Guys, pernah nggak kalian bertemu dengan orang atau bahkan seorang teman yang datang menyapa tiba-tiba hanya di saat dia butuh atau perlu? Dan, setelah itu mengabaikanmu sampai dengan waktu yang tidak ditentukan kemudian datang lagi karena sedang butuh lagi? Penulis yakin banget nih guys, kalau hal-hal seperti ini selalu ada di lingkungan kita semua.

Memang sih, tipikal orang-orang seperti ini memang tidak bisa kita hindari dalam hidup kita. Setidaknya sesekali kita pasti pernah berurusan dengan orang tipikal-tipikal seperti ini. Nggak perlu panik guys, karena apa? Karena kita pun juga harus memiliki taktik untuk menghadapi orang-orang seperti ini agar nantinya kita tidak susah sendiri.

Nah, berikut ini adalah 7 cara elegan dan cerdas dalam menghadapi teman ataupun orang-orang yang datang hanya disaat mereka butuh saja. Please guys, kamu perlu ingat bahwa jangan sampai kita dimanfaatkan oleh orang-orang dengan tipikal kepribadian seperti ini. Karena nantinya justru kita yang akan makan hati sendiri bila kita terus menerus mengiyakan permintaan merka. Yah, bisa dibilang sesekali mereka memang perlu diberi pelajaran agar mereka dapat menjadi pribadi yang bisa menghargai orang lain.

1. Jangan pernah takut untuk menolaknya

friend smile

friend smile via https://unsplash.com

Begini guys, bukan berarti kita tidak menolongnya sama sekali. Dengan kalian menolongnya sekali, bukan berarti kalian harus meenolongnya lagi berkali-kali. Kalian pun juga berhak untuk menolaknya jika memang itu memberatkan kalian.

Advertisement

Jangan pernah memberikan pertolongan tanpa adanya rasa ikhlas dan tulus dalam diri kalian. Kalian pun juga berhak menolaknya bila dirasa memberatkan kalian. Jangan takut.

2. Tenang dan jangan langsung marah karena sikapnya

Saat ada orang atau bahkan teman atau mungkin dari lingkungan terekatmu yang datang padamu hanya saat ketika dia sedang butuh, maka hal yang paling penting untuk kam lakukan adalah dengan bersikap tenang. Tetap tenang, dengarkanlah bagaimana keluh kesahnya, jangan sampai kamu meluapkan emosimu dan pada akhirnya hanya membuat hubunganme dengan mereka menjadi renggang dan tidak baik.

Tetap berpikir positif. Jikalau kita tidak dapat membantu setidaknya kita dapat membantunya dengan cara memberikan solusi yang terbaik. Saat mereka datang dan meminta batuanmu, maka itu tandanya mereka benar-benar sangat membutuhkanmu.

3. Sesekali mencoba melakukan apa yang mereka inginkan darimu

Advertisement

Jangan langsung menolaknya, atau jangan selalu menolaknya. Jika memang kamu dapat membantunya, maka bantulah. Kamu tidak akan rugi saat kamu dapat menolong orang-orang yang memang membutuhkan bantuanmu. Dan juga, karena mereka adalah teman-temanmu atau bahkan mungkin keluargamu. Terkadang hal tersebut memang seperti buah simalakama guys. “Nggak dibantu tapi temen sendiri, kalau dibantu suka lupa diri”.

Tapi, tetap kembali ke poin awal guys bahwa kita sebisa mungkin untuk berpikir positive thinking. Bantulah sesuai kemampuan kalian, karena bila menolaknya secara terus menerus bisa jadi justru akan membuat hubunganmu dengan merka menjadi renggang dan bermusuhan hanya karena perkara tolong-menolong.

4. Biarkan mereka mengetahui alasan kenapa kamu menolak membantu

Sesekali beri tahu kepada mereka alasan mengapa kamu menolaknya, agar tidak terkesan bahwa kalian sengaja menolak untuk menolongnya. Dalam bersosialisasi, ada baiknya bahwa kita sebisa mungkin mengurangi musuh dan bersikap sebaliknya yaitu memperbanyak kawan.

Akan tetapi, bila ada salah seorang temang yang datang hanya saat mereka butuh saja, kalian dapat bertindak tegas dengan cara mengatakan tidak beserta dengan alasannya. Tentunya katakan dengan baik-baik ya guys.

5. Berikan solusi siapa orang lain yang dapat menolongnya

Saat kita tidak bisa menolongnya, setidaknya kita dapat memberika solusi lain kepada mereka yang meminta bantuan kita dengan cara sebutka nama lain yang ada di pikiranmu yang dapat membantu unutk menolong mereka. Dengan begitu, dia bisa meminta tolong kepada orang yang namanya telah kamu sebtkan untuk membantu masalahnya.

Yah, seenggaknya kalian tidak akan merasa sangat bersalah karena tidak dapat menolongnya.

6. Tetap realistis tentang kemampuan dirimu

Nah, kalau untuk yang ini guys. Seringkali kita menjumpai beberapa kenyataan yang demi menolong seseorang seringkali kamu mengorbankan dirimu sendiri padahal kamu tahu bahwa keadaanmu belum bisa untuk menolongnya. Tetaplah realistis ya guys, kalau memang kalian belum dapat menolongnya ya sebaiknya katakan tidak.

Jangan sampai nantinya kalian berakhir menjadi budaknya tanpa kamu sadari. Dan kasus ini, biasanya seringkali terjadi saat bebeapa dari kalian sedang dalam masa pendekatan dengan seseorang.

7. Saat mereka datang padamu disaat hanya butuhnya saja, anggap saja sebagai pujian

Itu berarti bahwa kamu adalah orang yang bermanfaat dan berguna bagi bagi orang lain. Mari berpikir positif, guys. Kita tidak perlu men-judge sebagai hal yang negatif karena nyatanya selalu ada makna positif di baliknya.

Dia datang ke padamu  di saat dia sedagn butuh, itu menunjukan secara tidak langsung bahwa kamu memiliki apa yang sedang dia butuhkan dan kamu pantas untuk bangga. Tapi jangan sampai hal ini membuatmu lupa diri lantas sombong.

Ketujuh hal tadi merupakan cara elegan dan cerdas bagaimana sikap kita menyikapi seorang teman atau lingkungan terdekat kita yang datang kepada kita saat sedang butuh saja. Memang guys, mengetahui bahwa kita hanya dimanfaatkan saja itu menyakitkan. Sesakit banget tapi gak sampai berdarah. Tapi dibalik itu semua ada sisi positif yang perlu kita pahami, yang artinya bahwa kamu jauh lebih berguna dan bermanfaat daripada orang lain karena mereka datang padamu dan bukan pada orang lain.

Bukankah sebaik-baiknya manusia adalah yang berguna dan bermanfaat bagi orang lain? Yah apapun itu, kita juga perlu ingat bahwa kita harus tetap realistis agar tidak menjadi budaknya dikemudian hari ya guys. Apalagi budak cinta, yang demi memenuhi permohonannya kamu harus sampai mengorbankan dirimu sendiri. Jangan sampai!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya