Cantengan merupakan penyakit yang kelihatannya kecil dan sepele, tapi kenyataannya ini sangat mengganggu aktivitas sehari-hari dan membuat bagian tubuh lainnya pun ikut menderita, terlebih jika cantengannya di jempol kaki dimana untuk berjalan selangkah saja itu menjadi cobaan yang luar biasa.

Sebelum kita bahas cara mengobati cantengan, yuk sekarang kita kupas dulu cantengannya. Ups, maksudnya kita kupas dulu fakta-fakta tentang cantengan. Cantengan yang kalau dalam bahasa kerennya yaitu Paronychia, adalah infeksi yang berkembang di sepanjang tepi kuku jari tangan ataupun kuku jari kaki.

Gejala dan tanda yang paling umum terjadi biasanya bengkak di sekitar kuku jari, kemerahan dan rasa sakit atau nyeri ketika tertekan maupun di sentuh. Banyak penyebab kuku jadi cantengan, dengan salah satu penyebabnya bisa jadi karena cedera pada kuku, pertumbuhan kuku ke dalam, cara memotong kuku yang salah, kebiasaan buruk menggigit kuku maupun memakai alas kaki yang sempit hingga faktor genetik. Derita cantengan pada jempol kaki akan bertambah lagi pada saat kita berdiri, ini karena tekanan kuku yang menancap ke jari di sekitarnya.

Ini dia 7 tips jitu yang perlu kamu ketahui untuk mengobati serta perawatan pada cantengan di kuku jari tangan atau kaki :

1. Lawan Si Cantengan dengan Obat Antiseptik

Obat antiseptik di tetesin di jari yang sedang sakit. Tindakan ini sama saja dengan luka yang ada di luar, bedanya luka ini letaknya ada di dalam kuku jari.

2. Perawatan Rutin dengan Cara Merendam Kuku Jari

Advertisement

Perawatan dengan cara merendam jari kaki atau tangan yang sakit menggunakan campuran 50% air hangat dan 50% sabun antibakteri cair, dilakukan tiga sampai empat kali sehari selama sekitar 15 menit. Kayaknya dilakuin mesti di hari libur nih..hehe.

3. Gunakan Jurus Ampuh Jahe Si Anti Bakteri Alami

Jahe secukupnya di parut, kemudian ditempelkan di tempat yang sakit, ditutupi dengan plester ataupun kain kasa. Mungkin akan terasa panas di awal, tapi selanjutnya panasnya menghilang. Jahe dikenal sebagai tanaman obat yang mengandung senyawa keton yang memberikan sensasi pedas sehingga bisa digunakan untuk menyapu bakteri. Dan dalam sebuah metode uji laboratorium, jahe menunjukkan efek antibakteri dan antijamur.

4. Bukan Hanya Wajah Saja yang Perlu Perawatan, Kuku Jari pun Perlu di Rawat

Jangan biarkan kuku terlalu panjang, tapi juga jangan memotong kuku terlalu pendek atau terlalu dalam. Karena menggunting kuku terlalu dalam akan membuka kulit sensitif yang ada di bawah kuku sehingga memungkinkan resiko terjadinya infeksi. Begitu juga kalau kuku dibiarkan terlalu panjang, maka kuku jari akan menjadi tajam.

5. Ingat-Ingat dengan Cara Memotong Kuku yang Tepat

Advertisement

Memotong kuku secara aman dan nyaman. Mengguntingnya sedikit demi sedikit dan secara garis lurus, sedikit saja melengkungi ujung-ujung kuku (bukannya melengkung mengikuti lengkungan jari). Ini dilakukan untuk mengurangi kemungkinan pertumbuhan kuku ke arah dalam, ataupun resiko penyakit bagi orang yang menderita diabetes.

6. Kamu Harus Selalu Menjaga Kebersihan Kuku Jari

Yang sudah pasti, selalu jaga kebersihan kuku jari tangan dan kaki. Terutama di saat jari kaki sakit cantengan dan mengharuskan kita main hujan-hujanan, ini memungkinkan air kotor dan bakteri masuk ke sela-sela kuku jari yang sakit.

7. Kalau Belum Membaik, Hubungi Bapak atau Ibu Dokter

konsultasikan

konsultasikan via http://www.3nayaclinics.com

Bila kemerahan pada jari yang cantengan meluas melampaui kulit di sekitar kuku ataupun sudah bernanah, menandakan adanya infeksi kuku yang membutuhkan penanganan segera oleh ahli medis untuk mencegah infeksi yang lebih serius lagi. Kalau udah begini, jangan coba meng-“utak-atik” kukunya sendiri ya..

Kalau sakit cantengan tidak cepat ditangani, bisa berkembang menjadi infeksi yang lebih parah pada jari kaki ataupun keseluruhan jari. So, enggak ada salahnya kan kalau kita mencoba langkah-langkah tadi. Jika kita mengerti apa yang dirasakan tubuh, semoga kita juga bisa merasakan hidup yang lebih sehat lagi.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya