7 Tips Memilih Kos Bagi Mahasiswa

Biar nggak salah pilih dan sering pindah kos karena nggak sesuai~

Buat kalian yang baru jadi mahasiswa, atau masih SMA tapi udah mikir buat kedepannya nanti, bahkan buat kalian yang semester tua tapi masih gak pernah dapet kos yang cocok sesuai keinginan hati kalian, beberapa tips ini mungkin bisa membantu kalian lhoo.

 

1. Pilih sesuai budget

Sesuaikan Budget

Sesuaikan Budget via https://unsplash.com

Advertisement

Untuk memudahkan kalian dalam memilih kos, ada baiknya kalian berangkat dari budget dahulu. Cari tau dulu berapa anggaran yang disiapkan orang tua buat kos kalian. Jangan sampai kalian udah cocok dengan suatu tempat tapi orang tua nggak setuju karena masalah dananya.

2. Pilih lokasi yang strategis

Cek Lokasi

Cek Lokasi via https://unsplash.com

Yang dimaksud strategis adalah kos yang kalian pilih harus pas dengan kebutuhan kalian, misalnya tidak terlalu jauh dari kampus, dekat dengan rumah ibadah, dekat dengan mini market atau tempat makan, dll. Tujuannya ya biar memudahkan kalian.

3. Perhatikan lingkungan sekitar kos

Perhatikan lingkungan

Perhatikan lingkungan via https://unsplash.com

“Kenapa sih harus merhatiin lingkungan segala, kan nggak penting juga buat kita”, pasti ada yang mikir gitu ya, tunggu dulu. Alesan kita harus peka dengan lingkungan sekitar adalah nggak lain nggak bukan untuk kenyamanan kita sendiri. Misal dengan nanya nanya dengan ibu kosnya atau langsung cari tau sendiri lingkungannya mendukung atau tidak dengan ngobrol dengan tetangga.

Advertisement

4. Pastiin fasilitas yang kalian butuhin ada di kos itu

Fasilitas Kos

Fasilitas Kos via https://unsplash.com

Fasilitas di kos bisa macem macem, ada yang udah ada kasurnya, ada yang kosongan, ada yang pakai AC, ada yang pakai kipas. Semua tergantung kebutuhan kalian. 

5. Kebersihan sebagian dari iman

Kebersihan

Kebersihan via https://unsplash.com

Yap yang penting juga adalah Kos kalian harus terjaga kebersihannya, kalian bisa cek kamar mandinya, dapurnya, airnya dan lain sebagainya yang berhubungan dengan kebersihan kos kalian sendiri. Jangan sampai kalian malah sakit di perantauan.

6. Pastiin keamanannya juga ya

Pada gamau kan barang barang di kos pada hilang di ambil orang? makanya pastiin juga keamanan kos nya. Lebih baik lagi kalau misal di kos nya ada CCTV, jadi kalau ada apa-apa bisa langsung di cek CCTV

Advertisement

7. Survei itu penting

Negosiasi

Negosiasi via https://unsplash.com

Buat kalian yang biasa melakukan segala hal lewat online, ada baiknya waktu memilih kos kalian luangkan waktu untuk survei. Karena dengan survei kalian bisa memastikan semuanya dan tidak menyesal belakangan. Dan kalian bisa langsung negosiasi dengan pemilik kosnya.

Itulah beberapa tips yang bisa kalian gunakan waktu memilih kos. Semoga kalian cepet dapet kos yang sesuai dengan keinginan kalian ya. Jadi kapan mau mulai cari kos? Jangan lupain tips tadi yaa!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE