Chris Widener pernah menulis sebuah artikel mengenai seven steps of achievement, artikel tersebut sangat menarik dan memberikan kita gambaran praktis akan langkah-langkah suatu pencapaian. tujuh langkah pencapaian yang diajarkan tersebut saya coba kembangkan, berikut ini:

1. Dream it (Mimpikanlah)

Jangan takut untuk bermimpi via http://www.ilovetravelling.org

Segala pencapaian dimulai dari dalam hati dan pikiran seseorang, Inilah yang menjadi langkah awal untuk kamu dapat meraih sesuatu yang berharga dalam hidup ini. Kamu harus berani bermimpi dan meyakini bahwa apa yang menjadi impian anda itu adalah sesuatu yang mungkin untuk dicapai. Sewaktu kita kecil bermimpi mungkin menjadi hal yang biasa kita lakukan, bahkan beberapa orang punya impian yang sangat besar pada masa kecilnya. Namun saat bertumbuh dewasa sering kali seseorang mulai menjadi takut untuk bermimpi, ini biasanya disebabkan ia lebih melihat keterbatasan yang ada pada dirinya, telah mengalami banyak kegagalan dan sering mendengarkan perkataan negatif orang lain. Bagaimanapun, saat ini mulai izinkan diri anda untuk bermimpi lagi untuk melihat jauh ke depan di mana kamu sedang meraih apa yang benar-benar kamu inginkan dalam hidup ini.

2. Believe it (Yakinlah)

Yakinlah! via http://www.mantav.tk

Kamu sendiri perlu percaya dan meyakini penuh bahwa apa yang hendak anda capai itu mungkin untuk diraih. Hal ini berarti bukan cuma sekedar impian yang besar tapi impian kamu juga harus realistisdan bisa diwujudkan. Sebagai contoh, seseorang yang tidak memiliki pendidikan tinggi dapat bermimpi bahwa suatu saat dia dapat memiliki perusahaan sendiri dengan ratusan karyawan, ini impian yang besar dan sangat mungkin untuk diwujudkan. Lain halnya kalau seoarang nenek usia 90 tahun dengan keadaan tulang keropos suatu saat ingin ikut lomba lari maraton dan menjadi juara 1, ini kelihatannya mustahil dan sangat tidak realistis.

3. See it (Lihatlah)

Advertisement

Lihatlah sekeliling kamu! via http://www.film4.com

Orang-orang yang berhasil punya kebiasaan melihat diri mereka seolah-olah sudah meraih apa yang menjadi impian mereka. Mereka punya gambaran mental yang jelas akan pencapaian mereka, bahkan melampaui diri dan keadaan masa kini. Biasakan sesering mungkin melihat diri kamu sudah mencapai target penjualan, memiliki keuangan yang diharapkan, mendapatkan promosi, mempunyai gaya hidup yang diinginkan, atau telah meraih hal-hal yang menjadi sasaran kamu.

4. Tell it! (Beri tahukanlah)

Mulai beri tahu apa yang hendak kamu raih pada orang-orang yang kamu ketahui dapat dipercaya dan mendukung kamu. Sering kali hal ini dapat menjadi sarana pembuka jalan dan umpan balik yang positif bagi kamu. Dengan mengatakan kepada orang lain apa yang ingin kamu capai, akan menjadi dorongan motivasi bagi kamu untuk benar-benar membuktikan perkataan kamu.

5. Plan it! (Rencanakanlah)

Atur strategi kamu via http://raconteur.net

Setiap pencapaian harus disertai dengan strategi yang mendukung untuk mewujudkannya. Anda perlu membuat perencanaan detail mengenai apa yang perlu kamu lakukan. Mulai bagilah suatu perencanaan yang besar menjadi beberapa bagian tugas-tugas kecil.

6. Work it! (Kerjakanlah)

Mulai kerjakanlah via http://genhq.com

Kerjakan apa yang sudah kamu rencanakan, ini merupakan bagian yang sangat penting dalam proses pencapaian. sesuatu tidak akan terjadi apabila seseorang cuma tinggal diam dan tidak melakukan apa yang seharusnya dikerjakan. Ini juga termasuk bagaimana kamu tetap konsisten dalam pengerjaan tugas-tugas rutin yang telah direncanakan, meskipun sering kali kamu merasa sedang tidak ingin mengerjakannya.

7. Enjoy it! (Nikmatilah)

Jangan lupa untuk berbagi via https://www.youtube.com

Ketika kamu sudah meraih suatu pencapaian yang menjadi impian kamu, maka pastikan untuk dirayakan dan dinikmati. Jangan lupa untuk berbagi dengan orang lain. Pakai setiap pencapaian kamu untuk membuat orang lain menjadi lebih baik. Setelah itu bersiaplah untuk pencapaian yang lebih besar lagi yang sudah menanti untuk diraih.

Bukankah hidup kita juga harus memiliki sebuah gambar yang jelas untuk mengarahkan kita pada tujuan yang ingin dicapai. Jadi mulailah tetapkan tujuan kecil terlebih dulu yang mungkin diraih dan terus berfokuslah pada tujuan tersebut sampai tujuan itu tercapai. Beberapa pencapaian kecil pasti akan membawa pada pencapaian yang lebih besar.