8 Hal Baik di Balik Riuhnya Bahaya Corona, Membuat Kita Tetap Bersyukur Kepada Tuhan Yang Maha Esa!

Meskipun asal virus ini dari kota Wuhan di Cina, tapi kejadian ini menjadi sangat luar biasa.

Di sebagian wilayah Indonesia, corona telah menjelma sebagai kejadian luar biasa. Tentu hal ini tidak terjadi secara tiba-tiba. Banyak faktor yang memicu penyebaran virus ini, meskipun asal muasal sang virus berasal dari kota Wuhan di Cina, di sebrang lautan sana.

Ketimbang menyalahkan keadaan yang sedang terjadi di masyarakat, ada baiknya untuk tetap saling mengingatkan bahwa masih ada hal-hal baik yang tetap dapat ditemukan di balik riuhnya bahaya korona. Hal-hal baik tersebut di antaranya adalah sebagai berikut. Yuk, disimak sejenak! Selamat menyimak, ya!

ADVERTISEMENT

1. Kenyamanan rumah sendiri yang semakin terasa, meskipun dunia tengah dilanda corona

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels via https://www.pexels.com

Saat corona sedang mewabah seperti sekarang, banyak kantor dan tempat umum yang ditutup oleh instansi yang mengelolanya. Semua hal itu, dilakukan demi mencegah terjadinya persebaran virus COVID-19.

Di saat yang sama, mau tak mau, kamu pasti akan lebih banyak menghabiskan waktu di rumah bukan? Meskipun terkesan agak membosankan untuk yang terbiasa beraktivitas di luar, sebenarnya hal ini adalah satu dari sekian banyak yang wajib untuk disyukuri.

Bilapun rumah ataupun ruangan yang kamu tinggali tidak terlalu rapih kondisinya, momen ini adalah waktu yang baik untuk merapihkan rumah secara perlahan. Tak perlu sampai melakukan renovasi, kok! Membersihkan rumah hingga ke sudut ruangan pun, sudah dapat membuat kenyamanan semakin terasa!

Tak perlu sampai menggunakan cairan desinfektan. Untuk mencegah penyebaran penyakit corona, mencuci tangan saja sebenarnya juga sudah cukup. Namun bilapun kamu ada waktu ekstra, tak ada salahnya juga sih melakukan hal lebih untuk kebersihan rumah. Toh, demi kebaikan dirimu juga kan?

ADVERTISEMENT

2. Keluarga yang selalu mengingatkan tentang kesehatan dengan penuh cinta

Keluarga selalu jadi tempat ternyaman

Keluarga selalu jadi tempat ternyaman via https://www.pexels.com

Selain kenyamanan rumah, kasih sayang dari keluarga tentu juga tetap kamu dapatkan bukan? Sudah dapat pesan cinta dari keluarga untuk selalu mencuci tangan dan menjaga kebersihan? Kalau sudah, hal tersebut wajib untuk kamu syukuri, ya!

Sebab, tidak semua orang dapat seberuntung kamu loh! Tidak percaya? Perhatikan saja sekitar. Betapa banyak orang-orang yang masih belum bisa berkeluarga, ataupun bahkan telah ditinggalkan orang-orang tersayang ke alam yang berbeda. Tuh kan? Masih tidak mau bersyukur dengan semua hal yang ada di sekitar kamu? Tentu tidak lah ya!

ADVERTISEMENT

3. Teman-teman dekat yang tetap bisa diajak berbincang bersama meski sebatas pesan singkat saja

Teman pasti selalu bisa menghibur kita

Teman pasti selalu bisa menghibur kita via https://www.pexels.com

Kondisi dunia memang sedang kurang ramah. Banyak diantara mereka yang meningkatkan kewaspadaan, termasuk orang-orang yang ada di sekitar lingkunganmu. Meskipun begitu, di momen yang agak terasa mencekam ini, kamu masih bisa berbincang-bincang bersama teman-temanmu kan?

Sekalipun kalian tidak dapat berbincang di sembarang waktu, jangan lah cepat merasa sedih dengan kondisi yang tengah kamu alami. Sebab, sudah seharusnya seorang sahabat saling mengerti dan mengikhlaskan bila salah satu sedang ada di tengah kesibukan.

Bilapun kamu dan teman-teman masih bisa bebas berbincang di tengah kondisi yang sekarang, tetaplah ingat untuk selalu bersyukur ya!

ADVERTISEMENT

4. Munculnya sifat mengerti dari atasan di tempat kerja, meski deadline mengejar di tengah wabah yang melanda

Atasan Lebih Pengertian

Atasan Lebih Pengertian via http://www.pexels.com

Di hari biasa, atasan mungkin akan sedikit lebih rewel kepada kita yang masih belum ada apa-apanya. Terlebih, di momen menjelang deadline. Pasti bawelnya akan lebih ekstra. Kamu yang sudah aktif bekerja, sudah pernah kena sembur belum? Bila belum, jangan sampai malah kejadian ya!

Meskipun di hari normal atasan agak sulit untuk ditebak, di “musim COVID-19” ini, kamu sadar gak kalau sifatnya seakan seperti melunak? Meskipun tidak semua atasan berlaku demikian, banyak perusahaan yang mengeluarkan kebijakan untuk memperbolehkan para karyawan bekerja dari rumah.

Tentu ini merupakan bukti pengertian yang baik bukan? Di momen lain, belum tentu loh bisa diberlakukan yang seperti ini. Yuk, syukuri nikmat yang satu ini!

ADVERTISEMENT

5. Kebebasan dalam mengakses berita di media massa dan sosial media

Jangan lupa dibatasi ya!

Jangan lupa dibatasi ya! via https://www.pexels.com

Meskipun COVID-19 diberitakan secara masif oleh hampir keseluruhan media, kamu masih dapat memilah-milah sumber yang akan kamu percaya. Bukan rahasia lagi bila tidak semua info yang diberitakan media bersifat 100% benar. Sebagai pembaca, kamu masih harus membaca referensi lain agar tidak tertipu begitu saja oleh pemberitaan yang kurang bertanggung jawab.

Hal ini memang menjadi tajuk utama di beberapa media maSsa kelas dunia. Walau demikian, di beberapa negara, masih ada saja regulasi dari pemerintah setempat yang membatasi pemberitaan tentang sesuatu hal yang beredar di masyarakat. Tidak terbayangkan bukan bila kamu harus hidup di negara tertutup semisal Korea Utara?

ADVERTISEMENT

6. Tempat-tempat yang menjual barang dan jasa yang murah meriah dengan kualitas yang tetap terjaga

Mencari barang tidak sesulit yang terbayang!

Mencari barang tidak sesulit yang terbayang! via http://www.pexels.com

Merasa khawatir dengan harga-harga barang di pasaran? Tenang saja, Indonesia tidak sekecil ukuran yang terlihat di peta. Tidak sekedar Jakarta, Pulau Jawa, dan masih ada pulau-pulau lain yang saling terhubung antara satu dan lainnya!

Memang, beberapa barang seperti masker memang sempat melonjak harganya. Namun untuk komoditas lain, kurang lebih tidak begitu terpengaruh. Bahkan di sektor jasa banyak yang masih gencar melakukan promosi dengan memberikan harga yang terjangkau.

7. Para petugas kesehatan yang senantiasa siap siaga

Dokter pasti standby!

Dokter pasti standby! via https://www.pexels.com

Di momen penyakit sedang mewabah seperti sekarang, tenaga medis adalah salah satu yang wajib bersiaga. Terlebih, tidak semua rumah sakit yang ditunjuk oleh dinas terkait mampu dijangkau oleh masyarakat.

Bilapun kamu tinggal di tempat yang tidak terlalu jauh dari rumah sakit pilihan tersebut, kamu wajib bersyukur karena tidak begitu menemui kendala bila sewaktu-waktu terinfeksi oleh COVID-19 tersebut.

Namun, bilapun jauh dan sulit untuk ditempuh, kamu tetap harus bersyukur dengan faskes-faskes alternatif yang ada di sekitar. Sebab, gejala dari corona itu sendiri tidak terlalu sulit untuk dikenali. Dan kebanyakan dari tenaga perawat, sedikit banyak sudah mengerti dengan tindakan-tindakan yang harus dilakukan.

8. Cinta Tuhan Yang Maha Esa, kepada hamba dan makhluk ciptaan-Nya

Tuhan Maha Baik

Tuhan Maha Baik via https://www.pexels.com

Di dalam kondisi apapun, Tuhan memang tak henti-hentinya memberikan cinta dan kasih sayang kepada setiap hamba dan mahluk ciptaan-Nya. Termasuk di saat wabah COVID-19 tengah merebak seperti sekarang. Banyak sekali bukti kasih sayang dari Tuhan yang maha Esa, semisal yang sudah kita bahas bersama di atas.

Terlepas dari bagaimanapun kondisimu sekarang, dimanapun kamu berada, atau momen apapun yang tengah kamu jalani, jangan lupa untuk senantiasa bersyukur, ya! Dengan bersyukur, Tuhan Yang Maha Esa pasti akan senang untuk lebih mencintai kita.

Selain mensyukuri segala yang ada, jangan lupa pula untuk mendoakan sekitar dan kondisi dunia, ya! Semoga semua bisa lekas pulih kembali seperti sedia kala, dan kita semua bisa kembali beraktivitas seperti hari-hari biasa.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Cuma manusia yang kadang lupa. Calon Imam, dan pemimpin keluarga. Aku lahir di Jogja, besar di Jakarta, dan merapat di #BloggerJakarta .