Pastinya setiap orang menginginkan tubuh yang sehat, bahkan mereka rela menjaga makanan yang mereka makan, menjaga kebiasaan sehat dan bahkan mereka rela mengeluarkan banyak uang untuk tetap sehat. Mungkin ini adalah kebiasaan yang baik, namun kadang kala ada orang yang acuh terhadap kesehatannya sendiri. Mereka cenderung tidak memfilter makanan yang masuk ke tubuhnya. Asal suka mereka makan, mereka juga jarang oalahraga, jarang memeriksakan diri secara rutin ke dokter.

Alhasil ketika mereka sudah jatuh sakit dan mengeluarkan uang yang cukup banyak baru mereka akan sadar dan mengeluh. Jadi kalian termasuk tipe yang mana, guys???

Menjaga kesehatan tubuh sangatlah penting. Dengan tetap sehat, maka aktivitas yang kita lakukan bisa berjalan lancar dan sesuai dengan harapan kita. Dengan sehat pula, maka kita tidak harus mengeluarkan waktu dan biaya yang lebih untuk membeli obat dan pergi ke rumah sakit.

Di zaman modern seperti ini, banyak orang yang memiliki kesibukan luar biasa. Seharian bekerja kadang membuat kamu menjadi mudah lelah dan setres. Hampir sebagian waktu yang kamu punya tersita dengan setumpuk pekerjaan dan aktivitas yang tiada hentinya. Hal ini dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Kesibukan yang tinggi tentunya menuntut tubuh anda untuk selalu fit agar segala aktivitas yang kamu lakukan dapat berjalan maksimal. Karena kesehatan adalah investasi di masa depan, maka sangat penting bagi kamu untuk menerapkan pola hidup sehat di tengah kesibukanmu bekerja.

1. Tips Sehat Ke-1

Luangkan waktu untuk olahraga, karena olahraga adalah salah satu cara paling efektif untuk menerapkan pola hidup sehat. Anda bisa meluangkan waktu minimal 1-2 kali dalam seminggu untuk berolahraga. Jika anda belum terbiasa, cukup lakukan olahraga ringan secara rutin seperti senam atau lari pagi.

Advertisement

Anda juga bisa meluangkan waktu di sela-sela kesibukan sebagai alternatif untuk berolahraga, seperti melakukan peregangan ringan saat sedang duduk, menaiki tangga di tempat kerja atau memilih tempat makan siang yang bisa dituju dengan berjalan kaki.

2. Tips Sehat ke-2

Jangan melewatkan sarapan, karena sarapan di pagi hari memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Selain sebagai sumber energi, sarapan juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh anda agar tidak mudah lelah dan terserang penyakit. Menurut penelitian, sarapan juga dapat meningkatkan konsentrasi otak sehingga dapat membantu anda untuk menjadi lebih fit dalam mengawali hari.

3. Tips Sehat Ke-3

Hindari makanan yang tidak sehat, karena di zaman yang semuannya serba cepat ini membuat semua orang terbiasa dengan makanan-makanan cepat saji yang praktis. Kebiasaan ini tentu tidak baik bagi tubuh. Jika anda ingin menerapkan pola hidup sehat, anda harus memaksa diri untuk say no to junk food dan hindari makanan berlemak. Anda harus mulai membiasakan diri untuk mengkonsumsi makanan yang sehat.

4. Tips Sehat Ke-4

minumairputih

minumairputih via https://cdn.idntimes.com

Advertisement

Minum air putih 8 gelas sehari, aktivitas yang padat tentunya menyita banyak energi, dan jangan sampai Anda terkena dehidrasi atau penyakit serius hanya karena anda kurang minum. Jangan lupa untuk meminum 8 gelas sehari untuk memastikan kebutuhan cairan tubuh anda terpenuhi. Meminum air putih yang cukup sangat penting bagi tubuh karena dapat membantu kinerja otak dan membantu organ-organ tubuh berfungsi dengan baik.

5. Tips Sehat Ke-5

konsumsibuah

konsumsibuah via https://cdn.idntimes.com

Konsumsi buah-buahan, karena buah-buahan memiliki banyak manfaat dan khasiat yang bisa dikonsumsi setiap hari. Buah merupakan salah satu komponen dari 4 sehat 5 sempurna dalam siklus makanan. Mengonsumsi buah dapat anda lakukan di sela-sela kesibukan di kantor. Mengkonsumsi buah secara rutin dapat meningkatkan gizi dan menjadi suplemen tambahan bagi tubuh.

6. Tips Sehat Ke-6

Konsumsi vitamin atau suplemen tubuh, aktivitas yang padat seringkali membuat tubuh menjadi mudah lelah. Mengkonsumsi vitamin atau suplemen dapat menjadi salah satu cara yang bisa anda pilih untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fit. Sebelum mengkonsumsi sebuah vitamin atau suplemen, pastikan anda sudah tau takaran dan kegunaannya bagi tubuhmu.

7. Tips Sehat Ke-7

aturpolatidur

aturpolatidur via https://cdn.idntimes.com

Atur pola tdur, karena bagaimanapun anda adalah manusia yang membutuhkan waktu untuk istirahat. Setelah beraktivitas seharian, anda membutuhkan waktu tidur yang cukup agar kesehatan anda tetap terjaga. Biasakan dirimu untuk tidak begadang dan tidur terlalu larut malam.

Menjaga pola tidur yang baik selama 6-7jam dapat membantu tubuhmu menjadi fit dan fresh saat bangun keesokan harinya sehingga anda siap untuk beraktivitas kembali. Posisi tidur juga berpengaruh terhadap kesehatan, jadi kita harus sebisa mungkin tidur dengan posisi yang benar. Berikut macam-macam posisi tidur :

1. Posisi Tengkurap

Ini merupakan posisi tidur yang tidak disarankan, karena dapat menganggu sistem pernafasan. Posisi tersebut secara otomatis membuat hidung tertutup yang membuat susah bernafas. Dengan posisi tengkurap juga membuat sesak nafas karena dada beralih fungsi untuk menopang badan. Lalu dapat menyebabkan sakit jantung karena jantung menjadi terhimpit ketika dalam posisi tengkurap.

2. Posisi tidur terlentang

Ada yang suka tidur terlentang?? Tahukah kamu bahwa tidur terlentang membuat saluran pernafasan seseorang akan terhambat, sehingga tidak bisa menghirup oksigen dengan baik. Kebiasaan seperti ini dapat menyebabkan kematian, loh!

Posisi tidur terlentang juga dapat memicu terserang peradangan pada gusi. Mengapa demikian?? Karena lendir dalam hidung oranga yang tidur terlentang tidak dapat menyaring udara yang masuk dengan baik, padahal udara yang masuk melalui hidung harus difilter terlebih dahulu oleh lendir hidung sehingga terbebas dari kuman penyakit.

3. Posisi tidur miring ke kanan

Ini adalah posisi tidur yang disarankan, pengen tahu kenapa? Mari kita simak pembahasan berikut:

  • Mengistirahatkan otak kiri

Dalam keseharian, kita sering menggunakan organ tubuh bagian kanan. Dengan tidur miring ke kanan, maka gantian otak kiri yang mensarafi organ tubuh sebelah kanan. Dan ini dapat menghindarkan dari bahaya yang timbul seperti pengendapan pembekuan darah, lemak, asam sisa oksidasi, dan penyempitan pembuluh darah.

  • Mengurangi beban jantung

Dengan posisi miring ke kanan saat tidur dapat membuat darah terdistribusi secara merata dan terkonsentrasi ke tubuh bagian kanan. Hal ini membuat aliran darah yang masuk dan keluar jantung lebih melambat sehingga denyut jantung lebih lambat dan tekanan darah akan menurun.

  • Mengistirahatkan lambung

Apabila seseorang tidur dengan posisi miring ke kiri dapat menyebabkan chime (makanan yang dicerna lambung yang bercampur asam lambung) akan terganggu dan akan memperlambat proses pengosongan lambung.

Nah, itu dia 7 tips hidup sehat yang bisa kamu terapkan di tengah kesibukanmu yang padat. Menerapkan pola hidup sehat adalah suatu kebiasaan yang harus kamu lakukan mulai dari sekarang. Jangan sampai kesibukanmu saat ini memberikan dampak buruk bagi kesehatanmu di masa depan. Jaga kesehatanmu dan jaga hatimu selalu happy ya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya