Anda mengalami sindrom “I Hate Monday”? Jangan membenci Hari Senin karena tidak ada yang salah dengan hari tersebut. Kitalah yang terlambat meng-adjust mindset dari weekend (libur akhir pekan) ke workdays (hari-hari kerja), sehingga terasa berat bagi kita untuk memulai dan kembali menjalani aktivitas rutin di Hari Senin.

Orang-orang yang tidak menyukai Hari Senin karena biasanya mereka tidak sempat menikmati liburan di akhir pekan sehingga melewatkan kesempatan untuk beristirahat atau refreshing. “Belum juga break kok sudah harus tancap gas lagi.” Kira-kira begitulah keluh-kesah yang sering muncul.

Atau sebaliknya, mereka yang membenci Hari Senin bisa jadi justru orang-orang yang “seloww” alias terlalu santai, suka bermalas-malasan dan menunda-nunda pekerjaan. Akibatnya, saat mau memasuki Hari Senin lagi, yaitu hari pertama beraktivitas, rasanya berat banget untuk move on keluar dari Zona Nyaman. Belum lagi banyak pekerjaan yang menumpuk belum terselesaikan.

Nah, berikut ini adalah 7 langkah untuk mulai belajar mencintai Hari Senin. Tips ini berdasarkan pengalaman pribadi. Dulu saya termasuk anggota golongan I hate Monday lho, tetapi sekarang sudah tidak lagi. Kini saya menjadi I don’t hate Monday anymore! Kalau saya bisa, Anda pun pasti bisa!

1. Lakukan olahraga pagi ringan yang akan mengusir semua mood buruk sisa kemarin. Jogging atau cukup peregangan di rumah oke, kok

Olah raga pagi baik untuk kesehatan jasmani dan rohani

Olah raga pagi baik untuk kesehatan jasmani dan rohani via https://gagaswidodo.files.wordpress.com

Hindari tidur terlalu malam supaya Anda bisa bangun pagi lebih awal. Gerakkan badan, stretching, lanjutkan dengan melakukan olah raga outdoor ringan seperti jalan kaki, bersepeda, berenang, atau yoga. Sebentar saja, tidak usah lama-lama, maksimal 30 menit saja sudah cukup. Udara pagi yang bersih dan segar serta peredarah darah yang lancar setelah berolah raga membuat badan kita sehat, juga membangun mood yang baik.

2. Jangan terlalu pilih-pilih menu sarapan. Makanlah apa yang kamu ingin makan, asal masih dalam batas wajar

Sarapan yang membangkitkan selera

Sarapan yang membangkitkan selera via http://s1.1zoom.me

Advertisement

Siapkan sarapan yang menarik, berbeda dari hari-hari sebelumnya. Variasi menu akan membangkitkan selera makan kita, dan itu jelas akan membuat hati kita senang. Tidak perlu sarapan mewah ala Eropa atau Amerika, atau repot sendiri belajar masak yang belum tentu enak, atau mencoba menu diet sehat yang belum tentu cocok di lidah Anda. Siapkan yang berbeda dan menarik. Itu saja sudah cukup.

3. Bangun sugesti positif dengan nggak terlebih dulu ngecek media sosial. Mendingan, teguk segelas air putih sembari menikmati tetesan embun pagi

Positive thinking akan meringankan beban pikiran

Positive thinking akan meringankan beban pikiran via https://www.incimages.com

Positive thinking bahwa banyak kebaikan dan keberuntungan yang akan kita dapatkan di Hari Senin kalau kita ikhlas menjalaninya. Selalu berpikiran positif membuat kita tenang, hilang beban dan kegelisahan. Tidak ada orang yang selalu sukses dan lancar. Sebaliknya, tidak ada orang yang selalu gagal dan sial. Tuhan Maha Adil dan Bijaksana. Tuhan akan selalu menolong dan memberi jalan hamba-Nya yang sedang berikhtiar.

4. Kenakan baju favorit supaya bahagiamu awet sampai seharian!

Busana kesayangan membuat kita nyaman

Busana kesayangan membuat kita nyaman via http://3.bp.blogspot.com

Kenakan busana dan perlengkapan favorit Anda karena itu  akan membuat Anda merasa nyaman seharian. Tidak perlu membeli baju baru, tas baru, atau sepatu baru karena barang baru belum tentu nyaman dipakai. Sebaiknya tidak mencoba penampilan baru yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya karena kalau ternyata mendapat komentar jelek Anda bisa makin trauma dengan Hari Senin.

5. Tulis daftar kegiatanmu hari itu, jangan sampai terlewat supaya nggak kebanyakan begadang dan uring-uringan

Daftar kegiatan yang direncanakan dan target yang hendak dicapai

Daftar kegiatan yang direncanakan dan target yang hendak dicapai via https://t1.daumcdn.net

Advertisement

Tulis daftar rencana kegiatan yang akan kita lakukan sekaligus target yang harus dicapai. Lakukan metode reward and punishment supaya kita termotivasi. Sebaiknya tidak membuat rencana kegiatan yang terlalu banyak atau memsang target yang terlalu tinggi, karena nanti Anda malah repot sendiri kalau tidak dapat merealisasikannya.

6. Biar nggak monoton, coba deh pikirkan acara-acara seru yang akan kamu lewatkan bersama yang tersayang. Hmmm, makan siang di luar atau karokean oke juga tuh!

Makan bersama teman-teman

Makan bersama teman-teman via http://creekwood.org

Rencanakan acara yang menarik dengan orang-orang yang Anda sayangi. Misalnya, makan siang bareng kekasih tercinta, karaokean dengan teman-teman sepulang dari kampus, atau nongkrong santai di cafe melepas lelah bersama rekan-rekan kantor selepas kerja. Berkumpul dengan orang-orang yang dekat dengan kita membuat rileks dan bahagia.

7. Sesekali, coba deh meditasi atau yoga demi ketenangan batinmu. Banyak kok referensi gerakan yoga di Youtube 🙂

Meditasi untuk menenangkan jiwa

Meditasi untuk menenangkan jiwa via https://dcywrb6nqrsdp.cloudfront.net

Berpuasa atau melakukan meditasi untuk mendapatkan kedamaian, ketenangan, kesabaran, dan ketentraman batin, seandainya keenam langkah sebelumnya tidak juga berhasil.

Jangan putus asa dan menyerah karena perlu proses serta waktu untuk bisa beradaptasi dan menerima Hari Senin dengan lapang dada. Yang penting kita terus berusaha untuk bisa meng-adjust mindset dan manajemen waktu sebaik-baiknya. Semoga berhasil ya.

Bagi yang beragam Islam, ketahuilah bahwa Hari Senin sejatinya adalah hari yang mulia. Pada hari tersebut Rasulullah SAW dilahirkan. Beliau rajin berpuasa setiap Hari Senin dan Kamis.

Beliau bersabda: “Amal-amal perbuatan manusia dihadapkan/dilaporkan setiap Hari Senin dan Kamis. Maka aku senang amal-amalku dilaporkan dalam keadaan aku berpuasa” (HR. Tirmidzi).

Beliau juga pernah ditanya: “Mengapa berpuasa pada Hari Senin?” Beliau menjawab: “Itulah hari di mana aku dilahirkan dan aku diutus” (HR. Muslim).

Jadi, mulai sekarang tidak ada alasan lagi untuk membenci atau tidak menyukai Hari Senin ya. Have a nice Monday!

(Berdasarkan pengalaman pribadi)

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya