6 Values dari AIESEC ini Mungkin Berguna untuk Hidupmu

Value hidup penting untuk menumbuhkan semangat dan energi dalam menjalani kehidupan

Apakah kamu pernah merasa ada sesuatu yang kurang dari hidupmu? Atau kamu merasa hidupmu kurang bernilai? Hal ini mungkin saja terjadi karena kamu tidak memiliki value dalam menjalani kehidupan. Padahal, memiliki value dalam hidup itu penting agar semua hal yang kita kerjakan mempunyai nilai dan energi yang besar.

Value hidup adalah sebuah nilai-nilai dalam kehidupan yang bisa kita percaya untuk menimbulkan energi positif dari tubuh kita. Value hidup seharusnya juga bisa menggerakkan kita untuk melakukan sesuatu yang mendatangkan kebahagiaan di hati karena produktivitas akan meningkat ketika kita bahagia. 

Sebagai sebuah organisasi pemuda terbesar di dunia, AIESEC memiliki enam values untuk membentuk karakter para anggotanya. Enam values ini sangat bisa digunakan dan diterapkan di mana saja, baik dalam dunia pekerjaan, organisasi, bahkan dalam kehidupanmu sehari-hari! Apa saja keenam values tersebut?

Advertisement

1. Striving for Excellence

Pixabay

Pixabay via http://pexels.com

Berjuang untuk menggapai kesempurnaan, kira kira begitu artinya. Dalam hidup, kita harus totalitas dalam memperjuangkan sesuatu yang kita inginkan sampai mencapai titik kesempurnaan. Mengapa harus sampai sempurna? Kalau kita memperjuangkan sesuatu hanya setengah-setengah, maka kita akan membatasi diri untuk berjuang hanya setengah-setengah saja, akibatnya hasil yang didapatkan tidaklah maksimal. Padahal, ada pepatah mengatakan “kesempatan tidak datang dua kali”.

Coba bayangkan kalau sekarang kita berjuang setengah-setengah, lalu di keesokan hari, kesempatan untuk memperjuangkan secara sempurna sudah tidak ada. Tentu saja, yang ada hanyalah penyesalan mengapa kita tidak totalitas dalam mengerjakan sesuatu. Jadi, dalam memperjuangkan sesuatu, selalu pasang 100% usaha kalian ya!

Advertisement

2. Enjoying Participation

Priscilla Du Preez

Priscilla Du Preez via http://unsplash.com

Selain totalitas, kita juga harus enjoy dalam menjalani proses kehidupan kita. Menjaga semangat untuk menjalani setiap bagian dalam kehidupan kita itu penting. Ketika kita sedang mengikuti suatu acara, kegiatan, pelatihan, atau semacamnya, usahakan diri kita hadir disitu sepenuhnya.

Dengan hadir sepenuhnya, kita bisa menjiwai apa yang sedang kita ikuti. Selain itu, kita juga akan dapat mendapatkan makna dan pelajaran yang berharga. Terlebih, setiap kegiatan pasti punya momen yang berbeda-beda satu sama lain. Maka, nikmatilah setiap momen yang kita miliki agar ketika momen itu sudah pergi, tidak ada lagi kata menyesal.

3. Living Diversity

Advertisement
Mentatdgt

Mentatdgt via http://pexels.com

Dunia ini penuh dengan keragaman. Kita hidup berdampingan dengan berbagai jenis orang, dengan suku yang berbeda-beda, kebudayaan, dan keyakinan yang berbeda-beda pula. Keragaman pasti membawa perbedaan-perbedaan di dalamnya, baik itu perbedaan pendapat, pandangan, dan juga sikap. Seringkali perbedaan ini menimbulkan perdebatan di tengah-tengah masyarakat. Untuk hidup yang lebih baik, kita harus membiasakan diri untuk hidup di tengah-tengah keberagaman tersebut. Bagaimana caranya?

Kita harus menerima keragaman yang ada dengan pikiran yang terbuka. Dengan menggunakan pikiran yang terbuka, maka perbedaan tidak akan terasa aneh di kepala kita. Bisa jadi, kita malah sangat menikmati hidup di tengah perbedaan. Selain itu, membiasakan diri dengan perbedaan akan membuat hidup kita dan orang-orang yang kita kenal menjadi lebih tenang dan damai karena tidak ada perdebatan yang disebabkan oleh perbedaan.

4. Acting Sustainability

Kervin Edward Lara

Kervin Edward Lara via http://Pexels.com

Setiap hal yang kalian lakukan bisa membawa dampak untuk orang lain. Contohnya, sesederhana ketika kita membuang sampah-sampah yang kita hasilkan. Kalau kita membuangnya langsung ke tempat sampah, maka sampah-sampah itu hanya akan berpindah-pindah tempat dari satu pembuangan ke pembuangan lain.

Kalau kita mendaur ulang sampah tersebut menjadi sesuatu yang bisa digunakan, maka jumlah sampah yang dibuang di pembuangan sampah akan berkurang. Coba bayangkan apabila ada lebih dari satu orang yang melakukan ini, maka berapa banyak tumpukan sampah yang berkurang? 

Untuk hidup yang lebih baik, kita harus memikirkan setiap dampak dari hal-hal yang kita lakukan dan dari setiap tindakan yang kita ambil dan keberlanjutannya agar kita bisa mengarahkan dampak dari perbuatan kita ke arah yang positif.

5. Demonstrating Integrity

Brett Jordan

Brett Jordan via http://unsplash.com

Tidak hanya tentang kejujuran, integritas adalah suatu sikap yang menunjukkan komitmen dan konsistensi. “Tanpa integritas, motivasi menjadi berbahaya”. Hal ini diungkapkan oleh Stephen Covey, penulis buku The Seven Habits of Highly Effective People. Coba bayangkan kalau seseorang memiliki keinginan dan motivasi yang tinggi untuk mendapatkan sesuatu, tetapi dia tidak punya integritas, apa yang terjadi?

Maka dia tidak akan berkomitmen penuh untuk mencapainya sehingga targetnya tidak akan pernah tercapai. Menunjukkan integritas penting untuk membangun hidup yang lebih baik, karena setiap motivasi yang kita tumbuhkan dalam hidup perlu diiringi dengan integritas untuk mencapainya.

6. Activating Leadership

Fauxels

Fauxels via http://pexels.com

Untuk memiliki hidup yang lebih baik, seseorang harus mengaktifkan jiwa kepemimpinan dari dalam dirinya. Kepemimpinan tidak hanya tentang memimpin orang lain, tetapi juga tentang memimpin diri sendiri. Seseorang dapat dikatakan sebagai pemimpin apabila Ia berhasil memberikan pengaruh untuk mencapai sebuah tujuan. Kalau kita renungi lagi, sebenarnya tidak ada yang bisa mengarahkan diri kita dengan baik selain diri kita sendiri.

Maka, mari kita mulai mempengaruhi diri kita sendiri untuk sampai pada tujuan yang kita inginkan. Contohnya, diantara kalian ada yang punya tujuan ingin menurunkan berat badan selama 3 bulan ke depan. Maka, arahkan diri kalian untuk melakukan segala upaya yang diperlukan untuk menurunkan berat badan itu, mulai dari olahraga, mengurangi karbohidrat, dan lain sebagainya.

Jadi, memiliki value hidup itu penting untuk menumbuhkan semangat dan menambah energi dalam menjalani kehidupan. Kalau kamu mulai merasa ada sesuatu yang kosong dari hidupmu, coba ingat-ingat lagi apa sebenarnya value yang ingin kamu terapkan dalam hidupmu dan pastikan kamu memiliki langkah-langkah yang lebih spesifik lagi untuk mendukung value hidupmu itu. Kalau kamu merasa kehilangan value hidup, enam values yang dimiliki AIESEC ini bisa kamu terapkan untuk hidupmu yang lebih baik. Semoga membantu!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE