Setiap daerah pasti mempunyai ciri khas dan keunikannya sendiri, seperti halnya dengan Kampung Inggris ini. Secara umum orang-orang hanya mengetahui Pare adalah tempat terbaik menguasai bahasa Inggris. Dari mulai Speaking, Listening, Reading, Writing, TOEFL hingga IELTS semua bisa kamu pelajari di sini. Tinggal pilih saja mana yang menjadi fokus dan tujuanmu.Namun dibalik itu semua belum banyak tahu jika Kampung Inggris yang berlokasi di Pare, Kediri, Jawa Timur ini menyimpan banyak keunikan yang tak dimiliki oleh tempat lainnya.

Fakta-fakta ini mungkin akan dijumpai setelah kamu cukup lama tinggal serta menyempatkan diri untuk berkeliling dan membaur dengan kehidupan di sana. Fakta unik apakah itu? Ini dia!

1. Setiba di Kampung Inggris, Kamu akan Menjumpai RATUSAN TEMPAT KURSUS dengan Berbagai Program yang Ditawarkan

Salah satu Lembaga di Kampung Inggris

Salah satu Lembaga di Kampung Inggris via https://scontent-sin6-1.xx.fbcdn.net

Apapun masalahmu, asal masih berhubungan dengan bahasa Inggris, dijamin Kampung Inggris dapat mengatasinya. Beberapa lembaga kursus menyediakan pelatihan ketrampilan berbahasa Inggris dengan tujuan tertentu, seperti persiapan tes TOEFL atau IELTS, Public Speaking, Job Interview, Business Writing dan sebagainya. Kamu pun nggak hanya diberi satu pilihan, tetapi hingga ratusan kursusan. Wow banget Kan?

2. Ketika Memasuki Periode Ramai, Kamu pun Bisa Menjumpai RIBUAN SISWA Memadati Kelas-Kelas di Kampung Inggris

Ribuan Siswa mengikuti pawai 17 agustus

Ribuan Siswa mengikuti pawai 17 agustus via https://www.facebook.com

Advertisement

Berbeda dengan tempat lainnya yang mungkin hanya bisa membuka kelas hingga puluhan, di Kampung Inggris kamu akan terbiasa menjumpai lembaga kursus yang mampu membuka hingga ratusan kelas karena saking banyaknya pendatang yang antusias terhadap cara pembelajaran di sana. Banyaknya jumlah kelas menyesuaikan permintaan program setelah para siswa melakukan registrasi. So, bukan pemandangan aneh lagi ketika kamu menemui kelas di teras-teras, di bawah pohon atau tempat nggak biasa lainnya. Justru kondisi ini kadang memberikan kesan tersendiri bagi para siswa.

3. Setiap Tahun, Ribuan Siswa yang Berasal dari BERBAGAI PULAU DI INDONESIA Datang Belajar ke Kampung Inggris

Jawa,Ambon,Sunda,Tionghoa,Papua,Aceh

Jawa,Ambon,Sunda,Tionghoa,Papua,Aceh via https://scontent-sin6-1.xx.fbcdn.net

Ya, siswa Kampung Inggris tidak berasal dari seputaran Kediri dan Jawa Timur saja, tetapi juga dari berbagai daerah di Indonesia. Sebagian dari mereka mengaku mendapat informasi mengenai tempat ini dari internet. Kampung Inggris memberikan alternatif di tengah mahalnya biaya pendidikan (terlebih kursus bahasa Inggris) serta biaya hidup di daerah-daerah luar Jawa. Mereka bersedia datang jauh-jauh demi meraih apa yang mereka impikan dan rencanakan. Salut!

4. Seperti Daerah Pendidikan Lainnya, Kampung Inggris Bagaikan PERKOTAAN KECIL yang Dilengkapi dengan Berbagai Sarana Penunjang

ATM BCA Pare

ATM BCA Pare via https://www.facebook.com

Jadi keliru apabila kamu berpikir jika Kampung Inggris itu perkampungan yang minim fasilitas dan akses transportasi. Seiring berkembangnya daerah ini serta bertambahnya jumlah lembaga kursus, bertambah pula unit-unit usaha lainnya di sekitar sini, seperti jasa travel, laundry, kuliner, fotokopi, mimimarket, ATM hingga fitness center pun ada. Lengkap kan?

5. Tak Mengenal Batas Usia, Cuma di Kampung Inggris Kamu Biasa Melihat Pemandangan Anak Lulusan SMA Ngajar Dosen

Coba Tebak Mana Guru Mana Marid

Coba Tebak Mana Guru Mana Marid via https://www.facebook.com

Advertisement

Ketika memasuki masa liburan, jangan heran kalau teman sekelasmu adalah orang yang telah berusia lanjut dengan berbagai profesi prestisius, seperti dosen, dokter bahkan polisi. Semangat belajar mereka pun tak kalah dengan kita-kita yang masih muda ini lho. Terbiasa ngajar di kampus juga tak membuat dosen tersebut malu menuntut ilmu meskipun diajar oleh tutor yang notabene baru lulus SMA. Ilmu memang bisa ditimba dari siapa saja meskipun pengajarnya masih berusia belia, terpenting adalah kemampuan yang dia miliki. Itulah hebatnya Kampung Inggris, guys! Siapapun bisa bergabung tanpa memandang perbedaan usia dan gelar.

6. Bukan Sepeda Motor atau Mobil, SEPEDA Adalah Alat Transportasi Favorit dan Paling Efektif di Kampung Inggris

Sepeda Alat transportasi Utama siswa

Sepeda Alat transportasi Utama siswa via https://www.facebook.com

Mungkin kamu akan terpesona dengan pemandangan ini: di pagi hari para siswa berbondong-bondong datang memarkir sepedanya dengan rapi sebelum memasuki kelas. Ya, sepeda merupakan alat transportasi favorit di Kampung Inggris. Hal ini juga didukung dengan munculnya beberapa penyewaan sepeda. Kamu bisa memilih jenis sepeda sesuai dengan keinginanmu dan menyewanya dengan jangka waktu minimal 2 minggu hingga sekian bulan berdasarkan berapa lama kamu tinggal di Kampung Inggris. Selain itu, kendaraan ini dikatakan paling efektif karena jarak asrama dengan kelas tak terlalu jauh.

7. Tak Ketinggalan, Kampung Inggris juga Dijuluki SURGA KULINER karena Banyaknya Variasi Jajanan yang Dapat Kamu Jumpai di Sana

Tempat Nongkrong asik di kampung inggris

Tempat Nongkrong asik di kampung inggris via https://www.facebook.com

Kampung Inggris bagaikan surga kuliner, terutama bagi teman-teman yang datang dari luar pulau Jawa. Beberapa dari mereka mengaku menemukan makanan ‘aneh-aneh’ di Pare dan baru pertama itu mencicipinya. Event seperti Car Free Day (CFD) setiap akhir pekan kerap mereka manfaatkan untuk memanjakan lidah. Sebut saja Sempol, Penthol Goreng, Pisuke, Jasuke serta makanan lainnya bakal bikin kamu kangen sepulang dari Kampung Inggris

8. Hanya di Kampung Inggris Kamu Bisa Menjumpai Bahkan Merasakan Sensasi CINTA PERIODE, Kamu Termasuk ?

Cinta satu Periodeku

Cinta satu Periodeku via https://www.facebook.com

Fakta terakhir ini kerap dialami oleh perantau muda mudi yang datang di Kampung Inggris. Awalnya memang menuntut ilmu, namun perlahan keakraban dengan teman sekelas atau kenalan lainnya dapat menumbuhkan benih-benih cinta di hati keduanya. Meskipun dibalik itu ada fakta miris semisal salah satu sudah punya pacar toh cinta periode tetap menjadi satu fakta yang tak bisa di hindari di Kampung Inggris. Dijuluki cinta periode karena setelah program selesai, biasanya hubungan pasangan turut usai juga dan mereka pun harus kembali ke dunia nyata. Eh, kembali ke daerah asal masing-masing maksudnya. Hehe

Begitulah Kampung Inggris. Dibalik hiruk pikuk manusia yang berdatangan ke sana terdapat fakta-fakta unik yang terkadang membuat kita kangen untuk datang kembali. Jadi, kapan datang ke Kampung Inggris lagi?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya