7 Film Animasi Studio Ghibli yang Wajib Kamu Tonton, Setidaknya Sekali Seumur Hidup

Suka film animasi Jepang? Wajib banget nontonin produksi dari Studio Ghibli!

Jepang merupakan salah satu negara yang terkenal dengan produksi film animasinya. Ternyata ada loh film animasi yang seru banget! Yap, apalagi kalau bukan produksi dari studio Ghibli. Studio Ghibli adalah salah satu studio animasi yang sudah mendapat banyak pengakuan dari seluruh dunia. 

Kalau kamu penggemar animasi Jepang tapi lagi bosen nonton yang itu-itu aja, yuk cobain sensasinya nonton film animasi dari Studio Ghibli, dijamin ketagihan!

Advertisement

1. My Neighbor Totoro (Tonari no Totoro)

My Neighbor Totoro

My Neighbor Totoro via https://images.app.goo.gl

Siapa yang tidak kenal dengan Totoro yang menjadi ikonik dari Studio Ghibli? Film yang diproduksi pada tahun 1988 ini merupakan salah satu film animasi yang wajib banget kamu tonton. Alur cerita yang ringan malah membuat film ini menarik. Dunia imajinasimu akan mulai terbuka lebar ketika cerita dimulai dari satu keluarga yang terdiri dari Ayah dan 2 anak perempuannya yang bernama Satsuki dan Mei harus pindah ke rumah masa kecil Ayahnya yang ada di desa agar lebih dekat dengan Ibunya yang sedang dirawat di rumah sakit.

Sampai akhirnya mereka bertemu dengan roh penjaga hutan yang membuat keduanya banyak mempunyai pengalaman seru selama tinggal di desa. Konflik-konflik yang sederhana dan keluguan dari kedua tokoh anak-anak tersebut akan membuat kamu jadi kangen masa kecil! 

Advertisement

2. Spirited Away (Sen to Chihiro no Kamikakushi)

Spirited Away

Spirited Away via https://images.app.goo.gl

Menceritakan tentang perjuangan seorang anak yang bernama Chihiro menyelamatkan kedua orang tuanya yang berubah menjadi babi setelah makan di suatu tempat yang awalnya merupakan sebuah taman bermain, namun saat petang tiba berubah menjadi tempat pemandian para roh. 

Alurnya sangat padat namun mudah diterima oleh penonton. Sepertinya Studio Ghibli sangat suka bermain dengan imajinasi penontonnya, tidak heran kalau film animasi yang satu ini mampu mendapatkan penghargaan Oscar sebagai film animasi terbaik pada tahun 2002. Wow! Yakin gamau nonton produksi dari Studio Ghibli yang satu ini?

3. Grave of the Fireflies (Hotaru no Haka)

Grave of the Fireflies

Grave of the Fireflies via https://images.app.goo.gl

Bisa dikatakan kalau film animasi ini adalah produksi Studio Ghibli yang punya alur paling menyayat hati! Sedih banget!! Apalagi kalau kamu seorang kakak, duh makin mewek deh! Berlatar belakang kondisi Jepang saat perang dunia II, animasi ini sukses menyajikan keadaan masyarakat korban perang dari sisi yang berbeda.

Perjuangan dua bersaudara yang bernama Seita dan Setsuko untuk tetap hidup mandiri setelah Ibunya meninggal karena menjadi korban pengeboman dan Ayahnya yang belum bisa ditemukan. Hampir setiap adegannya mengandung bawang, huhu. Belakangan, film animasi ini  sedang ramai diperbincangkan di Tik Tok loh! Ayo jangan sampai ketinggalan serunya, buruan tonton juga!

4. When Marnie Was There (Omoide no Mānī)

When Marnie Was There

When Marnie Was There via https://images.app.goo.gl

Pernah membayangkan kalau kamu merupakan seorang anak angkat dan akhirnya berteman dengan nenekmu saat beliau masih seumuran denganmu? Eh, aneh ya? Tapi memang seperti itu alur dari film animasi ini. Seorang anak yang bernama Anna harus pindah ke desa tempat kerabat Ibu angkatnya berada dikarenakan penyakit asmanya yang sudah tidak bersahabat dengan lingkungan di kota.

Ketika tinggal di desa, Anna banyak menghabiskan waktunya untuk melukis di tepi danau, tepat di seberang danau, ada rumah kosong yang konon berhantu. Tidak disangka, Anna seperti mempunyai keterikatan dengan rumah itu. Ketika ia memutuskan untuk pergi ke sana, ia malah bertemu dengan Marnie dan berteman dengannya. Lalu, siapakah Marnie?

Apakah hanya permainan imajinasi dari Anna atau dia seorang hantu? Film animasi ini sangat menarik ditonton apabila kamu hobi memecahkan teka-teki. Ada perasaan haru sekaligus lega ketika kamu sudah sampai di ending film!

5. From Up On Poppy Hill (Kokuriko-zaka Kara)

From Up On Poppy Hill

From Up On Poppy Hill via https://images.app.goo.gl

Film animasi yang satu ini cocok banget buat kamu yang suka nonton kisah anak-anak sekolahan. Selain menampilkan kisah cinta remaja antara tokoh Umi dan Shun yang tidak lebay, namun sangat membekas di hati para penonton, film ini juga menampilkan bagaimana solidaritas dari anak-anak SMA yang kuat untuk mempertahankan bangunan yang diberi nama Quartier Latin sebagai pusat ekstrakurikuler siswa berlangsung dari penggusuran oleh pihak yayasan dan sekolah.

Kenyataan dari masa lalu yang menyatakan bahwa Umi dan Shun adalah saudara kandung memberikan puncak konflik yang bikin gregetan! Bagaimana endingnya? Yuk buruan tonton! Dijamin bikin rewatch terus! Ssst, ost dari film ini sangat recommended buat didengerin lohh, hihi.

6. The Secret World of Arrietty (Karigurashi no Arrietti)

The Secret World of Arrietty

The Secret World of Arrietty via https://images.app.goo.gl

Apakah kamu pernah membayangkan ada peri kecil yang juga menghuni rumahmu dan 'meminjam' barang-barang yang ada di rumahmu? Semasa kecil pasti kita sering membayangkan hal tersebut. Berharap punya teman seorang peri yang cantik dan baik. Animasi ini menceritakan persahabatan antara seorang anak yang bernama Shou dan seorang bangsa peri peminjam bernama Arrietty.

Menonton animasi ini seperti menonton Tinkerbell versi Jepang! Eits, seperti kebanyakan animasi produksi Studio Ghibli, visual yang disajikan dalam animasi ini sangat memanjakan mata, membuat pikiran dan perasaan menjadi nyaman. Aduh, pokoknya jadi ingin rewatch terus deh!

7. Only Yesterday (Omoide Poro Poro)

Only Yesterday

Only Yesterday via https://images.app.goo.gl

Studio Ghibli memang juaranya membangkitkan kenangan masa kecil! Animasi Only Yesterday cocok ditonton untuk kamu yang sedang mencari makna kehidupan. Tentang pengalaman dan trauma masa kecil yang berpengaruh sangat besar untuk kehidupan saat dewasa.

Setelah menonton animasi ini, kamu akan langsung melihat dirimu 10 tahun yang lalu. Animasi ini sukses menciptakan proses mengenal diri sendiri pada tokoh utamanya dan semoga pada penontonnya juga. Pengalaman yang manis, pahit, lugu dan menyebalkan saat kecil dikemas dengan baik dan natural, sehingga penonton akan merasa relate dengan apa yang disajikan dalam animasi. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE