7 Fakta Tentang Vanuatu, Ternyata Jadi Negara Anti-Jomblo di Dunia Loh!

Negara dengan gugusan pulau

Siapa yang tidak kenal Vanuatu? Nama negara tersebut mendadak menjadi top sepuluh pencarian di mesin pencarian. Warganet berbondong-bondong melepaskan rasa penasaran mereka setelah viral video Bob Loughman selaku Perdana Menteri Vanuatu yang menuding Indonesia telah melakukan pelanggaran hak asasi manusia di tanah Papua. Namun, tidak berselang lama, tuduhan Loughman dibalas balik oleh diplomat muda Indonesia, Sylvany Austin Pasaribu, di sidang umum Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tanggal 26/9/2020 kemarin. Sylvany mengatakan bahwa tudingan Vanuatu terhadap Indonesia tidak memiliki dasar yang kuat dan telah melanggar prinsip dasar piagam PBB.

Siapa sangka, negara mungil yang berani menyinggung Indonesia itu ternyata memiliki segudang keindahan alam yang mungkin belum diketahui banyak orang. Inilah 7 fakta yang harus kamu ketahui tentang negara Vanuatu?

Advertisement

1. Berada di bagian sebelah timur benua Australia dan dihuni suku Melanesia

Photo by Mapsofworld

Photo by Mapsofworld via https://www.mapsofworld.com

Vanuatu merupakan negara kepulauan yang didirikan pada 30 Juli 1980 ini berada di Samudera Pasifik bagian selatan, terletak di sebelah timur benua Australia, timur laut Kaledonia Baru, Barat Fiji, dan Selatan Kepulauan Solomon. Sebagian besar pulau-pulau di Vanuatu dihuni oleh suku Melanesia sama seperti orang Papua.

2. Terdiri atas gugusan pulau

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Republik Vanuatu menjadi salah satu negara supera indah di dunia atas keindahan alamnya yang tidak perlu diragukan lagi. Terdiri atas 83 pulau yang membentang dari utara, selatan, barat dan timur, Vanuatu cocok dijadikan destinasi wisata tropis. Garis pantainya yang membentang dipenuhi pasir putih yang lembut, sinar matahari yang cerah, batu koral yang indah, dan air lautnya yang transparan, tak heran wisata air Vanuatu dikenal sebagai destinasi terapik dan instragamable.

Advertisement

3. Sempat menganut praktik kanibalisme

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Vanuatu sempat dikenal sebagai negara yang pernah menjalani praktik kanibalisme. Seorang antrolog menyebutkan praktik kanibalisme terakhir di Vanuatu tercatat pada tahun 1969. Meski kemungkinan besar tidak lagi melakukan praktik kanibalisme, masih ada pemandu wisata yang tak segan berbagi tips cara memasak daging manusia kepada para turis.

4. Suku penganut Pangeran Phillip

Photo by Google Images

Photo by Google Images via https://www.google.com

Masyarakat pulau Tanna terkenal sebagai orang-orang yang memuja Pangeran Phillip. Memuja di sini bukan berarti kagum atau suka, tetapi meyakini suami dari Ratu Elizabeth II itu sebagai keturunan leluhur spiritual dari Tanna. Para pemuja Pangeran Phillip menyebut diri mereka Prince Phillip Movement.

5. Paket lengkap saat berlibur di Vanuatu

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Tak hanya dikenal sebagai negara yang ramah, Vanuatu juga menyediakan segudang keeksotisan alam saat Anda berlibur ke sana. Tawaran paket liburan lengkap pun tersedia mulai dari wisata budaya, wisata alam, wisata menyelam dan snorkelling, serta wisata memanjat gunung dan wisata gunung berapi.

Advertisement

6. Negara paling berbahaya di dunia

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Bukan karena tingkat kriminalitas yang tinggi yang menjadikan Vanuatu sebagai negara berbahaya tetapi karena keadaan alamnya. Meski menyimpan segudang keindahan alam, nyatanya Vanuatu kerap dilanda bencana Alam. Dilansir dari Laporan Resiko Global yang disusun oleh United Nations University for Environment and Human Security (UNU-EHS) di tahun 2015 dan 2017, Vanuatu berada pada peringkat pertama dari 173 negara di dunia yang paling rentan dilanda gempa bumi, badai, banjir, kekeringan, serta kenaikan air laut.

7. Gunung Yasur

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Seperti Indonesia, negara Vanuatu dianugrahi memiliki gunung berapi paling aktif dan masih sering mengeluarkan lava pijar. Gunung Yasur yang berada di pulau Tanna merupakan gunung berapi yang masih aktif dan kerap mengeluarkan lava pijar. Meski demikian, banyak turis mancaranegara dari berbagai belahan bumi terbius oleh keindahannya dan menjadikan gunung Yasur sebagai salah satu spot wisata paling diminati.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

selalu ingin belajar menulis

CLOSE