Tidur merupakan kebutuhan manusia yang sangat vital. Seperti halnya makanan, porsi tidur yang cukup dapat membuat tubuh kita kembali segar dan dapat melakukan kativitas dengab baik. Namun demikian, tak jarang orang yang mengalami gangguan tidur seperti insomnia. Insomnia adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan untuk tidur.

Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun. Insomnia sering disebabkan oleh adanya suatu penyakit atau akibat adanya permasalahan psikologis. Jika kamu termasuk salah satu penderita insomia, kamu dapat mencoba mengatasinya dengan meletakkan beberapa tumbuhan ini di area kamar agar insomnia segera sembuh dan tidurmu menjadi lebih berkualitas.

1. Lidah Buaya

Tanaman sejuta manfaat via http://www.avso.org

Tanaman yang satu ini memang sudah terkenal manfaatnya bagi kesehatan, salah satunya sebagai pereda insomnia dan sleep apnea. Lidah buaya yang memiliki nama lain Aloe vera memproduksi oksigen yang relatif banyak di malam hari sehingga udara yang ada di kamarmu menjadi lebih bersih.

Udara yang bersih dan penuh dengan oksigen akan membuat tidurmu menjadi lebih nyenyak. Lidah buaya dapat ditanam dan tumbuh dengan mudah di Indonesia, perawatannya pun cukup mudah sehingga menjadikannya [raktis untuk diletakkan di dalam kamarmu.

2. English Ivy

Daun hias merambat via http://thehumblegardener.com

Advertisement

English Ivy yang memiliki nama latin Hedera heli merupakan tanaman daun hias ini tumbuh merambat dan biasanya digunakan sebagai penutup tembok. Namun siapa sangka selain sebagai pemanis rumah, English Ivy dapat menyelamatkanmu dari gangguan tidur.

Seperti halnya lidah buaya, tanaman ini mengeluarkan oksigen pada malam hari sehingga udara di sekitarnya menjadi lebih bersih dan sejuk. Meskipun berasal dari Eropa, tumbuhan ini dapat hidup dengan mudah di iklim tropis 30-35 derajat celcius dan tidak memerlukan banyak perawatan untuk memeliharanya.

3. Lidah Mertua

Lidah Mertua kamu sepanjang ini juga nggak? via http://youtube.com

Sansevieria atau yang lebih dikenal dengan Lidah Mertua merupakan tanaman hias yang daunnya meruncing seperti ditancapkan ke dalam tanah. Tanama hias yang seringkali ditemukan di pekarangan rumah atau di taman kota ini tidak hanya melepaskan oksigen di siang hari tetapi juga pada saat malam hari sehingga udara yang kamu hirup saat tidur menjadi lebih bersih. Menurut penelitian, udara yang penuh dengan oksigen membuat tubuh menjadi lebih rileks dan meredakan gangguan pernapasan saat tidur.

4. Lavender

Selain cantik dan wangi ternyata bekhasiat pula untuk tidurmu via http://blog.bloom.uk.com

Selain bentuknya yang cantik, ternyata tanaman bunga ungu ini juga memiliki aroma wangi yang dapat membuat tubuh lebih rileks. Selain itu wangi Lavender juga dipercaya dapat meredakan stress dan anxiety sehingga dapat menciptakan atmosfer nyaman yang diperlukan tubuh saat beristirahat. Namun demikian tak semua tempat cocok untuk menanam tumbuhan ini. Tanaman bungan dari Perancis ini hanya dapat hidup di ketinggian 600-1300 mdpl.

5. Melati

Melati harum dan mewangi via https://i.pinimg.com

Salah satu gangguan tidur dapat disebabkan oleh stress sehingga kamu tidak bisa tidur dengan lelap. Namun ternyata semerbak harum dari bunga melati berkhasiat meredakan stres sehingga baik untuk relaksasi tubuh. Letakkan tanaman tropis ini di dalam pot sehingga kamu dapat menjadikannya hiasan untuk kamarmu. Jangan lupa beri pupuk secara teratur agar lebih cepat berbunga.

6. Peace Lily

Lili perdamaian yang bikin kamu berdamai dengan jam tidur via https://usercontent2.hubstatic.com

Peace lily yang memiliki nama lain Spathiphyllum tidak hanya cantik bunganya tetapi juga memiliki manfaat yang baik bagi lingkungan. Studi membuktikan bahwa peace lily dapat melakukan filtrasi udara terhadap polutan seperti benzena, trichloroetilen, dan formaldehida.

Selain itu, kemampuannya dalam menjaga kelembaban udara sangat menunjang lingkungan yang sehat untuk tidur yang nyenyak. Tanaman ini cocok ditanam di tempat teduh dan tahan 14 hari tanpa sinar matahari yang membuatnya bisa diletakkan di sudut kamarmu.

7. Gardenia

Nama lainnya adalah kacapiring, tapi nggak tajam kok via https://i.ytimg.com

Satu lagi tumbuhan berbunga yang tak hanya sedap dipandang tetapi juga dapat meredakan gangguan tidurmu, Gardenia atau yang biasa dikenal sebagai bunga kacapiring. Bentuk dan aromanya menyerupai melati dengan mahkota bunga yang lebih besar. Bunganya mengandung zat Valium dan polifenol yang berfungsi sebagai penenang agar tidurmu lebih berkualitas. Agar tumbuh dengan baik, letakkan tanaman ini di tempat yang terhindar sinar matahari langsung.

Tuh kalau udah mulai innsomnia lagi, coba deh taruh tanaman-tanaman di atas dekat tempat tidurmu. Dijamin tidurmu akan jauh lebih berkualitas. Selamat mencoba!