7 Inspirasi Desain Ruang Bawah Tangga. Meski Kelihatan Sempit tapi Tetep Jadi Spot Favorit!

inspirasi ruang bawah tangga

Punya ruang kosong lebih di bawah tangga? Sayang ‘kan jika dibiarkan kosong dan berdebu? Kamu juga bisa lho, menyulap ruang sempit di bawah tangga menjadi ruang yang lebih fungsional dan enak dilihat. Apalagi, jika rumah kamu tergolong memiliki luas yang terbatas, memanfaatkan ruang kosong di bawah tangga bakal berguna banget. Ingin mencari inspirasi menarik untuk mengubah ruang bawah tangga menjadi ruang favorit ekstra di dalam rumah? Simak ide kreatif berikut ini.

Advertisement

1. Indoor garden

Taman minimalis di bawah tangga karya Vão Arquitetura

Taman minimalis di bawah tangga karya Vão Arquitetura via https://www.dezeen.com

Banyak sekali manfaat yang pasti kamu dapatkan apabila meletakkan tanaman di dalam rumah. Agar suasana rumah lebih segar dan sejuk, buat indoor garden modis di bawah tangga. Kamu cukup meletakkan serta menyusun beberapa tanaman hijau favorit. Kesan alami dan natural pun akan sangat kental di rumah kamu. Namun, pastikan area indoor garden ini mendapat cukup paparan cahaya matahari, ya.

2. Kandang hewan peliharaan kesayangan

Kandang anjing memanfaatkan ruang ekstra di bawah tangga, jepretan Eric Roth Photography

Kandang anjing memanfaatkan ruang ekstra di bawah tangga, jepretan Eric Roth Photography via https://www.hunker.com

Punya hewan peliharaan kesayangan? Hewan peliharaan kamu tentu memerlukan tempat yang nyaman dan aman untuk makan serta beristirahat. Tak perlu membeli kandang khusus, kamu tinggal merombak kolong di bawah tangga menjadi kandang yang hangat dan nyaman untuk mereka. Tambahkan alas tidur, tempat makan, serta nama hewan kesayangan kamu di area tangga. Untuk menambah kenyamanan, pertimbangkan untuk menambah pintu khusus buat akses keluar-masuk mereka. Praktis ‘kan?

Advertisement

3. Ruang kerja nyaman

Ruang kerja yang memanfaatkan ruang bawah tangga secara optimal

Ruang kerja yang memanfaatkan ruang bawah tangga secara optimal via https://www.houzz.co.uk

Sering bekerja dari rumah? Tak perlu ruang khusus untuk membuat ruang kerja. Kamu cukup memanfaatkan kelebihan ruang di bawah tangga sebagai ruang kerja yang nyaman dan minimalis. Tempelkan meja pada dinding di bawah tangga dan tambahkan kursi serta penerangan. Jangan lupa, lengkapi juga dengan rak dinding sederhana sebagai tempat penyimpanan. Ruang bawah tangga seketika menjadi sudut nyaman dan menyenangkan untuk bekerja.

4. Tempat duduk santai

Ruang duduk bawah tangga dengan sentuhan Skandinavia, karya The Stables

Ruang duduk bawah tangga dengan sentuhan Skandinavia, karya The Stables via https://www.hunker.com

Ruang di kolong bawah tangga kamu tidak terlalu besar? Sulap ruang kecil tersebut menjadi pojok santai yang nyaman. Cukup tambahkan sebuah kursi panjang yang dilengkapi dengan dudukan dan beberapa bantal kursi yang empuk. Walaupun sederhana, ruang di bawah tangga siap menjadi tempat bersantai yang kekinian.

5. Powder room

Powder room didesain seolah tersembunyi di bawah tangga, karya Alchemy Interiors

Powder room didesain seolah tersembunyi di bawah tangga, karya Alchemy Interiors via https://www.hunker.com

Powder room atau yang kerap juga disebut dengan toilet tamu, biasanya memiliki ukuran yang kecil dan berada dekat dengan ruang tamu. Nah, bagi kamu yang tidak memiliki ruang lebih di dalam rumah namun tetap ingin membuat powder room, langsung saja manfaatkan ruang di bawah tangga. Agar desainnya terlihat menyatu dengan seluruh ruangan, pilih desain pintu yang serasi dengan desain tangga rumah kamu. Dijamin para tamu yang datang pun akan terkesima melihatnya.

Advertisement

6. Ruang cuci

Ruang cuci bawah tangga muat untuk dua mesin laundry

Ruang cuci bawah tangga muat untuk dua mesin laundry via https://www.houzz.co.nz

Ruang cuci identik dengan ruangan di belakang rumah yang jarang terlihat. Namun siapa sangka, kamu bisa memiliki ruang mencuci pakaian yang menarik di bawah tangga. Cara kreatif ini pun efisien banget buat menyiasati keterbatasan ruang di dalam rumah mungil. Berikan penutup atau pintu yang membagi ruang di bawah tangga ke dalam beberapa bagian. Agar, peletakan mesin cuci dan peralatan lainnya tertata dengan teratur. Pintu juga berguna untuk menyembunyikan peralatan mencuci saat tidak digunakan, sehingga ruangan tetap terlihat rapi.

7. Kolam minimalis

Kolam bawah tangga yang menyejukkan ruangan

Kolam bawah tangga yang menyejukkan ruangan via https://insinyurbangunan.com

Ingin membuat kolam indoor? Area bawah tangga adalah tempat yang menarik untuk membuat kolam minimalis, baik itu kolam ikan atau bahkan kolam renang. Bila perlu, sisakan sedikit space untuk menempatkan beberapa tanaman. Agar tampilannya lebih menarik dan artistik, jangan lupa untuk menambahkan beberapa lampu di sekitar kolam. Bersihkan kolam secara berkala agar kolam indoor tetap terjaga keindahan dan kebersihannya.

Ide mana yang paling menarik untuk kamu? Merombak kelebihan ruang di bawah tangga berpotensi meningkatkan kenyamanan di rumahmu, lho. Sesuaikan inspirasi di atas dengan kebutuhan di rumahmu, ya. Atau kamu memiliki ide dekorasi ruang bawah tangga lain yang lebih menarik?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Bangun Proyek dengan Aman, Nyaman, dan Transparan *Semua foto yang berasal dari Arsitag.com adalah kekayaan intelektual milik masing-masing profesional yang mengunggah karyanya ke Arsitag.com.

Editor

une femme libre

CLOSE