Kita tidak akan pernah bisa menyangkal kalau di era jaman sekarang ini segala telah berubah, dari HP, laptop, ataupun PC telah bergelimang dimana-mana karena telah berhasil membuat kehidupan kita sungguh mudah dan praktis. Orang-orang sudah tidak perlu lagi menghabiskan banyak waktu belanja keluar dari rumah karena semua sudah tersedia di aplikasi HP andalan kita seperti basis Android dan iOS.

Terlebih untuk para pelajar, ini saatnya untuk mengeksplor berbagai aplikasi di gadget kalian untuk hal yang menyokong masa depan kalian, seperti aplikasi-aplikasi berikut di bawah ini yang bisa kalian dapatkan di Google Play Store dan Apple Store kalian.

1. Essential Anatomy dan Visual Anatomy Free

Belajar anatomi lebih menyenangkan dengan sistem 3D :)

Belajar anatomi lebih menyenangkan dengan sistem 3D 🙂 via https://itunes.apple.com

Kedua ini merupakan aplikasi untuk kalian yang tertarik belajar mengenai anatomi tubuh manusia yang biasanya dibutuhkan untuk jurusan kesehatan atau keperawatan. Essential Anatomy menciptakan fitur tubuh dalam bentuk animasi 3D untuk kedua jenis gender dan ini salah satu fitur yang membuat anak-anak semakin asyik untuk mempelajarinya karena gambar terlihat lebih nyata. Setiap bagian bab memiliki bagian tubuh yang berbeda pula tergantung apa yang akan dipelajari, termasuk bagian depan (frontal), pembagi bagian sisi kanan dan kiri (mid-sagital), dan sebagainya.

Advertisement

Untuk para pelajar kesehatan yang tertantang ingin mencoba kuis anatomi, bisa langsung instalasi Visual Anatomy Free. Aplikasi ini menyediakan fitur yang hampir sama dengan Essential Anatomy tapi lebih up-to-date dengan menambahkan kuis sebagai latihannya.

2. Photomath dan iMathematics

Hanya klik problem yang kamu miliki, langsung bekerja deh

Hanya klik problem yang kamu miliki, langsung bekerja deh via https://businessinsider.com

Wah kalau teman-teman dengar kata matematika, pasti nggak terlepas dari kata menakutkan atau sangat memusingkan kepala. Tapi sekarang tidak perlu takut lagi dengan matematika karena teknologi canggih telah menghadirkan PhotoMath dan iMathematics. Photomath merupakan aplikasi untuk memecahkan soal matematika simple seperti algebra atau aritmetika tapi tidak untuk matematika tingkat tinggi seperti kalkulus.

Melalui Photomath, kalian bisa mengambil foto dari pertanyaan kalian. Tapi terkadang Photomath tidak bisa mendeteksi problem yang kalian tuliskan (mungkin tulisannya terlalu bagus atau terlalu artistik, hehehe). Jika itu masalahnya, kalian bisa mengambil foto dari problem hasil printer atau dari buku kalian.

Advertisement

Lain halnya dengan iMathematics yang tidak memiliki teknologi pengambilan gambar seperti Photomath. Kalian diharuskan untuk memasukkan persamaan dalam ketikan manual. iMathematics memiliki versi yang mengharuskan kalian untuk membayar jika ingin aplikasi ini memecahkan soal lebih rumit lagi dan panjang. Keuntungannya adalah bahwa aplikasi ini bisa memecahkan problem yang lebih rumit seperti grafik atau geometri.

Benar-benar menyenangkan kan jika memiliki kedua aplikasi ini untuk membantu kita menyelesaikan soal matematika? Jadi, matematika terlihat menarik hanya karena aplikasi ini :)

3. Khan Academy

Berbagai macam yang kamu inginkan tersedia di sini

Berbagai macam yang kamu inginkan tersedia di sini via https://www.educationalappstore.com

Setiap ingat aplikasi ini, jadi ingat tentang lagu Doraemon. Semua semua semua dapat dikabulkan. Seperti itulah Khan Academy. Semua pelajaran yang kalian ingin pelajari akan kalian dapatkan di sini mulai dari matematika, fisika, kimia sampai ekonomi. Terbayang kan serunya? Khan Academy memiliki banyak video untuk membuat kalian lebih mudah belajar jika diharuskan mempelajarinya via online.

Jika kalian mendaftar menjadi member Khan Academy itu akan terasa lebih mudah karena kalian bisa mengetahui seberapa jauh progress yang kalian capai selama ini melalui profil yang berisikan poin-poin yang telah kalian raih sebagai penghargaan hasil belajarnya.

Takut di luar nggak ada WiFi? Gak masalah, karena kalian bisa menyimpan file yang kalian ingin pelajari selanjutnya. Jadi belajar offline terasa menyenangkan saat menunggu bis tiba dan bisa diakses dimana pun.

4. Duolingo

Biar keliatan kece karena bisa berbagai bahasa

Biar keliatan kece karena bisa berbagai bahasa via https://www.imore.com

Buat kalian yang suka belajar berbagai bahasa atau bercita-cita ingin menjadi bagian dari Hubungan Internasional, inilah kesempatan kalian untuk membuka diri belajar bahasa baru. Kan, lumayan juga kalau bisa berbagai bahasa, jadi terlihat agak keren gitu. Duolingo benar-benar bisa membuat mimpi mu nyata. Selain gratis, kamu bisa belajar lebih dari 20 bahasa. Untuk sekarang ini saya baru coba belajar tiga bahasa sih (Spanyol, Mandarin, dan Jepang). Yang menyenangkan itu belajar melalui Duolingo selain ada kuis, ada juga gambarnya jadi mudah mengingatnya gitu kalau melalui visual.

Bagi yang sudah naik level, biasanya kalian akan diperkenalkan lebih ke frase, hewan-hewan, makanan bahkan cara permulaan pembicaraan ke orang-orang sekitar. Nah, selain naik level, kalian juga bisa lho bergabung ke klub bahasa (kalau kalian nggak suka belajar secara individual) meskipun kalian baru di tahap pemula.

5. Solo Learn dan W3Schools

Berbagai bahasa pemrograman tersedia di sini

Berbagai bahasa pemrograman tersedia di sini via https://www.quora.com

Ini kesempatan bagi kalian para calon programmer atau yang udah mahir meng-coding nih. Solo Learn mengajarkan kalian berbagai macam bahasa pemrograman seperti layaknya Code Academy yang selalu mengajarkan dari basis awal bahkan untuk tiap subbab akan ada sesi komentar dan diskusi untuk kalian yang bingung dalam menyelesaikan problem tersebut. Yang serunya lagi, ada sesi kompetisi dengan programmer lain dalam menyelesaikan problem. Terus, nanti terakhir akan ada pemenang yang bisa naik level. Hmm, siapa tahu kalian bisa jadi pemenang di kompetisi ini?

Nah, untuk W3Schools itu beda lagi. Dengan penampilannya yang user-friendly, pemula yang sama sekali buta dengan programming, bisa memulai menggunakan aplikasi ini karena penjelasan teorinya yang sungguh dijelaskan secara detail.

6. Udemy For Business

Siapa takut jadi pemimpin bisnis, kalau udah ada aplikasi yang satu ini

Siapa takut jadi pemimpin bisnis, kalau udah ada aplikasi yang satu ini via https://play.google.com

Biasanya jurusan bisnis ini jadi daya tarik tersendiri untuk para siswa Indonesia. Tapi masa sih ada aplikasi untuk belajar bisnis? Ya, pasti ada dong. Udemy For Business ini berguna untuk kalian yang ingin belajar kemampuan leadership atau business management melalui video, audio, presentasi ataupun artikel. Bahkan, bagi kalian yang suka belajar di luar tanpa WiFi, kalian nggak usah takut karena Udemy menyediakan situs offline setelah kalian menyimpan progress belajar kalian dengan cara download file yang kalian inginkan.

7. WolframAlpha

Bisa diakses di tab maupun HP kalian

Bisa diakses di tab maupun HP kalian via http://blog.wolfram.com

Aplikasi ini pada dasarnya hampir sama dengan KhanAcademy yaitu semua tentang yang ingin kalian pelajari dari sains, matematika, kimia sampai cuaca. Wah, bisa jadi pakar cuaca nih abis dapat pencerahan dari aplikasi ini yaa. Bagi kalian yang bingung dengan pertanyaan di buku paket kalian, kalian pun bisa menanyakan ke aplikasi ini karena aplikasi ini telah didesain untuk menjawab pertanyaan melalui dukungan teknologi Siri dari Apple. Keren, kan? (Tapi tetap setelah mendapatkan jawabannya, jangan lupa cek lagi ya, karena jawaban dari teknologi computer ga selamanya selalu benar lho, hehehe).

Sayangnya nih, untuk mendapatkan aplikasi ini, kalian harus sedikit mengocek receh sebesar 40k untuk meng-install. Masih murah kok, tapi kalian bisa mendapatkan banyak manfaat dari aplikasi ini.

8. Kindle dan Wattpad

Berbagai macam buku tersebar di aplikasi ini, seru kan..

Berbagai macam buku tersebar di aplikasi ini, seru kan.. via http://m2appmonitor.com

Ini berita bagus buat kalian yang suka baca buku tapi malas untuk ke toko buku. Kindle dan Wattpad menyediakan berbagai macam bacaan dari pengarang terkenal. Kalau Kindle, biasanya kalian harus mendaftar menjadi bagian dari member Amazon dan membayar sekitar $10 (130K) untuk per bulan dan ini masih terhitung murah kalau kalian suka baca buku-buku gratis (tapi ingat, nggak semuanya gratis yaa).

Untuk Wattpad, ini semuanya gratis karena memang bertujuan untuk menciptakan komunitas pembaca e-book. Yang bikin berbeda dari Kindle, rata-rata buku-buku yang tersedia di Wattpad itu lebih ke sastra, biasanya berupa puisi, artikel essay, dan novel.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya