Jadi traveler gratisan di UK? Siapa takut!

Jalan-jalan ke United Kingdom merupakan impian semua traveler. Apalagi dengan murah dan banyak gratisannya, tentu akan sangat menyenangkan. Namun apa iya kita bisa mengunjungi banyak destinasi dengan tanpa merogoh kocek? Di UK? Definitely, off course! Nggak usah takut jadi gembel di negara orang.

Bagi setiap traveler, kemampuan mengatur dengan baik pengeluaran selama pergi menjelajah adalah hal yang paling utama. Apa telingamu langsung terbuka lebar jika mendengar kata ‘gratisan’? Selamat, kamu nggak sendirian. Nah, untuk kamu yang ingin menjelajahi UK dengan kantong ala traveler tidak usah ragu. Alih-alih mahal, UK punya banyak tempat wisata gratis alias tidak dipungut biaya tiket masuk.

Berikut adalah 8 destinasi ciamik yang bisa kamu nikmati dengan tanpa mengeluarkan biaya selama di UK.

1. Selamat datang di London! Sebagai landmark kota yang terkenal, Big Ben menjadi latar paling wajib untuk berfoto

Siapa yang tidak kenal dengan Big Ben? Menara jam super gede ini menjadi ikon kota London yang sangat khas dan unik. Melihatnya saja membuat kita takjub betapa gagahnya ia berdiri. Terletak di tengah kota, bangunan ini masih menyatu dengan gedung House of Parliament yang membuatnya mudah dijangkau dari mana saja. Konon ini juga menjadi simbol bahwa masyarakat Inggris sangat meghargai ketepatan waktu.

Fyi, lonceng jam raksasa ini berbunyi setiap 15 menit sekali. Gaung bunyinya bahkan bisa terdengar dengan jarak lebih dari 10 kilometer. Jadi bila ke sini pastikan kamu ikut mendengarnya juga. Keras mana bunyinya sama speaker toa masjid? Kamu bisa cari tahu sendiri di sana.

2. Pesona magis sungai Thames memang gak pernah abis. Meski nggak bisa berenang, kamu boleh lho nongki cantik di sekitaran sini

Dilarang renang,

Dilarang renang, via http://pixabay.com

Advertisement

Buat kamu yang pas kecil suka mandi di kali deket rumah, tolong jangan dipraktekkan pas lagi mampir di sini. Sungai yang membelah kota London ini mempunyai panjang 356 kilometer dengan luas perairan mencapai 12,935 km² yang langsung bermuara ke laut Utara. Nah, bisa ataupun nggak bisa berenang, jangan coba-coba nyemplung di sini ya.

Sebagai gantinya, sungai ini menawarkan pemandangan yang sangat luar biasa. Indah di pagi hari, sangat cantik di malam hari. Berlokasi tidak jauh dari Big Ben, kamu hanya perlu jalan sedikit untuk mengunjungi sungai ini. Bila ingin menyebrang, kamu bisa melalui Tower Bridge yang menghubungkan kedua sisi kota. Dan jangan lupa berfoto!

3. Changing The Guardian, upacara pergantian prajurit di Istana Buckingham yang keren pisan. Atraksi ini harus banget kamu tonton!

Liat kostumnya

Liat kostumnya via http://pexels.com


“Kenapa mesti ke sini?”

Advertisement

"Kali aja kamu bisa pinjam senapan prajuritnya,

untuk nembak dia yang pergi pas kamu lagi sayang-sayangnya."


Itu senapa beneran ya, by the way. Pergantian prajurit ini dilaksanakan setiap hari pukul 11.30 waktu setempat. Berlokasi di halaman istana Buckingham Palace, kamu bisa menyaksikan upacara seremonial yang sangat legendaris ini. Siapkan kameramu dan menyatulah dengan banyak wisatawan lain dari seluruh dunia.

Salah satu yang menarik dari upacara ini adalah kamu dapat menyaksikan arak-arakan yang diiringi musik dari grup marching band. Tak hanya lagu-lagu militer saja yang dimainkan, musik pop kenamaan juga tak ketinggalan. Waktu terbaik untuk datang ke sini adalah pagi hari.

4. Asal nggak langsung ngajak nikah, kenalan sama muda-mudi bule di Trafalgar Square sah-sah saja kok

Biar nggak jomblo

Biar nggak jomblo via http://shutterstock.com

Ngaku aja, kamu pasti suka ‘cuci mata’ di alun-alun kota kan. Nah, mumpung di negara orang juga boleh banget nih. Trafalgar Square ini terkenal sebagai tempat yang sangat asik untuk jalan-jalan santai di pagi maupun sore hari. Namanya sendiri dibuat untuk mengenang Pertempuran Trafalgar pada tahun 1805. Karena terletak strategis di tengah kota, dari komplek House of Parliament kamu tinggal jalan kaki ke Utara sekitar 10 menitan. Dijamin nggak mungkin kesasar.

Bila beruntung, kamu juga bisa menyaksikan festival atau pertunjukan musik yang digelar di sini. Menyenangkan, bukan?

5. Siapa bilang berkunjung ke museum selalu membosankan? National Gallery punya bukti kalau main ke sini tuh seru banget

Meski buta soal seni,

Meski buta soal seni, via http://pixabay.com

Didirikan pada tahun 1824, National Gallery telah mengoleksi lebih dari 2.300 lukisan dari seluruh dunia. Lukisan yang dipamerkan berasal dari pertengahan abad ke-13 hingga tahun 1900-an. Sangat fantastis, bukan? Selalu ada keasyikan tersendiri ketika menjelajahi museum seni seperti ini. Berbagai lukisan terasa seperti berbicara, menceritakan kisahnya masing-masing.

Karena masih berlokasi di Trafalgar Square, kamu bisa langsung ke sini setelah puas berjalan-jalan di alun-alun. Tiket masuk? Gratis tis tis.


Tidak hanya jalan-jalan, tapi kamu juga bisa menambah pengetahuan


6. Hei, kenapa nggak menyempatkan singgah sejenak di kota kecil Oxford? Keindahan arsitekturnya bak negeri dongeng membuat siapapun betah berlama-lama

Jangan lama-lama

Jangan lama-lama via http://pinterest.com


Berbagai sudut kota yang instagrammable bisa kamu buat foto-foto sampai capek, meski ujungnya hanya satu yang di-upload. :)


Oxford sudah menjadi kota pelajar paling populer di Inggris, jauh sebelum Harry Potter terkenal di sini. Dari London, menuju kota ini bisa menggunakan kereta dengan 60 menit perjalanan.

Baik untuk kamu ketahui, Oxford Univeristy ini merupakan kumpulan dari kampus, universitas, akademi, dan sekolah tinggi yang jumlahnya lumayan banyak. Jadi dia bukan satu entitas tunggal layaknya nama sebuah universitas, melainkan kumpulan dari itu semua. Maka ketika menyusuri kota ini, banyak sekali kaum muda dan terpelajar riwa-riwi menggunakan seragam almamaternya. Semakin lengkap dengan bangunan indah di setiap sisi kota.

Tips: Cara paling efektif untuk menjelajahi Oxford adalah dengan berjalan kaki atau bersepeda, mengingat naik taksi lumayan mahal.

7. Rasakan euforia tak terlupakan ketika berkunjung ke ‘tempat suci’ bagi para fans Manchester United. Mana lagi kalau bukan Old Traffod

Pas ke sini

Pas ke sini via http://pexels.com

Salah satu cara terbaik mengunjungi stadion legendaris ini bisa dengan naik kereta. Dari stasiun London Euston menuju Mancester Piccadilly menggunakan Virgin Trains dengan waktu tempuh selama 2 jam. Sampai di sini, para penggemar bola dari seluruh dunia akan banyak ditemui. Mulai dari rombongan kakek-nenek hingga balita kecil yang gak ngerti bola pun ada. Riuh ramainya wisatawan yang datang membuat hati takjub. Nikmatin aja suasananya, tunda dulu galaunya.

Walaupun kamu bukan Red Devils, sebutan untuk penggemar MU, kamu bisa memberi hadiah pada temanmu yang ngefans berat sama tim ini. Tulis namanya, fotoin di depan stadion lengkap dengan kalimat salam-salam seperti umumnya. Dijamin dia bakal senang banget dan berterima kasih ke kamu. Oleh-oleh nggak selalu harus barang, kan?

Tips: Bila hari pertandingan tiba, akan ada banyak pedagang kaki lima yang menjual suvenir dengan harga miring. Dengan sedikit menawar, barang-barang MU bisa kamu bawa pulang dengan hati senang.

8. Suka dengan barang yang unik dan murah? Portobello Road Market adalah tempat yang cocok untuk berburu oleh-oleh


Traveling itu bukan ajang pamer gengsi. nggak sepantasnya kamu kalap mata saat belanja.


Pasar unik ini berlokasi tepat di Nothing Hill, Portobello Road, dengan bangunan bergaya London khas tempo dulu di kanan-kirinya. Sensasi berbelanja di sini yang khas serta kearifan lokal yang kental, membuat pengemar belanja dan pelancong menjadikannya sebagai destinasi favorit. Banyak yang bisa diburu, seperti kamera antik, topi bundar yang lebar, pakaian musim dingin dan banyak lagi.

Bila tak ingin berbelanja, kamu bisa bersantai menikmati teh dan kudapan di kafe-kafe yang berada di tepian kanal. Cukup berfoto saja, tidak usah pakai acara nulis puisi untuk mantan. Karena di sini rame banget!

Itulah tadi 8 rekomendasi tempat untuk kamu jalan-jalan gratis ketika mengunjungi UK. Banyak destinasi yang didapat, kesehatan dompet pun selamat. Hore!

Masih belum bisa main ke UK? Gapapa. At least, kamu sudah punya tujuan dan refrensi tempat mainmu nanti. Siapa tau dapet rejeki. Semangat kerjanya, banyakin nabungnya, kurangin nongkrongnya hehe. Kalau menurutmu, destinasi mana nih yang harus banget dikunjungin? Atau punya rekomendasi tempat kece lainnya di UK? Bisikin di kolom komentar ya.

#AyoKeUK #WTGB #OMGB

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya