Karena setiap tempat memiliki kenangan tersendiri. Ini ceritaku tentang 7 kota di Pulau Jawa yang selalu jadi tujuan kembali.

1. Bandung

Kota kembang

Kota kembang via https://www.google.com

Kalau kata orang Bandung adalah kota yang romantis dan dinamis maka saya mengamini kalimat itu. Entah mengapa kembali ke Bandung selalu jadi tujuan utama. Bisa untuk berlibur bersama keluarga, berkumpul bersama teman, atau sekedar ingin menyapa setiap jengkal kenangan yang ada di Bandung.

Advertisement

Selain menyimpan banyak kenangan dan harapan, Bandung juga menjadi saksi bisu bagaimana perjalanan cinta Dilan dan Milea. Meskipun kini Bandung terdampak macet dan banjir, namun kembali ke sana selalu menyenangkan. Seperti mengunjungi beberapa tempat rekreasi favorit seperti farm house, tangkuban parahu, floating market, kawah putih ciwidey, curug cimahi, dan berbagai wisata lain.

2. Cirebon

Surganya makanan enak

Surganya makanan enak via https://www.google.com

Beranjak ke daerah perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah, ada kota Cirebon yang selalu jadi tujuan kedua. Entah apa yang membuat kota ini selalu menarik untuk disinggahi, apakah karena ada kenangan yang tertinggal ataukah kota ini memang layak dikunjungi karena kulinernya yang selalu mencandui.

Beberapa kuliner terkenal di Cirebon seperti empal gentong, nasi jamblang, nasi lengko, bakmi otokowok, mie koclok, dan berbagai kuliner menggiurkan lainnya selalu sayang untuk dilewatkan begitu saja.

3. Yogyakarta

Jogja terbuat dari rindu, pulang, dan kamu

Jogja terbuat dari rindu, pulang, dan kamu via https://www.google.com

Advertisement

Menjadi kota dengan keistimewaan tersendiri memang menjadi predikat utama bagi kota Yogyakarta. Bagaimana budaya, adat, dan modernisasi seakan menyatu dalam balutan yang pas dan kental. Ya, begitulah pandangan saya tentang kota ini.

Selain terkenal dengan surga wisata dan kuliner, kota ini juga selalu berhasil menghiptonis orang-orang agar kembali menginjakkan kaki di bumi kasultanan ini. Mulai dari berbagai sekolah dan kampus favorit, mall dan hotel mewah hingga kesederhanaan masyarakatnya selalu membawa aroma tersendiri. Meskipun kini Jogja semakin ramai penduduk, tapi hati akan tetap tertaut untuk kembali ke kota ini.

4. Jakarta

Kota metropolitan

Kota metropolitan via https://www.google.com

Tidak bisa dipungkiri, kota dengan seribu kemudahan dan kemajuan seperti Jakarta akan selalu jadi kota yang ditunggu. Hilir mudik masyarakat perkotaan untuk berbondong-bondong mengadu nasip dan memperdalam ilmu atau sekedar mencari pengalaman.

Kota metropolitan ini layak dijadikan kota impian. Bagaimana kota ini mampu menelurkan karya-karya fenomenal melalui seniman-senimannya atau melalui orang-orang yang berada di balik layar. Meskipun pada kenyataannya tidak semua penduduknya hidup dalam standar kehidupan layak. Namun barangkali mimpi untuk bekerja dan mengadu nasip di Jakarta akan selalu jadi motivasi tersendiri.

5. Banyuwangi

Serasa berenang di Maldives

Serasa berenang di Maldives via https://www.google.com

Apa yang membuat kota ini menjadi salah satu kota yang mencandui? Mungkin salah satu jawabannya ada pada lokasinya yang berada di ujung timur pulau Jawa. Banyuwangi yang terkenal dengan mitos yang dipercaya masyarakatnya mampu menghadirkan kenyamanan tersendiri.

Seakan berada di kota ini mampu memberi keteduhan dan kepercayaan pada diri. Banyuwangi juga terkenal dengan wisatanya seperti Taman Nasional Baluran, Kawah Ijen, Pantai G-Land, Teluk Hijau, dan wisata lainnya.

6. Malang

Malang~ Sayang ~

Malang~ Sayang ~ via https://www.google.com

Jika ada nyayian “Kota Malang tak akan kulupa….” barangkali seperti itulah ketika mendengar nama kota ini. Malang, selain populer karena wisata Batu juga terkenal karena memiliki kenangan tersendiri. Kota ini selalu menghadirkan kerinduan dan kehangatan, kenangan bersama mantan atau orang yang kita sayang.

Bagaimana setiap sudutnya mampu memenuhi setiap ingatan untuk berkunjung kembali. Kini Malang jauh lebih ramai dari sebelumnya, hal ini karena serbuan wisatawan. Namun kembali ke kota ini adalah sebuah keharusan.

7. Surabaya

Kota pahlawan

Kota pahlawan via https://www.google.com

Ini bukan hanya tentang kharisma Bu Risma sebagai walikotanya saja. Namun Surabaya memiliki andil besar kenapa kota ini layak sebagai kota pelepas rindu. Rindu akan tata kotanya yang menawan dan berhasil mempertahankan gelar kota terpopuler secara online dalam ajang The Guangzhou International Award 2018.

Kota pahlawan dengan ribuan kisah dan perjuangan. Kota yang akan menjadi tujuan berikutnya karena tanah leluhur yang akan selalu terkenang.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya