Berbicara buah delima pasti banyak yang tahu, dan mungkin anda salah satunya yang mengetahuinya. Ya, buah yang cukup populer ini pasti banyak yang tahu dong. Buah berwarna merah dengan rasanya yang manis memang banyak digemari masyarakat luas. Buah delima mempunyai nama latin yaitu punica granatum dan memiliki beberapa jenis dan warna yang lainnya selain merah, yaitu warna putih dan ungu. Dan tahukah anda bahwa ada banyak manfaat buah delima bagi kesehatan anda lho ? Mau tahu selengkapnya mengenai khasiat buah delima ? Yuk disimak khasiat dan manfaat buah delima.

1. Bermanfaat bagi Jantung

Kesehatan Jantung

Kesehatan Jantung via https://hollashop.com

Buah Delima merah memiliki manfaat yang cukup besar untuk kesehatan anda, yang salah satunya untuk kesehatan organ jantung, karena kandungan Punicalagin pada buah delima merah dapat menjaga dinding arteri anda supaya tetap fleksibel dan dapat mengurangi peradangan pada lapisan pembuluh darah.

Hal ini diketahui mampu mengurangi aterosklerosis, salah satu penyebab utama penyakit jantung. Buah delima merah juga dapat menurunkan risiko penyumbatan di arteri yang bisa mengakibatkan terhambatnya aliran darah menuju jantung dan juga otak. Dengan kata lain, buah delima merah juga memiliki sebuah efek anti-aterogenik pada jantung. Selain itu, delima merah juga mampu menurunkan jumlah kolesterol jahat atau LDL serta meningkatkan kolesterol baik atau HDL.

2. Menjaga Kadar Gula Darah

Kadar Gula Darah

Kadar Gula Darah via https://hollashop.com

Advertisement

Buah delima merah memiliki kandungan fruktosa didalamnya, namun hal tersebut tidak berdampak pada peningkatan kadar gula darah seperti halnya buah yang lainnya. Riset lain juga membuktikan bahwa tak ada peningkatan yang signifikan pada tingkat gula darah para penderita diabetes yang mengkonsumsi jus buah delima merah per harinya selama kurang lebih dua minggu.

3. Menjaga Tekanan Darah

Tekanan Darah Tinggi

Tekanan Darah Tinggi via https://hollashop.com

Buah delima merah dikenal dengan khasiatnya dalam mengurangi tekanan darah tinggi dalam darah, buah delima juga mampu mengurangi peradangan pada pembuluh darah bagi penderita penyakit jantung. Serta mampu menjaga darah dari koagulasi dan pembentukan gumpalan darah.

4. Perlindungan dari Kanker

Khasiat dari buah delima yang lainnya adalah dapat menghilangkan radikal bebas di tubuh dan dapat menghambat pertumbuhan sel-sel kanker dan penyakit lainnya. Buah delima merah memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi untuk merangsang sel-sel darah putih untuk menetralkan racun di tubuh sehingga dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh. Rutin mengkonsumsi buah delima merah per harinya juga dapat memperlambat tumbuhnya sel kanker pada kanker prostat.

5. Mengatasi Masalah Pencernaan

Masalah Pencernaan

Masalah Pencernaan via https://hollashop.com

Advertisement

Buah delima merah juga bermanfaat dalam mengobati disentri dan diare karena memiliki peran penting di dalam sekresi enzim yang sangat membantu dalam pencernaan. Campuran sesendok teh madu di dalam satu gelas jus buah delima mampu menyembuhkan masalah pencernaan.

6. Mencegah Anemia

Kandungan zat besi di dalam buah delima merah juga dapat membantu dalam mengatasi defisit sel darah merah dalam tubuh, sehingga mampu mencegah terjadinya anemia.

7. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan Dini

Penuaan Dini via https://hollashop.com

Buah delima merah juga dapat melambatkan proses penuaan dini pada kulit lho, dengan dibuat menjadi jus sangat bermanfaat dalam mengurangi keriput serta garis halus pada wajah yang diakibatkan paparan sinari UV. Buah delima merah juga berkhasiat dalam mempertahankan regenerasi sel-sel kulit dan terjadinya bintik-bintik gelap.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya