Coba Pelihara Salah Satu dari 7 Jenis Ikan Hias Cantik Ini, Dijamin Stresmu Hilang!

7 jenis ikan hias cantik yang bisa kamu pelihara untuk menghilangkan stres

Pernahkah anda merasakan perasaan yang tak menentu akibat aktivas yang anda lakukan seharian? Jika pernah, mungkin hal tersebut adalah gejala stres! Cobalah untuk memelihara hewan peliharaan yang dapat mengurangi kadar stres yang anda rasakan.

Salah satu hewan peliharaan yang dapat anda coba pelihara adalah ikan hias. Ikan hias memiliki ukuran dan jenis yang bermacam-macam. Selain itu, ikan hias juga termasuk dalam jenis hewan peliharaan yang mudah dalam perawatannya.

Apa saja jenis-jenis ikan hias tersebut? berikut ulasannya, selamat menyimak.

Advertisement

1. Ikan Badut

Ikan Badut

Ikan Badut via http://liveaquaria.com

Ikan badut atau ikan badut anemon adalah jenis ikan laut yang pada umumnya dapat ditemukan di terumbu karang, di lautan pasifik dan India dari barat laut Australia, Asia tenggara, Indonesia, Taiwan dan kepulauan Ryukyu Jepang.

Warna oranye pada tubuhnya yang dihiasi dengan corak garis putih membuat ikan ini terlihat cantik, dan menjadi salah satu pilihan ikan hias yang cukup banyak dipelihara.

Advertisement

2. Ikan Guppy

Ikan Guppy

Ikan Guppy via http://pinterest.com

Ikan guppy termasuk dalam jenis ikan air tawar yang berukuran mungil. Meskipun ukuran tubuhnya yang mungil, ikan guppy memiliki daya tarik tersendiri bagi para pecinta ikan hias.

Daya tarik tersebut ialah warna yang beraneka ragam dan bentuk ekor (dan sirip) yang terlihat sangat cantik ketika ikan guppy ini berenang.

3. Ikan Cupang

Advertisement
Ikan Cupang

Ikan Cupang via http://bukanarjuna.com

Ikan cupang atau yang sering disebut dengan ikan betta ini adalah jenis ikan yang berasal dari benua Asia. Habitatnya dapat dijumpai di rawa-rawa yang dangkal, di kolam atau perairan yang alirannya lambat.

Terkadang, masih terdapat orang yang tidak bisa membedakan antara ikan cupang dan guppy, karena memang secara ukuran fisiknya terlihat hampir sama.

Sedangkan yang membedakan adalah ukuran dari sirip dan ekor ikan cupang yang berukuran lebih besar dan lebar jika dibandingkan dengan ikan guppy.

Ikan cupang memiliki aneka ragam warna sebagaimana ikan guppy. Akan tetapi, ikan cupang memiliki warna yang cenderung lebih pekat dan merata diseluruh bagian tubuhnya.

Karena hal itulah, ikan cupang sering dijadikan alternatif pilihan ikan hias yang dipeliharan di dalam aquarium.

4. Ikan Koki Black Moor

Ikan Koki Black Moor

Ikan Koki Black Moor via http://azgardens.com

Ikan koki black moor adalah jenis ikan koki yang berbeda dengan jenis ikan koki lainnya.

Sebagaimana namanya, koki black moor memiliki warna tubuh yang hitam legam dan tidak seperti ikan koki lainnya yang memiliki warna tubuh kuning atau bahkan cenderung berwarna oranye/ merah.

Selain itu, ikan koki jenis ini memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik dan dapat bertahan hidup pada air dengan suhu rendah (dingin).

Kelebihan lain dari ikan koki jenis ini yakni dapat beradaptasi pada kolam luar ruangan, sehingga tak heran jika ikan koki black moor sering dijadikan pilihan oleh para pecinta ikan hias di luaran sana, khususnya bagi para pemula.

5. Ikan Arwana Merah Super

Ikan Arwana Merah Super

Ikan Arwana Merah Super via http://planetexoticpets.com

Ikan arwana merah super adalah spesies arwana asli yang berasal dari sungai Kapuas, Kalimantan.

Populasi ikan ini dapat ditemukan di sepanjang sungai Kapuas. Arwana jenis ini memiliki perbedaan yang sangat mencolok pada warnanya.

Sebagaimana namanya, ikan arwana jenis ini memiliki warna merah yang sangat pekat dan cantik.

Karena warnanya yang memiliki daya tarik sendiri membuat harga jual dari ikan ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan harga jual ikan arwana jenis lainnya.

Meskipun begitu, banyak diantara para pecinta ikan hias, khususnya pecinta ikan arwana yang rela merogoh kocek demi memiliki ikan arwana yang sangat cantik ini.

6. Ikan Louhan

Ikan Louhan

Ikan Louhan via http://androidappsapk.co

Ikan louhan adalah jenis ikan hias yang terkenal karena tubuhnya yang berwarna cerah dan bentuk kepalanya yang khas.

Akan tetapi, warna dan bentuk kepala yang khas tersebut akan terlihat manakala ikan louhan telah mencapai usia dewasa. Karena ketika masih dalam usia anakan, ikan louhan akan terlihat seperti anakan ikan mujair atau gurame.

Maka tak heran, jika semakin dewasa ikan louhan harga yang ditawarkannya pun akan semakin tinggi, hal tersebut bergantung pula pada warna dan bentuk kepalanya yang semakin “benjol”.

7. Ikan Discus

Ikan Discus

Ikan Discus via http://pinterest.com

Ikan discus adalah jenis ikan hias yang memiliki warna tubuh beragam dan cerah. Badannya yang unik berbentuk piringan cakram, sehingga ikan ini juga sering disebut sebagai ikan cakram.

Ikan discus banyak dijumpai di lembah sungai Amazon di Amerika selatan.

Begitu banyak variasi warna dari ikan discus ini, seperti hijau, biru, merah, ungu, merah muda, dan coklat. Karena itulah, ikan ini menjadi salah satu ikan yang banyak digemari oleh para pecinta ikan hias.

Biasanya ikan ini dapat tumbuh mencapai panjang 15 sentimeter. Akan tetapi ikan discus yang dirawat di dalam penangkaran dapat tumbuh lebih besar.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE