Teman-teman gamers senang bermain game horor? Dibanding dengan genre lainnya, game horor memang memberikan sensasi yang berbeda. Rasa penasaran bercampur dengan rasa takut, menghasilkan sebuah tantangan tersendiri dalam memainkan game horor. Mungkin teman-teman punya alasan sendiri mengapa sebuah game horor membuat kalian merasa takut. Tapi tahukah teman-teman, apa saja sih faktor atau elemen yang membuat game tersebut memacu kita merasa takut?

Sebuah penelitian dilakukan untuk mengetahui mengapa sebuah game bisa menyeramkan dan membuatnya menjadi horor. Ini dia 8 faktor dan elemen yang biasa dimiliki sebuah game horor!

1. Ambiguitas

Ambiguitas

Ambiguitas via https://staf.ulm.ac.id

Salah satu faktor yang membuat game horor itu terasa seram adalah ambiguitas di dalam game tersebut. Ketika bermain game kita merasakan adanya sesuatu yang tidak beres di dalamnya yang ternyata hal tersebut membuat kita semakin bingung. Semakin kita menelusuri apa yang terjadi di dalamnya, malah membuat kita semakin tersesat dan semakin membuat kita tidak tahu apa yang terjadi dan mengapa hal tersebut bisa terjadi.


Semakin ambigu, semakin orang-orang akan berpikir hal yang menakutkan dalam pikiran mereka.


2. Latar yang suram

Latar yang Suram

Latar yang Suram via http://www.kopi-ireng.com

Advertisement

Pernahkah teman-teman gamers membayangkan jika tersesat di hutan ketika malam tiba? Hutan tersebut diselimuti oleh kabut dan hanya ada pohon-pohon mati di sana? Atau teman-teman berada di sebuah gedung sekolah atau rumah sakit yang di setiap dindingnya ada bercak-bercak darah?

Pada umumnya latar tempat di game horor memang terkesan suram dan berbahaya. Hal tersebut yang membuat kita menduga-duga, ada suatu hal seram apa di dalamnya yang bisa mengancam jiwa kita? Pada umumnya game memiliki sebuah tempat di mana tokoh protagonis bisa merasa aman tanpa ada gangguan musuh. Sayangnya dalam game horor belum tentu hal tersebut ada.


Tidak ada tempat yang aman dalam game horor!


3. Pemain yang tidak terbiasa

Pemain yang Tidak Terbiasa

Pemain yang Tidak Terbiasa via https://commons.wikimedia.org

Advertisement

Segala hal yang bersifat rutin akan menjadikan orang tersebut terbiasa dalam memainkan sebuah game dan membuat setiap orang akan merasa tidak tertantang lagi karena game tersebut telah dikuasai. Hal ini juga berlaku pada game horor, karena terbiasa melihat dan merasakan pengalaman menyeramkan yang rutin dia nikmati, membuat setiap pemain tidak akan merasakan hal menyeramkan di dalamnya.


Hal ini bisa dihindari dengan menjaga ambiguitas. Misalkan latar yang sering berubah atau tidak pasti letaknya, atau gerak musuh yang tidak terbaca. Jangan sampai membuat para pemain merasa terbiasa!


4. Keterikatan emosi dengan protagonis

Keterikatan Emosi dengan Protagonis

Keterikatan Emosi dengan Protagonis via http://www.jurnalponsel.com

Ketika kita bermain game horor, otomatis kita bermain sebagai sang protagonis. Para pemain secara otomatis perlu untuk merasa empati terhadap sang protagonis untuk menyelamatkan diri dari segala macam marabahaya.


Ketakutan yang dirasakan sang tokoh protagonis, harusnya juga ikut dirasakan oleh para pemain!


5. Ketakutan harus jelas

Ketakutan Harus Jelas

Ketakutan Harus Jelas via https://medium.com

Rasa takut ketika dalam bermain game harus jelas, sebenarnya apa yang ditakutkan oleh para pemain. Meskipun hal tersebut adalah sesuatu yang lumrah, tapi dalam game horor bisa saja hal tersebut menjadi sesuatu yang menakutkan.


Sebuah game horor harus membawakan hal yang menakutkan di rumah!


6. Bela diri terhadap musuh

Bela Diri Terhadap Musuh

Bela Diri Terhadap Musuh via https://pixabay.com

Bukankah tidak menakutkan jika kita bisa membunuh musuh dengan mudah? Sebaliknya jika kita memainkan game horor dengan hanya dibekali dengan kemampuan yang terbatas dan senjata yang jarang sekali ditemukan dan membuat kita menghadapi musuh yang sangat menakutkan, bahkan kita tidak tahu bagaimana cara mengalahkannya, itulah yang membuat seru. Sehingga para pemain pun hanya berpikir bagaimana caranya agar bisa bertahan hidup dari hal yang menyeramkan tersebut.


Setidaknya para pemain hanya bisa lari!


7. Desain musuh

Desain Musuh

Desain Musuh via https://www.flickr.com

Musuh dalam game horor harus memberikan kesan membuat risih, memberikan rasa tidak aman, yang pasti para pemain harus merasa bahwa jika berdekatan dengan musuh sangatlah berbahaya. Alternatifnya, musuh bisa dibuat dengan bentuk layaknya seorang tanpa dosa.


Contohnya seperti bentuk wajah anak-anak atau wajah boneka yang terlihat seperti “tidak memiliki dosa”.


8. Efek suara

Efek Suara

Efek Suara via https://simomot.com

Musik dan suara adalah salah satu hal yang paling penting dalam game. Begitupun dengan game horor, suara bisa memberikan stimulasi para pemainnya. Efek suara bisa memanipulasi suasana dan emosi para pemainnya.


Ketika para pemain mendekati suatu tempat yang berbahaya, maka akan ada efek suara yang bisa membuat para pemainnya merasa panik.


Jadi teman-teman gamers, apa yang paling membuatmu takut dalam memainkan game horor? Apa teman-teman punya alasan lain, hingga merasa takut dalam memainkan game horor? Yuk share!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya