Apakah kamu kesulitan untuk memanajamen keuangan bulanan yang semakin hari malah terasa semakin tak cukup? Atau, ingin berhemat tapi terasa berat? Uang memang sangat licin, seberapapun uang yang kamu miliki jika tidak pandai untuk melakukan pengaturan, pasti kamu akan mengalami kesulitan dalam keuangan.

Charles Jaffe pernah mengutarakan "hal yang dapat membuatmu kaya bukanlah tentang seberapa besar penghasilanmu, tetapi seberapa pandai kebiasaan pengaturan keuanganmu". Jika dipikir ulang, hal ini memang sangat benar. Jadi, adakah solusi untuk masalah ini? Kecanggihan teknologi masa kini tercipta untuk membuat kehidupan menjadi lebih mudah. Termasuk untuk melakukan pengelolaan uang.

Aplikasi Pengatur Keuangan Terbaik

Tak hanya ponselnya yang pintar, tetapi isi aplikasi dan penggunannya juga harus cerdas. Berikut ini adalah contoh beragam aplikasi Android yang bisa menolong kamu dalam memanajemen keuanganmu dengan baik.

1. Lunasbos – Aplikasi Pencatat Utang Dua Arah

Lunasbos - Aplikasi Pencatat Utang Dua Arah

Lunasbos – Aplikasi Pencatat Utang Dua Arah via https://play.google.com

Di antara semua list di bawah, Lunasbos merupakan aplikasi yang paling simpel. Jadi Lunasbos adalah aplikasi khusus untuk mencatat utang piutang. Kelebihannya adalah aplikasi ini bisa mensinkronkan transaksi di kedua belah pihak.

Misalnya kamu ngutang ke Andi, maka catatan utangmu akan sinkron juga ke Andi. Dan akan mendapatkan reminder ketika jatuh tempo secara otomatis. Jadi jangan lagi percaya jika ada teman ketika ngutang bilang "besok saya bayar" hehe. Lunasbos merupakan aplikasi karya mahasiswa Yogyakarta dan di danai oleh Kemenristek Dikti Indonesia dan tersedia gratis di Play Store.

2. UangKu – My Money Management

UangKu – My Money Management

UangKu – My Money Management via https://play.google.com

Advertisement

Aplikasi ini begitu populer dan banyak digunakan. Penggunaannya sangat mudah, penataannya sangat sederhana dan mudah untuk di mengerti. Catatan personal keuangan kamu menjadi lebih teratur. UangKu merupakan salah satu referensi terbaik dari developer ODT Indonesia yang sangat bagus untuk kamu yang tidak menyukai hal–hal rumit dan ribet.

3. Monefy

Aplikasi ini sangat pas untuk pengaturan keuangan keluarga. Bagi kamu yang merupakan pasangan pengantin baru dan masih dalam tahapan belajar untuk mengelola keuangan rumah tangga, maka ini akan menjadi pilihan paling tepat. Dengan dilengkapi fitur Dropbox, kamu dan pasangan dapat melakukan pemantauan keuangan bersama–sama dengan real time.

Aplikasi ini tersedia dalam bentuk berbayar dan free. Perbedaannya tidak begitu banyak, hanya saja kamu tidak akan terganggu iklan jika menggunakan versi aplikasi berbayar.

4. Wallet

Advertisement

Seperti arti dari kata "wallet" aplikasi ini dapat berfungsi sebagai dompet dunia maya kamu yang pintar. Kenapa? Karena kelebihannya yang bisa membantumu mengatur keuangan dengan sangat baik dan efisien. Selain berfungsi untuk pencatatan, kamu juga bisa melakukan perencanaan keuangan dalam jangka waktu panjang.

Aplikasi ini juga telah dibekali dengan fitur sinkronisasi dengan rekening tabungan manapun, bahkan seluruh dunia. Jadi jika kamu berada di luar negri, aplikasi ini akan sangat mendukung.

5. Goodbudget: Budget & Finance

Goodbudget: Budget & Finance

Goodbudget: Budget & Finance via https://play.google.com

Konsep aplikasi ini sama dengan sistem keuangan orang Amerika zaman dahulu. Jadi, setiap pengeluaran yang direncanakan akan dibagikan dalam beberapa amplop atau pos yang berbeda–beda. Saat kamu melakukan transaksi untuk kebutuhan tertentu, secara otomatis dalam pos yang dimaksudkan sudah berkurang. Jadi, kamu akan benar–benar tahu bagaimana kondisi keuangan kamu pada saat itu.

6. Finansialku

Finansialku

Finansialku via https://travelbos.co.id

Aplikasi ini akan sangat membantu kamu untuk menyelesaikan permasalahan pengalokasian uang untuk kebutuhan bulananmu. Bahkan untuk hal–hal seperti tabungan kuliah dan DP rumah. Di dalamnya ada fitur kalkulator khusus yang bisa menghitung dengan otomatis untuk melakukan penetapan anggaran serta berinvestasi. Hebatnya, kamu bisa memakai fitur konsultasi online untuk segala perencanaan keuangan.

7. Teman Bisnis

Teman Bisnis

Teman Bisnis via https://play.google.com

Aplikasi mobile yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang mengelola usaha jenis UKM. Teman Bisnis dibuat sebagai penghubung para penggunannya yang selama ini tidak memanfaatkan aplikasi jenis layanan keuangan seperti ini. Fitur di dalamnya dilengkapi dengan pengingat piutang usaha dan cicilan. Jadi, ini akan benar–benar berguna sekali.

8. Money Manager Expense & Budgeting

Money Manager Expense & Budgeting

Money Manager Expense & Budgeting via https://play.google.com

Ada banyak sekali fitur cerdas yang tersemat dalam aplikasi buatan Realbyte ini. Misalnya adalah catatan pengeluaran harian dan catatan penghasilan, pembuatan budget tabungan dan investasi, manajemen asset keuangan, sampai dengan laporan keuangan dalam bentuk grafik atau neraca. Penggunaan aplikasi ini sangat mudah, bahkan kamu tidak perlu beradaptasi lama–lama.

Wah, banyak sekali ya aplikasi pengatur keuangan yang bisa membantu kamu untuk memanajemen pengeluaran dan pemasukan. Bahkan ada yang bisa dipakai untuk perencanaan dalam jangka waktu yang panjang. Jadi, segera download dan pilih mana aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Keuanganmu akan segera tertolong dan lebih terorganisir dengan baik.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya