6 Trik Cerdas Menata Barang Agar Tidak Terasa Sempit

Cara menata barang agar lebih rapi

Baik tinggal di rumah yang besar maupun kecil akan percuma kalau barang-barang tidak tertata rapi. Barang-barang yang berantakan juga akan bikin rumahmu berasa kayak kapal pecah. Sumpek, panas, dan kadang-kadang bikin susah gerak di dalam ruangan.

Mungkin kamu pikir solusinya cuma menambah ruang penyimpanan dan simpan barang-barang yang nggak terpakai di situ. Eits! Tunggu dulu, bukan cuma ruang penyimpanannya yang tersedia, cara menata dan menyimpan barang juga berpengaruh, loh.

Barang-barang yang ditaruh gitu aja dalam lemari atau laci juga nggak menyelesaikan masalah rumah yang berantakan. Nah, mungkin kamu bisa melihat beberapa kiat cerdas menata barang dari Dekoruma berikut ini supaya rumah selalu dalam keadaan rapi dan nyaman.

Kiat-kiat ini juga didukung sama desain interior atau furnitur yang juga pintar dan multifungsi supaya barang-barang di rumah bisa diatur sedemikian rupa supaya rapi dan pastinya jadi lebih gampang dicari. 

Advertisement

1. Bagian bawah tangga kosong? Udah nggak zaman! Tambah gudang di bawah tangga buat barang-barang tidak terpakai di rumah

Sumber: Extra Space

Sumber: Extra Space via https://www.extraspace.com

Trik yang ini bisa dibilang salah satu yang paling sering dilakukan di rumah. Sekarang ini, ruang kosong di bawah tangga selalu dimanfaatkan buat berbagai fungsi. Salah satunya sebagai ruang penyimpanan atau gudang.

Biasanya, pemilik rumah bakal memasang rak terbuka atau kabinet berpintu di bawah tangga. Tapi bukan cuma itu aja, kalau masih ada space lebih yang mencukupi, kamu bisa bangun gudang berbentuk ruangan khusus di bawah tangga. Termasuk pintu dan lampu di dalamnya.

Advertisement

2. Kubur barang-barang tidak terpakai di rumah. Ruangan jadi lebih rapi dan lapang dengan kabinet lantai

Sumber: Architectural Digest

Sumber: Architectural Digest via https://www.architecturaldigest.com

Lemari, kabinet, atau rak dinding mungkin udah terlalu biasa dibandingkan furnitur yang satu ini. Bikin ruang penyimpanan yang unik dan praktis dengan kabinet lantai. Mungkin nggak disadari banyak orang, lantai juga bisa jadi ruang penyimpanan yang space-nya luas banget. Kamu bisa taruh barang-barang yang jarang dipakai yang ukurannya besar.

Lebih lanjut, kabinet lantai yang biasanya dibangun satu tingkat lebih tinggi dari lantai rumah ini bisa punya lebih dari satu fungsi. Misalnya jadi alas tempat tidur, meja TV, jadi area duduk dengan sofa dan bantal, atau ditutup dengan karpet.

3. Hobi bersepeda? Simpan sepeda dengan rapi dan hemat tempat, bisa jadi pajangan dinding juga, lho!

Advertisement
Sumber: Homecrux

Sumber: Homecrux via https://www.homecrux.com

Pandemi ini bikin tren bersepeda naik lagi dan kalau kamu salah satunya, coba gantung sepedamu. Selain menghemat ruang di garasi atau di dalam rumah, sepeda yang digantung juga bisa jadi dekorasi yang menarik, lho.

Jangan cuma beli gantungan sepeda biasa! Gantungan sepeda sekarang banyak macamnya. Ada juga yang model rak dinding supaya kamu bisa taruh aksesoris sepedamu seperti helm sepeda. Jadi nggak susah, deh, waktu dicari.

4. Menambah ruang penyimpanan cerdas dan tersembunyi. Sofa berlaci buat kasih ruang tambahan

Sumber: Architecture Ideas

Sumber: Architecture Ideas via https://architecturesideas.com

Rangka tempat tidur yang punya laci atau bagian kolongnya bisa jadi ruang penyimpanan sudah biasa. Buat nambah ruang penyimpanan di ruang keluarga atau ruang kerja, kamu bisa cari sofa minimalis yang punya laci atau ruang penyimpanan di bagian bawahnya.

Kamu bisa pakai ruang penyimpanan di bawah sofa ini buat barang-barang yang biasanya ada di ruang keluarga. Bantal sofa cadangan, sarung bantal sofa, selimut, atau sarung sofa pengganti yang bikin lebih gampang diakses.

5. Ucapkan selamat tinggal sama lemari pakaian konvensional. Pajang baju-bajumu untuk hemat ruang dengan open wardrobe system

Sumber: Homedit

Sumber: Homedit via https://www.homedit.com

Ingin bikin kamar tidurmu jadi seperti butik? Ubah sistem penyimpanan baju-bajumu dengan pakai open wardrobe. Dengan ganti lemari baju konvensional ke lemari baju terbuka, kamu tentunya bakal lebih menghemat tempat. Rak gantung baju atau laci kabinet akan dipasang di tembok dan langit-langit kamar. 

Bahkan, space yang tersedia buat menaruh pakaian bisa lebih banyak daripada lemari pakaian biasa karena memanfaatkan dinding sebagai dasar dari lemari pakaian jenis ini. Tanpa lemari pakaian yang besar dan menutupi, kamar tidur bakal terasa lebih lega.

6. Laci dapur tarik yang hemat tempat dan multifungsi. Memudahkan saat masak di dapur

SUmber: House Beautiful

SUmber: House Beautiful via https://www.housebeautiful.com

Buat di dapur, khususnya di bagian bawah konter sebaiknya maksimalkan laci dapur yang bisa ditarik buat menghemat tempat. Laci dapur yang bisa ditarik juga bisa dikreasikan sesuai kebutuhan penyimpananmu. Barang-barang yang tidak sesering itu digunakan bisa ditempatkan di ruang penyimpanan tertutup seperti ini supaya nggak terlalu menuh-menuhin dapur. 

Kamu bisa memasang rak di dalam laci buat menaruh bumbu dapur, bikin rak berlubang khusus buat peralatan masak, atau laci yang di dalamnya ada tempat sampah yang tinggal dibuka waktu kamu mau buang sampah dari konter.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE