7 Cara Self-Love Agar Semakin Cinta Diri Sendiri! Wajib Dicoba, Guys!

Coba cintai dirimu apa adanya, yuk!

Istilah self-love sebenarnya sudah banyak terdengar dimana-mana namun masih banyak orang yang masih belum mengetahui arti dari istilah tersebut. Self-love adalah kemampuan seseorang untuk mencintai diri sendiri.

Memang sih, kebanyakan orang lebih mudah menemukan kekurangan pada dirinya. Tetapi kamu harus ingat bahwa kekurangan adalah salah satu aspek yang dapat kamu gunakan untuk mencintai dirimu.

Manusia memiliki kekurangan dan kelebihan, kan? Nah, kedua hal itu adalah apa yang harus kamu banggakan. Kekurangan gak membuat kamu jadi orang yang gak keren, lho. Dengan menghargai kekuranganmu, kamu akan merasa bahwa dirimu layak bagi siapapun.. Yuk coba 7 cara self-love ini  supaya kamu semakin cinta dengan dirimu sendiri!

Advertisement

1. Menulis Kelebihan dan Kekurangan Diri Sendiri

ilustrasi menulis

ilustrasi menulis via https://pixabay.com

Dengan menuliskan secara runtut kelebihan dan kekurangan kamu di kertas, akan membuatmu sadar seperti apakah diri kamu sebenarnya. Berusahalah jujur ketika menuliskannya supaya kamu semakin mengenal dirimu sendiri.

2. Maafkan Kesalahan Masa Lalu

Photo by Anastasia Shuraeva from Pexels

Photo by Anastasia Shuraeva from Pexels via https://www.pexels.com

Memaafkan apa yang sudah terjadi di masa lalu memang cukup sulit. Apalagi jika kejadian itu menjadi dampak ketidakpercayaan diri kamu saat ini.

Advertisement

Tetapi, cobalah maafkan dan terima kesalahan kamu yang terjadi di masa lalu. Maknai kesalahan tersebut dan jadikan peristiwa itu sebagai pembelajaran kamu di masa sekarang.

3. Bicara Dengan Diri Sendiri di Depan Cermin

Photo by Pavel Danilyuk from Pexels

Photo by Pavel Danilyuk from Pexels via https://www.pexels.com

Cara ini bikin kamu bisa makin dekat sama dirimu sendiri, lho! Coba untuk mulai memuji diri sendiri atau curhat dan menceritakan kesedihanmu di depan cermin.

Nantinya, kamu akan semakin paham bagaimana menghargai perasaan kamu sebenarnya. Fyi buat kamu para kpopers, cara ini juga dipakai sama Jin BTS dan Mingyu Seventeen sebagai bentuk self-love mereka, lho!

Advertisement

4. Stop Membandingkan Diri Sendiri Dengan Orang Lain!

ilustrasi melihat media sosial melalui ponsel

ilustrasi melihat media sosial melalui ponsel via http://pixabay.com

Membandingkan pencapaian kamu dengan pencapaian orang lain memang gak akan ada habisnya. Tanpa sadar, kebiasaan itu bisa membuat rasa cinta kamu kepada diri sendiri berkurang, lho. Yuk, kurangi kebiasaan itu.

Mari belajar untuk fokus dengan apa yang sedang dan akan kamu jalani. Membenahi diri sendiri akan membuat kamu lebih puas dengan pencapaianmu nantinya.

5. Jangan Pikirkan Perkataan Orang Lain

Photo by RODNAE Productions from Pexels

Photo by RODNAE Productions from Pexels via https://www.pexels.com

Coba terapkan pola pikir bahwa kamu tidak hidup untuk memuaskan orang lain. Tujuannya supaya kamu ingat bahwa kebahagiaanmu lebih dari apa yang dikatakan orang lain dan kebahagiaan itu hanya bisa diciptakan oleh diri kamu sendiri. Terlalu mengkhawatirkan perkataan orang lain bisa buat kamu selalu merasa kurang dan stress, lho.

6. Usahakan Circle Pertemanan Kamu Positif

ilustrasi pertemanan bahagia

ilustrasi pertemanan bahagia via https://pixabay.com

Dekatkan diri kamu dengan orang-orang yang mampu menyebarkan aura positif dan hindari orang-orang yang suka menjatuhkan atau mengucilkan orang lain, ya.

Karena, hal itu akan membuat kamu kehilangan rasa percaya diri bahkan bisa membuatmu berubah menjadi orang yang sama seperti mereka juga.

7. Percaya Diri!

Photo by Moose Photos from Pexels

Photo by Moose Photos from Pexels via https://www.pexels.com

Kunci utama melakukan self-love adalah percaya terhadap diri sendiri. Percayalah bahwa kekurangan dan kelebihanmu benar-benar patut kamu hargai karena hal itulah yang membuatmu berbeda dengan orang lain. Jangan lupa apresiasi diri kamu ketika sedang lelah maupun sedang baik-baik saja, ya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Mahasiswa yang ingin terus belajar menulis dan bercita-cita mampu membuat tulisan yang berdampak positif bagi pembacanya.

CLOSE