Siapa yang tidak takut mendengar kata infeksi?

Infeksi pasti identik dengan peradangan, kuman, bakteri ataupun virus.

Maka itu, infeksi saluran kemih adalah infeksi yang terjadi pada saluran kemih (bisa pada ginjal, kandung kemih, dan saluran kencingnya) dan umumnya lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan laki-laki.

Lalu, infeksi saluran kemih itu seperti apa ya keluhannya? Nah, keluhan yang bisa ditemui itu berupa demam, nyeri saat buang air kecil, tidak mampu menahan sensasi buang air kecil, sering buang air kecil tapi jumlahnya sedikit-sedikit, dan ada perubahan warna urine juga misalnya menjadi lebih keruh atau bisa sampai kemerahan.

Nah, berikut ini ada enam tips untuk mencegah timbulnya infeksi di saluran kemih, yuk disimak!

1. Jangan membiasakan diri untuk menahan buang air kecil

Nah, sebaiknya jika sudah ada keinginan untuk buang air kecil, segera dilakukan ya. Jangan ditunda-tunda. Mengapa begitu? Ya, dikarenakan saat urine tertahan dalam saluran kemih, dapat menyebabkan bakteri tumbuh dan berkembang biak pada saluran kemih, keadaan inilah yang bisa menyebabkan infeksi terjadi.

2. Yuk, jaga kebersihan area genital kita

toilet paper

toilet paper via https://unsplash.com

Advertisement

Usaplah daerah genital dari depan ke belakang, jangan sebaliknya ya. Khususnya pada wanita, jika usapan terbalik, dikhawatirkan bisa membuat kuman dari area belakang masuk ke area genitalia wanita dan menyebabkan infeksi. Bagi seorang wanita, menjaga area genital juga bisa dengan tidak menggunakan produk pembersih kewanitaan yang mengandung pewangi dan yang berpotensi iritasi.

3. Tingkatkan konsumsi air putih

drinking water

drinking water via https://unsplash.com

Pasti kalian sudah tau air putih itu memang baik untuk kesehatan, air putih juga dapat mencegah timbulnya infeksi saluran kemih lho! Air putih ini dibutuhkan untuk membuang sisa sisa tubuh kita. Umumnya, orang dewasa membutuhkan asupan air putih minimal 2 liter/ hari atau setara dengan delapan gelas / hari.

4. Batasi konsumsi minuman berwarna

Sebaiknya batasi konsumsi minuman bersoda juga minuman yang mengandung kafein seperti teh dan kopi, karena efeknya bisa memperberat infeksi saluran kemih.

5. Lakukan pola makan sehat

healthy food

healthy food via https://unsplash.com

Advertisement

Perbanyak konsumsi sayuran dan buah buahan agar nutrisi bagi tubuh anda tercukupi dengan baik. Semakin baik sistem kekebalan tubuh seseorang, maka semakin sedikit juga resiko terkena suatu infeksi.

6. Gunakan pakaian yang nyaman

Pakailah pakaian dalam yang nyaman, berbahan katun agar area genital tetap kering. Selain itu, jangan membiasakan diri menggunakan pakaian dalam yang sama dalam jangka waktu yang lama dan jangan menggunakan pakaian dalam yang terlalu ketat, karena dapat membuat area genital menjadi lembap dan memicu pertumbuhan kuman.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya