7 Ide Sofa Kekinian, Model dan Warnanya Bikin Mupeng!

Model sofa kekinian

Ruang keluarga tanpa sofa, bisa dibilang sayur tanpa garam, enggak, sih? Idealnya, ruang tengah, ruang keluarga, atau bahkan ruang tamu di rumah pasti ada sofanya. Buat nonton TV, duduk sambil ngobrol rame-rame, atau sekadar tidur-tiduran sampe ketiduran beneran karena males rebahan di kamar. Milih sofa yang tepat pun juga mesti diperhatikan banget. Mulai dari milih ukuran yang pas, enggak terlalu kecil dan enggak terlalu besar. Material kain yang disukain, warna, sampai posisinya.

Soalnya, sofa bisa juga bukan cuma di ruang tengah atau ruang keluarga aja. Ada juga yang pasang di ruang kerja, di kamar tidur depan kasur, bahkan kadang-kadang di teras juga. Enggak sampai di situ aja, jenis sofanya sendiri juga beragam dan banyak banget. Sofa juga biasanya identik sama harga yang mahal. Cuma, kalau kamu udah tahu sofa kayak apa yang kamu mau, ada banyak yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, budget, dan selera kalian sebagai pengguna sofa.

Buat ngebantu kamu cari sofa yang paling tepat, Dekoruma kasih tujuh rekomendasi sofa kekinian, nih. Tentunya ada banyak ukuran, jenis, dan bentuk. Dari yang trendi sampai yang multifungsi juga ada! Lihat, yuk! 

Advertisement

1. Trendi, cerah, dan enggak makan tempat. Sofa dua tempat duduk gaya mid-century modern serasa lagi duduk-duduk di kafe

Photo by Dekoruma

Photo by Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Kalau ruang tengah atau ruang keluarga di rumah ukurannya enggak begitu luas, coba lihat sofa dua tempat duduk ini, deh. Ukurannya kompak supaya enggak terlalu banyak makan tempat. Gayanya pun kekinian banget karena modelnya terinspirasi dari desain interior mid-century modern.

Apa, sih, itu? Jadi mid-century modern itu desain interior yang populer di pertengahan 1950-an di Amerika Serikat, sampai 1980-an. Salah satu identitas yang paling khas dari gaya ini adalah kaki sofa yang agak melebar dan terbuat dari kayu. Dengan warna hijau kayak gitu, jadi pop of colour banget, enggak, sih, di ruangan yang didominasi warna putih? Aksen yang menarik banget.

Advertisement

2. Sofa bed buat santai atau tempat tidur cadangan kalau ada tamu. Eits, tapi jangan sembarang pilih sofa bed!

Photo by Dekoruma

Photo by Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Sofa bed itu salah satu sofa multifungsi yang praktis. Selain bisa jadi tempat tidur cadangan kalau ada saudara atau tamu yang nginep di rumah, sofa bed juga bisa jadi tempat rebahan yang lebih nyaman daripada sofa yang fixed. Nah, kalau emang kamu mau pasang sofa bed, perhatikan beberapa hal ini.

Pertama, cari yang busa sofanya tebel dan empuk. Mendingan keluar budget lebih buat sofa bed yang lebih empuk dan nyaman buat tidur. Terus, pastiin juga mekanisme pelipatan sofanya gampang dan beban yang bisa ditopang signifikan.

3. Klasik, modern, fleksibel, dan gampang ditempatin di mana aja. Sofa minimalis tiga tempat duduk yang enggak pernah salah.

Photo by Dekoruma

Photo by Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Kadang-kadang dengan banyaknya opsi, malah jadi bingung sendiri, nih, mau pilih yang mana. Daripada bingung, kenapa enggak pilih yang sofa minimalis aja? Sofa bentuk ini dikenal dengan model loveseat. Walaupun loveseat itu normalnya dua tempat duduk, bentuk inilah yang khas sofa loveseat. 

Dengan bentuk yang tegas, rapi, dan cukup konvensional ini, bikin sofa gampang buat ditempatin di mana-mana. Warna terang kayak krem yang ada di gambar emang bikin suasana jadi lebih lapang. Cuma, kalau khawatir kotor, kamu bisa pilih warna-warna yang lebih gelap. 

4. Hangat dan elegannya sofa berbahan kulit. Meskipun bikin ruang keluarga jadi lebih mewah, ngerawatnya butuh perhatian ekstra, ya!

Photo by Dekoruma

Photo by Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Sofa kain mungkin emang lebih praktis dan gampang dibersihin, cuma enggak ada yang bisa ngalahin elegan dan mewahnya sofa kulit. Begitu dipasang, ruang keluarga jadi berasa “mahal”, gitu. Apalagi kalau warna coklatnya pas. Enggak terlalu gelap dan enggak terlalu terang. Tanpa rajutan-rajutan atau motif yang rumit.

Eh, tapi tunggu dulu. Sofa kulit emang keren tampilannya. Cuma perawatannya harus lebih hati-hati dan teliti, ya. Material kulit itu punya minyak alami yang bikin permukaannya licin dan awet. Jadi, perlu ada losion, pelembab, atau pelapis khusus dengan lap dan sikat yang khusus juga. Sofa kulit juga jangan sampai kena air atau sinar matahari berlebihan. Bakal pusing, deh, kalau kulitnya jadi pecah-pecah dan enggak awet. 

5. Sofa bed multifungsi yang bisa berubah-ubah wujud. Satu sofa banyak fungsi dengan transformasi keren.

Photo by Dekoruma

Photo by Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Sofa bed yang kalian sering lihat mungkin cuma bisa dilipat dan dibuka aja, kan? Itu, sih, biasa banget apalagi kalau dibandingin sama sofa bed yang ini. Sebenernya, ini bukan sofa bed aja karena bisa jadi sofa L, sofa biasa dengan sandaran tangan yang lengkap sama cup holder, dan baru bisa jadi sofa bed. Wah, gimana, tuh? 3-in-1!

Di pengaturan sofa normal, kalian bakal berasa di bioskop karena di tengahnya ada sandaran tangan yang bisa dilipet. Lengkap sama wadah gelas buat minuman favorit kamu. Terus, bagian belakangnya bisa diturunin dan jadi sofa bed pada umumnya. Satu lagi, sofa ini juga ada ottoman-nya, jadi sofa ini bisa jadi sofa L juga. Jadi kalian bisa duduk sambil selonjoran dan sandaran tangannya masih bisa kebuka. Enggak nyangka, ya. 

6. Sofa dengan ruang penyimpanan tersembunyi di bawah dudukannya. Bisa buat simpen barang-barang rahasia, nih!

Photo by Dekoruma

Photo by Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Masih ada lagi sofa yang multifungsi. Sofa dua tempat duduk dengan ruang penyimpanan ini. Jadi, bagian dudukannya ini bisa diangkat dan di dalamnya kalian bisa nyimpen barang-barang, deh. Mulai dari bantal sofa dan sarung bantalnya, selimut, sampai mungkin karpet.

Jadi kalau mau ganti sarung bantal sofa, enggak usah jauh-jauh ambil dari dalam lemari pakaian, kan. Kamu bisa aja simpen barang apa aja. Dari mulai barang berharga sampe yang rahasia, tapi enggak direkomendasikan, ya! Pastinya, selain multifungsi sofa ini juga hemat ruang (space-saving) karena kalian enggak perlu nambah lemari atau kabinet buat nyimpen barang-barang itu tadi.  

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE