7 Jenis Makanan Sehat yang Cocok Dikonsumsi Saat Masa Pandemi Covid-19!

Makanan sehat di masa pandemic Covid-19

Di tengah kasus pandemic Covid-19 yang terus-menerus meningkat, berbagai macam tindakan yang dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19 sangat kita perlukan seperti mencuci tangan, menjaga jarak sosial, berolahraga serta memakai masker telah dilakukan untuk menurunkan resiko penularan Covid-19. Namun mencegah penularan ini kita juga harus tetap menjaga sistem kekebalan tubuh kita, dengan tubuh yang kuat kita juga perlu mempunyai pola makan yang sehat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh kita.

Pola makanan sehat itu sendiri dikategorikan sebagai makan-makanan yang seimbang dan kaya akan zat gizi yang berguna bagi sistem kekebalan tubuh kita. Pola makanan sehat itu mengandung berbagai macam unsur gizi, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral serta serat dan air secukupnya sesuai kebutuhan tubuh.

Berikut adalah tujuh makanan sehat yang baik dikonsumsi pada masa pandemic Covid-19 untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

Advertisement

1. Jahe

Lawrence Aritao

Lawrence Aritao via https://unsplash.com

Jahe merupakan tumbuhan herbal yang mempunyai banyak kegunaan dan salah satunya digunakan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya meningkatkan sistem kekebalan tubuh, jahe juga mempunyai kegunaan lain yang berfungsi membantu mengurangi sakit tenggorokan, penyakit radang, penurun kolestrol, dan meredakan sakit otot. Jahe juga bersifat anti-inflamasi dan anti-oksidatif yang bisa mengendalikan proses penuaan pada tubuh kita.

2. Yogurt

Evan Reimer

Evan Reimer via https://unsplash.com

Yogurt merupakan sumber probiotik yang berguna untuk mejaga kulit kita dari radikal bebas. Probiotik itu sendiri merupakan bakteri baik yang dapat berguna untuk membantu mengoptimalkan sistem kerja pencernaan.

Advertisement

Yogurt juga mempunyai kegunaan lain, tidak hanya untuk mejaga kesehatan tubuh tetapi yogurt juga berguna untuk mencegah obesitas, menjaga kesehatan jantung, dan baik untuk kecantikan.

3. Bayam

FOODISM360

FOODISM360 via https://unsplash.com

Bayam merupakan sayuran yang kaya akan vitamin C dan antioksidan yang berguna untuk melawan infeksi dari sistem kekebalan tubuh. Bayam memiliki banyak kegunaan yang baik untuk tubuh kita, tidak hanya menjaga kekebalan tubuh tetapi bayam juga bermanfaat untuk kesehatan tulang, mencegah amnesia, kesehatan kulit, dan rambut. Dalam mengolah bayam ini sendiri paling sehat dimasak sebentar saja untuk mempertahankan nutrisi yang ada di bayam.

4. Bawang Putih

Ömer Haktan Bulut

Ömer Haktan Bulut via https://unsplash.com

Bawang putih merupakan tumbuhan herbal yang mempunyai banyak kegunaan yang salah satunya dapat membantu meningkatkan sistem imun pada tubuh. Bawang putih juga memiliki kegunaan yang lain yang berguna bagi kesehatan kita, seperi menjaga kesehatan jantung, menurunkan kolestrol, mencegah flu dan memberikan efek detoksifikasi yang dapat melindungi kita dari bakteri-bakteri jahat. Dengan mengonsumsi bawang putih dalam kondisi mentah dapat memberikan manfaat terbaik bagi kesehatan.

Advertisement

5. Kunyit

FOODISM360

FOODISM360 via https://unsplash.com

Kunyit merupakan tumbuhan herbal yang sudah digunakan selama bertahun-tahun dan berguna sebagai anti-inflamasi dalam mengobati berbagai penyakit, seperti penawar racun, menangkal bakteri jahat, dan menstabilkan kadar gula darah. Kunyit juga memiliki kandungan kurkumin yang berguna sebagai pembasmi sel tumor ganas yang menyebabkan kanker, serta menghambat pertumbuhan dan penyebaran kanker.

6. Pepaya

Charles Deluvio

Charles Deluvio via https://unsplash.com

Pepaya adalah buah-buahan yang kaya akan kandungan vitamin C. Pepaya juga mempunyai enzim yang baik untuk percernaan dan pepaya juga memiliki kegunaan lain yang baik untuk tubuh kita, seperti mencegah asma, mengurangi resiko kanker dan meningkatkan kesehatan kanker. Pepaya memiliki jumlah kalium, folat, dan magnesium yang baik bagi kesehatan.

7. Strawberry

Justus Menke

Justus Menke via https://unsplash.com

Strawberry merupakan buah-buahan yang mempunyai berbagai macam nutrisi, strawberry juga mengandung vitamin C, folat, kalsium, dan antioksidan yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Strawberry juga memiliki kegunaan lain yang berguna, untuk menjaga kesehatan jantung, mengurangi risiko terjadinya katarak, dan mencegah penuaan dini pada kulit.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Nama lengkap saya Christofel Antonio TW, saya sering dipanggil dengan nama Anton. Saya merupakan anak ke-2 dari 3 bersaudara, yang sekarang sedang menjalani masa perkuliahan di Universitas Bina Nusantara Kemanggisan/Jakarta. Saya lahir di Flores/NTT pada 1-Mei-2000. Hobby saya selama ini yaitu Travelling, menggambar, bermain sepak bola, dan terkadang saya suka menulis dan membaca.

CLOSE