa meditasi mengurangi grey matter pada otak yang berhubungan dengan perasaan cemas, khawatir, dan stress. Seorang meditator memiliki kemampuan lebih baik untuk fokus pada setiap momen. Artinya, mereka lebih mudah untuk mengidentifikasi masalah apa yang mereka hadapi pada suatu keadaan, sehingga dapat move on lebih cepat.

Bagi kamu yang belum berhasil move one, coba deh untuk meditasi. Siapa tahu Kamu jadi bisa melihat segi positif dari permasalahan yang kamu alami. Dan harapannya, setelah Kamu keluar dari problem itu, kamu akan menjadi orang yang lebih bijaksana.

6. Tubuh Lebih Sehat dan Kebal Terhadap Penyakit dengan Meditasi

Penyakit takut dengan kamu yang suka meditasi

Penyakit takut dengan kamu yang suka meditasi via https://www.menshealth.com

Dengan bermeditasi, seseorang akan memiliki detak jantung yang lebih bervariasi. Hal ini sangat baik, karena dapat membuat edaran darah dan karbon dioksida lebih baik di dalam tubuh. Dalam hal sistem imun, seorang yang bermeditasi memiliki kekebalan tubuh yang lebih baik daripada mereka yang tidak bermeditasi.

Orang yang melakukan meditasi secara rutin akan lebih sehat dan tidak mudah gampang sakit. Sebuah studi membuktikan bahwa pasien kanker yang menjalan terapi meditasi, memiliki ukuran telomer yang membesar. Telomer adalah protein pelindung kromosom kita, yang membantu untuk mencegah kematian sel dan kerusakan DNA.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya