6 Tips Sederhana saat Kamu Mulai Belajar Menulis

Siapa yang bercita-cita menjadi penulis?

Siapa di sini yang bercita-cita menjadi penulis? Pasti banyak di antara kalian yang ingin jadi penulis, tapi gatau apa yang mau ditulis. Akhirnya, berhenti deh di tengah perjalanan. Untuk menjadi seorang penulis, dibutuhkan kesabaran ekstra dan tekad yang kuat. Karena apa? Karena nulis itu ga gampang lho! 

Berkutat dengan kertas kosong, pulpen, dan ide-ide di kepala yang membludak saking banyaknya. Tapi, jangan pernah ada kata menyerah ya dalam kamus hidup kamu. Dan aku disini, mau berbagi sedikit tips menulis untuk para pemula yang pastinya masih kesulitan dan bingung mau mulai darimana. Then, let's check it out!

Advertisement

1. Start everything with why

Pertama dan yang paling utama, you should start everything with “why.

Yup, kita harus tau tujuan kita menulis. Kenapa? Setiap orang tahu apa yang mereka lakukan (what), dan beberapa orang tahu bagaimana mereka melakukannya (how), tapi hanya sedikit orang yang tahu mengapa mereka melakukannya (why). Remember why you started!

2. Menentukan tema tulisan

Tema Tulisan

Tema Tulisan via https://www.c2live.com

Lalu, tahap selanjutnya yaitu menentukan tema. Kayanya, ini tahap yang paling sulit ya untuk para pemula. Pasti bingung mau mulai dengan tulisan kategori apa? Untuk yang baru baru mulai nulis, aku saranin buat sering-sering nulis di buku diary.

Mulai dari biodata tentang diri kita, perasaan dan pikiran kita. Keluarkan semua kemampuan yang kalian punya. Lama kelamaan kalian pasti terbiasa kok.

3. Coba dengan mind-map!

Advertisement
Mind map

Mind map via https://medium.com

Setelah kalian dapet tema atau ide, tahap selanjutnya adalah mengembangkan ide tersebut. Gimana cara mengembangkan ide tersebut? Kalian bisa buat mind map atau pohon kata dari ide tersebut.

Berikan pertanyaan-pertanyaan yang menyangkut ide kalian. Gunakan perpaduan kata yang baik dan ejaan yang sesuai. Jangan ragu untuk memadukan kata! Teruslah berlatih!

4. Penuhi kaidah-kaidah penulisan

Kamus-kamus dan buku-buku

Kamus-kamus dan buku-buku via https://www.pexels.com

Selanjutnya, prinsip dalam menyajikan tulisan. Gimana cara membuat tulisan yang memikat hati dan ga bosenin? Kuncinya, tulisan harus rapi. Menggunakan tanda baca, memenuhi kaidah penulisan yang sesuai, dan menggunakan bahasa yang baik.

Gunakan kalimat yang memancing daya imajinasi dan emosional. Ga mudah pastinya, perlahan tapi pasti asal kalian terus berlatih. Ingat! Kerja keras ga akan mengkhianati hasil. Mulai step by step, sesuai dengan kapasitas yang kalian miliki. Perbanyak membaca untuk menambah wawasan, ilmu, dan keterampilan yang kita punya. “membaca adalah jembatan ilmu.”

5. Mengatasi ide yang loncat-loncat

Yang terakhir, mengatasi ide yang loncat-loncat. Kalian pasti sering berhenti di tengah tulisan yang kalian buat. Beberapa penyebabnya yaitu: s

Satu, tidak selektif dalam memilih ide. Kalian harus fokus pada ide yang sudah dipilih, konsisten.

Dua, muncul ide yang tidak nyambung dengan tulisan sebelumnya. Sebelum kalian masukkan ide baru tersebut, pikirkan kembali apa hubungan ide baru ini dengan tulisan kamu?

Tiga, tidak membuat titik fokus. Ini hal yang paling sering dialami penulis. Tips mengatasinya, menulis dulu sampai tuntas baru dikoreksi. Seperti di awal aku bilang, menjadi penulis butuh kesabaran ekstra. Lawan rasa bosan kamu! Jangan tergesa-gesa ingin menyelesaikan tulisan! Dan yang terpenting, kuatkan tekad dan daya juang kamu!

6. Tips tambahan yang tak kalah penting

Tips tambahan

Tips tambahan via https://www.pexels.com

Dan ini beberapa tips tambahan dari aku:

  1. Tidak mengulangi kata-kata yang sama;
  2. Kuatkan data atau sumber tulisan;
  3. Posisikan diri sebagai pembaca;
  4. Perbanyak mengikuti komunitas menulis;
  5. Cintai menulis, karena dengan cinta kita rela melakukan segalanya

Nah, itu dia tips-tips menulis untuk kalian. Jangan ragu dan teruslah berlatih! 

​​​Penulis bukan hanya untuk orang yang pandai menulis. Namun seseorang yang selalu belajar untuk menulis itulah hakikatnya seorang penulis.”

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE