Di media sosial terutama Instagram banyak sekali online shop yang menjual berbagai macam kado wisuda. Mereka menjual dengan berbagai hiasan dan bentuknya unik serta menawan sehingga sangat instagramable. Namun, biasanya harga yang ditawarkan online shop tidak cukup ramah di kantong, jadi mau nggak mau kita yang ber-low budget harus mencari cara lain agar tetap bisa memberikan kenang-kenangan bagi teman kita yang sedang merayakan kebahagiaannya.

Nah, untuk mengatasi hal itu kamu bisa simak beberapa ide kado wisuda untuk temanmu yang bisa kamu buat sendiri, nih. Bikin sendiri kan biar lebih eksklusif! Hihihi.

1. Buket Hijab

buket hijab

buket hijab via http://instagram.com

Bagi kalian yang pengen membuat buket hijab sendiri, kalian bisa lihat tutorialnya di Youtube atau membaca dari website yang memberikan konten-konten do it yourself seperti Hipwee. Kamu bisa langsung mencari dan mencoba mempraktikkannya. Bikinnya nggak susah kok, gaes. Cuma bermodalkan kertas floris/kertas kado/kertas karton yang tipis/kertas tisu, kerudung (bisa segi empat atau pashmina), karet gelang, tangkai, hiasan bunga (opsional), double tape, pita atau tali goni, dan gunting kamu sudah bisa membuat buket bunga cantik untuk temanmu yang wisuda.

Advertisement


Mula-mula buat hijabmu menjadi kelopak bunga dengan menggunakan karet gelang. Kemudian rangkai bunga-bunga tersebut menjadi satu seperti sekumpulan bunga. Berikan tangkai dan bungkus dengan menggunakan kertas yang telah disiapkan. Kamu bisa mempercantiknya dengan tali pita. Jika mau tampilan vintage, gunakan kertas pembungkus berwarna cokelat muda dengan tali goni.


Jangan lupa kartu ucapannya, ya! Selamat mencoba.

2. Buket Bunga

buket bunga biru

buket bunga biru via http://instagram.com

Selain buket hijab, usaha lain yang menjamur adalah buket bunga. Sekarang buket bunga dibuat lebih menawan agar semakit terlihat instagramable. Tutorial pembuatannya pun sudah banyak di Youtube dan website-website di internet sehingga kalian bisa langsung mencoba membuatnya. Apalagi jika kamu sudah mempunyai florist langganan. Kan harga bunganya bisa jadi lebih miring. Kamu bisa mempercantiknya dengan menambahkan item seperti boneka kecil. Biar temanmu semakin semangat, jangan lupa sematkan tulisan harapanmu untuknya, ya!

3. Buket Snack

Waktunya nyemil xD

Waktunya nyemil xD via http://instagram.com

Advertisement

Selain itu, kalian bisa membuat buket lain yang tidak kalah uniknya, yaitu buket snack. Buket snack berisi macam-macam jajanan yang telah ditata sedemikian rupa agar rapi dan instagramable. Snack yang digunakan juga terserah si pembuatnya sehingga bisa menyesuaikan isi kantong. Cara bikinnya simple, kok.


Snack-snack yang udah kamu beli ditempelkan ke tusuk sate lalu ditata sedemikian rupa membentuk buket lalu bungkus menggunakan kertas tisu dan dihias menggunakan pita warna-warni atau tali goni yang memberikan kesan vintage.


Temenmu yang suka ngemil pasti akan langsung cengar-cengir saat menerima hadiah darimu. Jangan lupa tuliskan harapan baikmu untuk dia, ya! ;)

4. Buket Kosmetik

Stok untuk touch up

Stok untuk touch up via http://google.com

Kalau merasa ketiga buket di atas sudah mainstream, kamu bisa kok mengganti isi buketnya dengan hal yang lain. Kosmetik misalnya. Bisa kosmetik cewek ataupun cowok. Cuma kalau buket ini sih lebih perlu modal karena kita tahu sendiri harga kosmetik sedikit lebih tinggi daripada hijab, bunga, dan snack. Tapi kan jadi kelihatan elegannya. Selain itu, hadiah ini bisa jadi motivasi temanmu supaya penampilannya semakin terjaga. Kan mau lanjut cari kerja. Ya, kan?

5. Scrapframe atau Scrapbook

Pajangan baru

Pajangan baru via http://instagram.com

Kamu bisa membuatnya dengan bermodal foto-fotomu dengan temanmu dan beberapa kertas lucu seperti kertas karton atau manila dan kertas lipat. Kamu bisa menempelkan foto-fotomu dan temanmu lalu menghiasnya dengan potongan kertas kecil atau hiasan unik lainnya yang telah kamu siapkan. Kamu juga bisa menggunakan kreativitasmu untuk menghias fotomu dengan gambar-gambar lucu. Jangan lupa tuliskan harapan-harapanmu untuk temanmu di dalamnya. Dia pasti akan semakin terharu. Nggak akan ada yang menyamainya. Jadi lebih istimewa, kan?

6. Graduation Cake

Duh enak, gak tega mau makan :D

Duh enak, gak tega mau makan 😀 via https://www.abccakeshop.com

Buat kamu yang suka bikin kue dan nggak mau memberikan kado wisuda yang mainstream, kamu bisa gunakan keahlianmu untuk membuatkan kue wisuda untuk teman tercintamu. Mungkin prosesnya lebih lama ketimbang membuat hadiah yang lainnya, tapi hasilnya kan lebih asik. Pasti temenmu kesengsem dengan kue buatanmu dan feel loved by you. Persahabatan kalian bisa makin erat!

7. Gambar Karikatur

Lucu, kan?

Lucu, kan? via http://instagram.com

Kalo kamu berjiwa seni tinggi dan suka bikin gambar-gambar lucu, kamu bisa menghadiahi temanmu dengan gambar karikaturnya. Kamu bisa menggunakan kertas gambar dan peralatan menggambarmu untuk membuatnya atau kamu bisa memanfaatkan kemampuanmu dengan menggunakan CorelDraw. Bahan tambahan lain adalah bingkai untuk mempercantik gambar karikaturmu. Dijamin deh kado darimu langsung terpajang di rumah temanmu. Selamat mencoba :)

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya