Pertama kali mendengar negara United Kingdom atau UK, kebanyakan dari kita langsung sepakat menyematkan gelar negara kaya dan pernah sangat berjaya. Bagaimana tidak, hampir semua pelaut hebat yang berasal dari United Kingdom berhasil meninggalkan ‘jejaknya’ di setiap tempat yang di kunjungi.

Kekuatan laut yang hebat membuat pengaruh UK menyebar menyeluruh di segala penjuru Dunia, tak heran kemudian bahasa inggris juga di adaptasi oleh bebrbagai negara yang pernah berada di bawah kekuasaan United Kingdom. Bahkan menjadi salah satu bahasa resmi PBB dan bahasa nasional di beberapa negara seperti Australia, New Zealand dan dan masih banyak lagi.

Selain fakta kejayaan UK yang memang sudah tersohor ke seluruh penjuru dunia, kekayaan budaya dan keindahan alam UK juga begitu menarik untuk dikulik. Gaya hidup, kultur, bahkan hingga sistem pemerintahan pun mempunyai daya tarik tersendiri. Tidak mengherankan, UK kemudian menjadi salah satu negara yang paling banyak di minati untuk tujuan wisata. Berdasarkan data situs http://www.businessinsider.com/most-popular-countries-in-the-world-to-visit-map-2014-2/?IR=T , lebih dari 29 juta pengunjung datang ke Uk setiap tahunnya. Wow!

Nah, agar kita semakin yakin untuk ke UK, di bawah ini ada 6 tempat wisata yang wajib kita kunjungi jika kita berada negeri Ratu Elizabeth!

1. Edensor

Keindahan panorama Edensor

Keindahan panorama Edensor via https://web.facebook.com

Kalau kalian mengetik kata ‘Edensor’ di kolom pencarian google image, pasti banyak dari kalian yang sulit percaya bahwa tempat seindah Edensor ada di dunia nyata. Yup, Edensor yang merupakan sebuah desa terpencil di Derbyshire, Peak District, UK ini seolah memliki pesona luar biasa yang memanjakan mata.

Advertisement

Rumput-rumput hijau, pohon-pohon oak besar, rumah penduduk yang bisa hitung jumlahnya dengan jari serta gereja yang menjulang tinggi dan indah seolah menyempurnakan wajah Edensor. Tempat yang satu ini wajib kamu kunjungi jika ke UK karena pasti banyak sekali sumber inspirasi yang bisa diperoleh. Kalian pasti tau kan Andrea Hirata yang menulis novel Laskar Pelangi? Beliau juga menulis novel best seller berjudul Edensor yang terinspirasi dari tempat ini loh.

Untuk perjalanan ke Edensor sendiri, kita bisa menggunakan kereta atau bus ke Sheffield, kemudian kita bisa melanjutkan perjalanan lagi dengan menggunakan bus ke arah Peak District selama 30 menit. Dan dijamin perjalanan yang cukup panjang akan langsung terbayar setelah melihat keindahan Edensor.

2. Windzor Castle

Megah sekali ya kastilnya

Megah sekali ya kastilnya via http://europeantrips.org

Mungkin masih banyak yang belum familiar dengan Windzor Castle. Yup, di bandingkan dengan Buckingham Palace, Windzor Castle memang masih kalah pamor. Eiit, tapi tunggu dulu, bangunan dengan arsitekur yang sangat klasik ini di sebut-sebut sebagai tempat tinggal Ratu Elizabeth, loh. Letaknya sekitar 30 menit dari pusat kota london.

Advertisement

Kalau pernah menonton film The Crown, pasti kalian tahu kalau Ratu Elizabeth tidak ingin tinggal di Buckingham Palace, tetapi di Winzor Castle ini. Sayangnya, sama seperti Buckingham Palace, tempat ini juga tidak dibuka untuk umum. Jadi, kita hanya hanya bisa menikmati kemegahan dan keindahan kastil yang menyerupai kastil Disney ini dari luar saja. Berita baiknya, tidak jauh dari Windzor castle ini ada Lego land yang merupakan Lego Land UK.

3. Harry Potter Studio Tour

Sudah siap migrasi ke dunia sihir?

Sudah siap migrasi ke dunia sihir? via https://web.facebook.com

Siapa yang tidak tahu dengan film Harry Potter karangan Novelis dunia J.K Rowling? Hampir semua orang di seluruh dunia sudah menonton film fantasi ini dan menyukai jalan cerita tentang dunia sihir. Film Harry Potter yang menceritakan tentang dunia sihir di Hogwarts membawa kita pada fantasy luar biasa menyenangkan tentang bagaimana ya rasanya tinggal di dunia sihir?

Kalau kamu salah satu fans Harry Potter dan penasaran bagaimana gambaran dunia sihir di film tersebut, sekarang kamu tidak perlu khawatir karena di UK ada Harry Potter Studio Tour. Dengan harga tiket £30 kamu bisa menikmati berbagai wahana layaknya kehidupan dunia sihir yang ada di Harry Potter, seperti Gryffindor, Ministry of Magic bahkan Hogwarts. Sayangnya, untuk mendapatkan tiket di Harry Potter Studio Tour kita harus memesan jauh-jauh hari bahkan 3 bulan sebelumnya.

Untuk menuju lokasi, kita bisa menggunakan kereta dari pusat kota london zona 9, kemudian melanjutkan perjalanan ke studio dengan menggunakan bus. Kerana begitu banyak peminatnya, pendapatan studio tour dkabarkan lebih banyak daripda film hari Harry Potter sendiri. Fantastis!

4. The London Eye

London Eye at night

London Eye at night via https://londonist.com

Ketika pertama kali di buka untuk umum pada tahun 2000 dengan ketinggian 135 M dan Diameter 120 M, The London Eye merupakan bianglala terbesar dan tertinggi yang ada di dunia. Letaknya yang berada di jantung kota London, berseberangan langsung dengan Big Ben by the Rivier thames, membuat The London Eye benar-benar seperti namanya, mata untuk melihat kota London.

Harga tiket masuk untuk The London Eye sebesar £27 atau setara dengan Rp. 500.000 jika kita membeli secara langsung, namun kita bisa mendapatkan diskon menjadi £24 jika memesan online. Durasi yang didapatkan untuk sekali putaran bianglala raksasa ini sekitar 30 menit. Jadi, selama 30 menit kamu bisa menikmati keindahan kota london dari atas The London Eye.

5. Big Ben

Pesona Big Ben

Pesona Big Ben via https://strawberrytours.com

Kalau di Sumatera Barat kita punya jam gadang yang sangat terkenal, di United Kingdom juga ada jam raksasa yang begitu terkenal, yaitu Big Ben. Terletak di Tower Elizabeth di bagian paling utara House of Parliament, Big Ben merupakan salah satu ikon United Kingdom yang paling atraktif. Selain bangunannya yang indah, sejarah dari Big Ben sendiri merupakan nilai tambah untuk datang ke wisata ini. Bisa di bilang, kita belum ke UK kalau belum datang ke Big Ben.

6. Pesona Beragai Klub Bola Raksasa

Jadi yang mana idolamu?

Jadi yang mana idolamu? via https://berkonten.wordpress.com

Selain berbagai tempat wisata dan bersejarah yang begitu memukau, hal paling menarik lain yang ada di UK adalah keberadaan klub-klub bola raksasanya. United Kingdom memang menjadi salah satu negara dengan liga bola paling disorot di dunia. Manchester United, Mancheser City, Liverpool, Arsenal, Chelsea dan beberapa klub besar lainnya merupakan klub bola raksasa dari Inggris yang memiliki banyak sekali penggemar di seluruh dunia.

Bahkan, tidak sedikit pelancong dari seluruh dunia datang hanya untuk menyaksikan pertandingan secara langsung klub kebanggaan mereka. Selain menonton pertandingan secara langsung dengan permainan yang sangat berkelas, pengunjung juga suguhkan kemegahan stadion-stadion bola yang ada di United Kingdom. Meononton pertandingan sekaligus berlibur, kenapa tidak?

Masih banyak hal menarik dan atraktif yang bisa kita eksplor tentang United Kingdom. Jadi, segera masukkan UK dalam list perjalanan impainmu, ya. Pengalaman yang berkesan sudah menantimu di sana! Ayo ke UK! #AyoKeUK #WGTB #OMGB

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya