Hai, guys! Siapa sih dari kalian yang nggak suka travelling? Pasti semua juga suka banget dong! Apalagi kalau travelling-nya murah meriah. Duh impian semua orang sih ini!

Oiya, gua mau sedikit cerita tentang pengalaman gua backpacker-an murah ke Eropa, terutama Portugal dan Spanyol. Berapa sih biayanya? Yuk, disimak tips-tips murah backpacker-an ke Eropa!

1. Simpel tapi memang terbukti ampuh, cari tiket murah lewat web atau tanya-tanya

Tiker PP Kuala Lumpur - Lisbon

Tiker PP Kuala Lumpur – Lisbon via http://mybackpackerstories.wordpress.com

Rajin-rajin cari info atau bisa juga follow FP Secret Flying biar selalu nongol tuh informasi-informasi tiket murah. Gua dapet tiket Portugal ini, karena liat di Secret Flying. Nggak cuma mantengin Secret Flying, kalian juga kudu rajin ceki-ceki website yang lain. Entah itu website maskapai maupun website pencari, seperti halnya momondo, skyscanner, kayak, traveloka, dan lain-lain.

Advertisement

Ya, kalian nggak salah liat kok. Itu harga tiket yang gua dapet dari Kuala Lumpur–Lisbon cuma 2,1-an juta rupiah PP. Intinya sih sepintar-pintarnya kalian nyari tiket. Soalnya biaya paling gede adalah tiket pesawat. Semakin murah tiket pesawat kalian, semakin hemat budget yang kalian keluarin. Udah gitu aja.


Kalau kalian udah nemu tiket murah. Cussss dibeli! Lebih baik beli daripada nggak beli! Jadi, lebih baik beli daripada nyesel di kemudian hari!


2. Jangan bingung ngurus visa! Nih langkah-langkahnya supaya visamu cepat jadi!

Untuk masalah visa gua ngajuin di Kedutaan karena lebih murah hahahaha, LOL. Nggak usah takut! Asal berkas lengkap dan semuanya masuk akal pasti lolos, kok. Apa aja dokumen yang diperluin?

Advertisement

1. Form aplikasi visa

2. Paspor

3. Tiket PP

4. Reservasi Hotel

5. Pas Foto ukuran 3,5 x 4,5 dengan latar putih

6. Asuransi

7. Fotocopy KTP dan Akte Lahir

8. Itinerary

9. Mutasi Rekening 3 bulan terakhir.


Jangan lupa dandan rapi biar nggak kucel, ya! Dan berdoa supaya visa granted. ^^


3. Bawa makanan yang nggak cepat basi dari rumah, lumayan banget, lho…

Makanan Turki di Porto, Portugal

Makanan Turki di Porto, Portugal via http://mybackpackerstories.wordpress.com

Kalian bisa bawa beberapa bekal makanan dari Indonesia, jadi bisa lebih menekan budget. Misalnya abon, teri, Indomie dll. Soalnya disana harga makanannya warbiasak jebolin kantong. Selain bawa bekal, kalian bisa juga hunting makanan murah di sana.

Misalnya kaya makanan ini (nasi goreng + kentang) harganya €3 yuhuuu dan rasanya endeusss alhamdulillah nggak rugi gua. Hehe…


Paling seneng sih ngeremek Indomie, karena Indomiiiiie selerakuuuuuu~~


4. Nggak perlu mewah, cari penginapan yang khusus buat backpacker 'low budget' juga nggak apa-apa!

Tempat host di Madrid, Spanyol

Tempat host di Madrid, Spanyol via http://mybackpackerstories.wordpress.com

Masalah nginep, kalian bisa request host di akun Couchsurfing. Selain dapet tempat tinggal, kalian juga akan nambah wawasan tentang kultur warga lokal terus bisa jalan bareng sambil sharing pengalaman masing-masing.

Jangan lupa kasih gift, ya. Misalnya batik, postcard atau barang-barang khas negara Indonesia. Itung-itung sebagai ucapan terima kasih karena mereka mau nampung kalian dan kali aja suatu hari nanti mereka mau berkunjung ke Indonesia.

Kalau nggak dapet host, biasanya gua tidurnya di hostel. Syukur-syukur pas di kantong dan tempatnya nyaman. Hoho.


Travelling itu ga sekedar jalan huru-hara eksis jeprat jepret sana sini, tapi bagaimana kalian mengenali diri kalian sendiri dan lingkungan sekitar. Berbaurlah guys!


5. Selalu menyediakan koin Euro demi menyelamatkan dompet dan di saat mendesak!

Kok bawa koin sih? Hmmm… Buat gua berat nggak masalah sih. Karena lumayan kan kurs Euro saat ini? Bikin ngilu coy! Di bulan Januari, rate Euro sekitar 16.700, sedangkan koin gua beli 13.700/ 1 Euro. Gua sih woles bawa koin mah nggak apa-apa.


Selain koin lebih murah, koin juga bisa digunain saat transaksi kecil-kecil. Misalnya untuk naik bus, tram, dan lain-lain.


Koin Euro gua pesan di Mr. O di daerah Pasar Baru, Jakarta Pusat. Sebelumnya kalian harus pesan dulu, kalo misalnya barang ready baru dikasih tau dan bisa kalian ambil. Tempat Mr. O di Plaza Globe, sebelum masuk ke basement-nya.

6. Ada trik khusus buat urusan transportasi, gini nih…

Kalau cuma ke objek wisata yang deket-deket ya jalan aja! Atau bisa pake 1Day pass di tiap-tiap kota sesuai kebutuhan. Foto di atas adalah salah satu contoh Day Pass yang bisa kalian pake di Portugal, khususnya di kota Lisbon.

Untuk turis yang mau ngehemat keliling Lisbon bisa beli 1day pass. Untuk kartunya harganya €0,50 dan untuk 1day pass harganya €6,30 bisa dipakai sepuasnya dan naik apa aja!

Beli ini jadi puas banget, bisa coba semuanya. Eitssssss, itu kartu jangan langsung dibuang. Bisa kalian top up lagi, lho. Lumayan kan itu kartunya €0,50 :)


Sebelum ngetrip ada baiknya kalian baca-baca dulu ya tentang transportasi di sana. Supaya koin kalian nggak terbuang percuma. ^^


7. Cukup kunjungi objek wisata gratisan supaya kamu bisa berlama-lama di sana. Eits, nggak kalah bagusnya, kok!

Torre de Belem, Portugal

Torre de Belem, Portugal via http://mybackpackerstories.wordpress.com


Namanya juga budget traveling, jadi gua cuma ke tempat-tempat wisata nggak berbayar dong… Misalnya Belem Tower.


Jadi, berapa total biaya yang dikeluarin buat trip Eropa?

Bawa koin €150 dan sisa €4,08 [makan, transport dalam kota dan oleh-oleh] -+ 2,2 juta.

Tiket PP 2,5 juta.

Visa 950 ribu.

PP Lisbon – Madrid 500 ribu.

Nginep CSan.

TOTAL: 6.150.000 rupiah!!


Jadi? Kalian minat nggak backpacker-an ke Eropa?


Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya