Di era modern seperti saat ini, bahasa inggris sangatlah diperlukan untuk berkomunikasi. Sebagai orang Indonesia tentunya memiliki kemampuan berbahasa inggris yang baik adalah suatu keuntungan. Banyak perusahaan yang mewajibkan karyawan nya memiliki kemampuan bahasa inggris yang fasih. Tidak hanya itu kefasihan dalam bahasa inggris dapat kalian jadikan modal untuk menjadi translator, penulis artikel, dan guru les privat bahasa inggris. Bahkan selain itu dengan kemampuan berbahasa inggris yang fasih kalian bisa berkomunikasi dengan orang luar negeri sekaligus memperluas relasi.

Tentunya mempelajari bahasa inggris tidaklah mudah, banyak tantangan yang harus dihadapi seperti harus menghafal banyak kosa kata baru ataupun memahami 16 tenses yang membuat kepala sakit.

Disini saya akan memberikan tips cara belajar bahasa inggris yang menyenangkan, bahkan tidak terasa seperti belajar namun lebih efektif dibandingkan menghabiskan uang untuk les privat bahasa inggris, yuk simak!

1. Nonton film, tapi pakai subtitle english

Nonton film itu asik, apalagi kalau pake subtitle inggris

Nonton film itu asik, apalagi kalau pake subtitle inggris via http://google.com

Tidak dapat dipungkiri menonton film adalah hobi yang menyenangkan nan bermanfaat. Tetapi kebanyakan orang Indonesia terlalu suka berada di zona nyaman dengan menggunakan subtitle bahasa indonesia. Untuk awalan cobalah ubah subtitle bahasa Indonesia dengan bahasa inggris, dengan begitu kalian dapat mempelajari apa yang diucapkan tokoh film tersebut meskipun hanya sedikit tetapi kalian paham apa maksudnya. Jika kalian sudah terbiasa dengan subtitle bahasa inggris cobalah menonton tanpa subtitle dengan catatan suara dalam film tersebut harus jelas agar kalian dapat memahami apa yang tokoh ucapkan. Keuntungan yang didapatkan dengan cara tersebut adalah kalian bisa mendapatkan kosakata baru, mengetahui penggunaan idiom, dan mempelajari aksen dari tokoh tersebut. Sebagai awalan untuk genre film sebaiknya jangan memilih yang berat seperti sci-fi, genre romance & horror mungkin lebih baik karena sedikit adanya bahasa yang rumit.

2. Dengerin lagu, lihat lirik, terus nyanyi

Dengerin lagu sambil nyanyi ? Siapa takut

Dengerin lagu sambil nyanyi ? Siapa takut via http://google.com

Siapa sih yang tidak kenal Ed Sheeran, penyanyi berkebangsaan Inggris tersebut sukses menyihir para anak muda dengan lagu barunya yang berjudul Perfect & Shape of you. Saat kita mendengarkan lagunya, tanpa sadar kita akan menggumamkan nadanya karena tidak paham 100% lirik yang diucapkannya. Cobalah untuk menyanyi sembari melihat lirik, tanpa sadar itu adalah latihan bahasa Inggris yang cukup bagus. Umumnya semua lagu yang berbahasa inggris dapat digunakan, tetapi disarankan untuk memilih lagu yang mudah dipahami liriknya seperti lagu yang ber-genre rock, pop, atau country. Author sendiri suka mendengarkan lagu-lagu dari musisi lawas seperti David Bowie, John Denver, dan Queen.

3. Main game

Skyrim is the best game ever

Skyrim is the best game ever via http://google.com

Advertisement

Main game ? lho kok bisa buat melatih bahasa Inggris ?

Selain menyenangkan sebagai hiburan ternyata bermain game dapat melatih kemampuan berbahasa inggris. Dengan catatan game tersebut harus berbahasa inggris, game yang disarankan yaitu yang bergenre RPG seperti The Witcher atau The Elder Scroll karena dalam RPG banyak sekali percakapan dan interaksi antar tokoh, selain itu membaca story atau lore dari game juga bisa membantu. Selain game offline, game online juga dapat melatih berbahasa Inggris. Dengan catatan harus game yang berbasis internasional sehingga setiap orang yang bermain harus dituntut berbahasa Inggris, cara ini agak unik karena selain dapat membantu berkomunikasi kalian juga bisa mengetahui istilah slang dalam bahasa Inggris.

4. Menonton video Youtube

Jangan takut kuota habis

Jangan takut kuota habis via http://google.com

Siapa sih yang tidak suka nonton Youtube, apalagi pas kuota melimpah dan lagi gabut. Tetapi kebanyakan orang Indonesia hanya menonton video dari channel lokal saja, padahal channel luar bisa dibilang lebih berkualitas. Tidak perlu takut tidak paham, karena beberapa video luar menyediakan subtitle bagi mereka yang masih belum fasih dalam listening. Selain dapat melatih kemampuan berbahasa Inggris, menonton video Youtube milik channel luar juga dapat menambah ilmu.

5. Membaca, membaca, membaca

Membaca adalah jendela ilmu

Membaca adalah jendela ilmu via http://google.com

Advertisement

Membaca. Mungkin bagi sebagian orang terdengar membosankan, kalian tidak harus membaca buku, bacalah apapun yang berbahasa inggris. Bisa berupa iklan, artikel, buku, berita, dll. Hindari kebiasaan malas membaca, hal ini dapat dimulai dari membaca apa yang kalian suka, sebagai contoh author suka membaca novel, tetapi di Indonesia sendiri mencari novel translasi bahasa inggris agak susah dan mungkin cukup menguras dompet, jadi author lebih memilih membaca e-book agar lebih praktis.

6. Berpartisipasi dalam forum internasional

Jangan malu untuk mengekspresikan dirimu

Jangan malu untuk mengekspresikan dirimu via http://google.com

Dengan internet kita dapat melihat dunia luar, gunakan kesempatan ini untuk belajar dan mencari teman. Tidak perlu ikut dalam pembahasan forum lgbt dan flat earth, tapi mulailah dari forum-forum kecil yang membahas tentang hobi dan minat. Dalam berdiskusi tidak perlu takut akan kesalahan grammar, sejujurnya dalam forum non formal grammar tidak begitu dipedulikan asal saling paham apa yang dimaksudkan. Author sendiri memiliki hobi bermain game, terimakasih kepada aplikasi bernama Discord karenanya author dapat berpartisipasi dalam beberapa forum game internasional. Discord sendiri adalah social media yang dikhususkan untuk para gamer.

7. Praktek berkomunikasi

Praktik!

Praktik! via http://google.com

Tidak afdol rasanya jika hanya belajar berbahasa Inggris tetapi tidak mempraktekkanya, jika kalian mengikuti tips saya sebelumnya pasti kalian akan memiliki teman dari negara lain yang mungkin memiliki hobi dan minat yang sama. Jangan ragu untuk berkomunikasi mereka, tidak perlu sampai kopi darat karena akan menghabiskan banyak biaya plakk. Cukup dengan chatting di media sosial ataupun berkomunikasi lewat telepon, selain untuk melatih bahasa inggris juga bisa untuk menambah relasi. Jika tidak punya teman dari luar negeri kalian juga bisa mempraktekkannya dengan teman kalian sendiri, tidak perlu malu berbahasa inggris karena kalian sama-sama belajar. Ini untuk melatih agar public speaking kalian bagus dan agar aksen kalian tidak terdengar aneh.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya