7 Fakta Tentang Paus yang Jarang Diketahui, Mamalia Terbesar di Bumi

Mamalia terbesar di bumi ini ternyata memiliki banyak fakta menarik lho

Paus merupakan kelompok mamalia terbesar yang hidup di lautan. Paus bukanlah termasuk kedalam golongan ikan, hal ini membuat banyak orang salah menyebut paus sebagai “ikan paus”. Paus termasuk dalam anggota ordo cetacea seperti lumba-lumba dan pesut.

Paus tergolong mamalia walaupun sepenuh hidupnya dihabiskan di dalam air, hal ini karena paus memenuhi empat karakteristik utama dari mamalia yakni paus melahirkan dan menyusui, berdarah panas, berambut dan menghirup oksigen. Nah, ternyata bukan hanya itu fakta menarik dari seekor paus. Berikut 10 fakta menarik paus yang jarang kita ketahui:

Advertisement

1. Hewan terbesar yang pernah hidup ternyata berasal dari anggota kelompok paus

Seringkali kita menyangka bahwa dinosaurus adalah makhluk raksasa terbesar yang pernah hidup di bumi, namun ternyata hewan terbesar yang pernah hidup di bumi adalah paus biru (Balaenoptera musculus). Dinosaurus seperti Argentinosaurus mungkin terlihat besar karena panjangnya mencapai 22 hingga 35 meter dan berat mencapai 50.000 kg hingga 100.000 kg. Namun kalau berbicara soal besar tubuh, maka volumelah yang menentukan. Dilansir dari National Geographic, panjang seekor paus biru dapat mencapai 32 meter dengan berat hingga 200.000 kg.

2. Paus kepala kotak setiap hari menyelam untuk bertempur dengan cumi-cumi raksasa

paus Paus Kepala Kotak (Physeter macrocephalus) melawan cumi-cumi raksasa

paus Paus Kepala Kotak (Physeter macrocephalus) melawan cumi-cumi raksasa via https://www.wikiwand.com

Paus Kepala Kotak dapat ditemukan di seluruh dunia, Paus Kepala Kotak seringkali berada dilautan dengan kedalaman 1.000 meter atau lebih. Namun juga tidak jarang jika Paus Kepala Kotak ditemukan di perairan dangkal saat Paus Kepala Kotak melakukan migrasi musiman. Paus Kepala Kotak dapat menyelam hingga kedalaman sekitar 3.000 meter dan bisa menahan nafas di bawah laut selama 1 jam.

Berkat kemampuannya untuk menyelam sangat dalam, Paus Kepala Kotak dapat memangsa hewan-hewan dengan habitat laut dalam namun salah satu mangsa paling terkenal dari Paus Kepala Kotak adalah seekor cumi-cumi raksasa dengan panjang hingga belasan meter. Tidak heran jika ada Paus Kepala Kotak terdampar dengan banyak bekas luka di tubuhnya.

3. Muntahan yang sangat mahal

muntahan paus atau ambergris

muntahan paus atau ambergris via https://www.nationalgeographic.com

Tahukah kamu, muntahan Paus Kepala Kotak dapat dijadikan sebagai bahan pembuatan parfum yang sangat mahal. Hal ini disebabkan karena diduga Paus Kepala Kotak ketika bagian-bagian tubuh dari makanan Paus Kepala Kotak tidak tercerna dengan baik dan menumpuk di dalam saluran pencernaan sebelum dimuntahkan dan setelah keluar dari tubuh paus, muntahan ini bisa terombang ambing di lautan lepas selama bertahun-tahun sebelum terdampar dan ditemukan oleh manusia, muntahan ini bernama ambergris.

Jadi, ada kemungkinan jika parfum yang kalian pakai menggunakan muntahan paus sebagai bahan dasarnya. Muntahan paus ini berharga cukup mahal dan dapat mencapai puluhan juta rupiah per kilogramnya.

Advertisement

4. Paus orca atau paus pembunuh bukanlah dari keluarga paus

Banyak yang menganggap bahwa paus pembunuh atau paus orca bagian dari keluarga paus, namun ternyata paus orca atau paus pembunuh termasuk kedalam keluarga Delphinidae atau keluarga lumba-lumba. Secara ukuran memang orca memiliki tubuh lebih besar dibandingkan dengan lumba-lumba lain, karena memang paus orca merupakan spsies terbesar dalam keluarga lumba-lumba.

5. Perenang dan penyelam hebat

Paus bungkuk memegang rekor mamalia yang melakukan migrasi terjauh,  paus bungkuk dapat berenang melewati bagian samudera dan menempuh jarak hingga 22.000 kilometer setiap kali bermigrasi. Dan paus berparuh cavier menjadi mamalia penyelam terdalam yang dapat menyelam ke dalam 3 kilometer di bawah permukaan air dan mampu bertahan selama 138 menit sebelum kembali ke permukaan air.

6. Hewan dengan suara paling keras di bumi, wow

Paus mampu mengeluarkan suara paling keras di bumi, paus biru dapat menghasilkan suara hingga mencapai 188 db yang artinya lebih keras daripada suara peluncuran pesawat ulang alik yang mencapai 165-170 db. Namun suara paling keras dari keluarga paus dimiliki oleh Paus Kepala Kotak yang dapat membuat serangkaian bunyi “klik” yang bisa mencapai 230 db, suara tersebut dapat terdengan sejauh 10 mil di bawah laut.

7. Unicorn di dunia nyata adalah paus bukan kuda

Unicorn merupakan hewan mitologi yang digambarkan memiliki satu tanduk ajaib. Nah, ternyata di dunia nyata ada spesies paus yang juga memiliki tanduk ajaib, paus tersebut adalah paus narwhal. Tanduk ajaib yang dimiliki narwhal dilengkapi dengan sistem sensor yang sangat kuat sehingga mereka mampu menggunakan tanduk spiral untuk mendeteksi arus lautan, mengetahui kualitas air, mendeteksi narwhal lainnya dan bahkan untuk berburu. Tanduk narwhal dapat tumbuh hingga mencapai 2,6 meter yang berarti setengah dari panjang tubuhnya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE