7 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Membeli Laptop, Biar Nggak Salah Pilih!

Cara memilih laptop yang cocok, biar kamu nggak nyesal!

Halo, aku Pujo Siswanto, mahasiswa prodi Hubungan Masyarakat dari Universitas di Yogyakarta. Seorang mahasiswa yang sudah berkali-kali salah beli laptop dan alhasil sering banget gonta-ganti laptop. Kamu pastinya nggak mau kan kayak aku. Sebelum membeli laptop banyak yang harus dipertimbangkan mulai dari kebutuhan, harga, sampai warna laptop supaya sesuai selera. Selain hal-hal mendasar seperti yang sebelumnya aku sebutkan, banyak juga hal-hal terkait spesifikasi yang mungkin bagi kamu masih sulit untuk dipahami. Jadi, pada kesempatan kali ini aku ingin membagikan hal-hal yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli laptop. Yuk, simak!

Advertisement

1. Sesuaikan dengan kebutuhan

Photo by Christin Hume

Photo by Christin Hume via https://unsplash.com

Zaman sekarang banyak orang yang ingin membeli terjebak dengan kata Laptop gaming. Laptop gaming dinilai sebagai laptop yang bagus dan layak dibeli karena biasanya laptop gaming menggunakan perangkat keras dengan spesifikasi yang tinggi. Padahal, laptop gaming sendiri belum tentu cocok digunakan semua orang. Jadi laptop yang bagus itu seperti apa sih? Laptop yang bagus adalah laptop yang cocok dan dapat digunakan sesuai kebutuhan pemiliknya.

2. Processor

Photo by Christian Wiediger

Photo by Christian Wiediger via https://unsplash.com

Processor adalah otak komputer. Komponen ini yang kira-kira bakal berperan besar dalam menentukan kecocokanmu dengan laptop yang kamu pilih. Ada 3 processorr yang bisa aku rekomendikan. Intel Core i3 untuk kebutuhan sehari-hari. Intel Core i5 untuk Home and business. Intel Core i7 untuk gaming, multitasking, dan content creation. Tapi, hal yang harus kamu perhatikan juga adalah angka dan huruf setelahnya. Angka dan huruf ini menunjukkan generasi dan tipe processor. Seperti Core i7 4700 HQ yang artinya Core i7 generasi ke 4 bertipe high performance quadcore.

Advertisement

3. RAM

Harrison Broadbent

Harrison Broadbent via https://unsplash.com

Fungsi RAM adalah untuk menjalankan program. Jadi semakin besar kapasitas RAM, maka akan semakin banyak program yang dapat dijalankan. Jika kebutuhanmu hanya mengetik, mendengarkan musik, dan pekerjaan-pekerjaan basic lainnya. Rasanya RAM 4 GB sudah cukup. Namun jika kamu butuh menjalankan aplikasi editing, bermain game, dan menjalankan sejumlah aplikasi berat lainnya. Kamu akan butuh RAM dikisaran 8 hingga 16 GB.

4. Graphic Card

Photo by Joseph Greve

Photo by Joseph Greve via https://unsplash.com

Graphic Card ini kamu butuhkan jika kamu melakukan pekerjaan-pekerjaan yang berkaitan dengan pengolahan grafis seperti editing video, 3D modeling, dan gaming. Ada 2 brand yang bisa aku rekomendasikan yakni NVDIA dan Radeon.

5. Storage

Photo by Vincent Botta

Photo by Vincent Botta via https://unsplash.com

Komponen ini yang bertugas menyimpan dan mengolah data-datamu. Storage sendiri ada 2 jenis yaitu HDD dan SSD. HDD adalah storage yang masih menggunakan piringan besi didalamnya jadi rawan terjadi kerusakan saat terkena goncangan keras. Untuk kamu yang sering ngejar-ngejar dosen untuk bimbingan, aku saranin beli yang SSD. Dari segi kecepatan memproses data, SSD lebih unggul. Untuk kapasitasnya kamu bisa sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginanmu.

Advertisement

6. Desain

Photo by Visual Karsa

Photo by Visual Karsa via https://unsplash.com

Jika kamu suka main game, belilah laptop yang ukurannya besar agar sirkulasi udaranya lebih lancar dan laptop tidak mudah panas. Jika kamu sering bepergian, belilah laptop yang ukurannya kecil dan ringan agar mudah dibawah kemana-mana.

7. Budget

Photo by Sharon McCutcheon

Photo by Sharon McCutcheon via https://unsplash.com

Yang terakhir ini akan menjadi penentu laptop seperti apa yang akan kamu pinang nantinya. Kamu bisa sesuaikan budget dengan laptop incaranmu. Jika kamu merasa laptop akan menjadi barang yang sangat penting dan akan kamu gunakan dalam berbagai aktivitas, maka usahakan membeli laptop dengan spesifikasi terbaik yang bisa kamu dapatkan.

Nah itu dia hal-hal yang perlu kamu ketahui sebelum kamu memutuskan untuk membeli sebuah laptop. Semoga bermanfaat!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Ingin menjadi lucu

CLOSE