8 Hal Bermanfaat Ini Bisa Kamu Lakukan di Waktu Luang Saat Pandemi

Artikel ini ditulis oleh Rindi Deviani dan Muhammad Adly Rabbani Abshor 

Pandemi membuat kita terus berdiam diri di rumah. Kadang kala kita bosan dan ingin melakukan hal baru. Bingung apa yang harus dilakukan ketika luang? Di bawah ini ada 8 hal yang bisa kamu lakukan di waktu luang kamu. Selamat mencoba!

Advertisement

1. Berolahraga

Photo by Ketut Subiyanto from Pexels

Photo by Ketut Subiyanto from Pexels via https://www.pexels.com

Olahraga tidak harus dilakukan di tempat gym atau outdoor seperti lapangan, tetapi olahraga juga bisa kamu lakukan di rumah. Banyak sekali olahraga seperti meregangkan badan, yoga, push-up ataupun sit-up yang bisa kamu lakukan di rumah.

Dengan olahraga, kamu bisa meningkatkan daya imun tubuh kamu dan juga memperkuat fisik kamu dalam menghadapi situasi di masa pandemi sekarang ini.

Advertisement

Selain itu, kamu juga bisa mengajak keluarga kamu untuk olahraga bersama seperti jogging di halaman rumah atau berenang jika kamu punya kolam renang pribadi ya, hehe. Bisa sih, renang di kolam renang umum tetapi mengingat situasi pandemi ini, sebaiknya ditahan terlebih dulu, deh, hehe.

2. Mendalami hobi

Photo by Thirdman from Pexels

Photo by Thirdman from Pexels via https://www.pexels.com

Terkadang olahraga saja belum cukup untuk mengisi kekosongan di waktu luang kita. Kadang kita juga harus melakukan sesuatu yang kita sukai, salah satunya dengan melakukan hobi kita, seperti bermain game, membaca novel dan komik, menonton film atau drama. Atau kamu bisa melatih bakat yang kamu miliki seperti membuat vlog, menggambar, bermain musik, dan  memasak.

3. Kerja sampingan

Advertisement
Photo by Vlada Karpovich from Pexels

Photo by Vlada Karpovich from Pexels via https://www.pexels.com

Kamu bisa menghasilkan uang di waktu luang kamu loh. Bagaimana caranya? Salah satunya adalah dengan kerja sampingan atau kamu jadi freelancer.

Contohnya, kalau kamu punya hobi menggambar, kamu bisa menghasilkan uang dengan menjual lukisan kamu atau kamu hobi menulis dan jago bikin konten, kamu bisa banget jadi content creator, atau kamu punya skill desain grafis, wah itu mah bisa banget buka jasa desain di aplikasi-aplikasi freelance untuk dapat cuan. Nah, jadi, hobi kamu apa? Sudah kepikiran mau ngapain?

4. Quality time bersama keluarga

Photo by Askar Abayev from Pexels

Photo by Askar Abayev from Pexels via https://www.pexels.com

Di situasi pandemi ini, sebagian besar waktu kita habiskan di rumah. Nah, kamu bisa manfaatkan kesempatan ini untuk lebih dekat dengan keluarga kamu. Yang tadinya kurang dekat, jadi bisa lebih dekat.

Dengan cara apa? Bisa dengan ngobrol. Ajak ngobrol orang tua kita atau kalau kamu sudah berkeluarga, kamu bisa ajak obrol anak-anak kamu, dan saling memberi perhatian.

Kamu juga bisa ajak adik atau kakak kamu untuk bermain bersama di rumah seperti bermain game bersama atau bermain game online bersama alias mabar, atau kamu bisa belajar memasak dengan keluarga kamu loh. Terdengar mengasyikkan, bukan?

5. Mengikuti seminar online

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels via https://www.pexels.com

Di masa pandemi ini, banyak hal yang tadinya dilakukan luring (offline) jadi daring (online), seminar adalah salah satunya. Seminar atau yang sekarang lebih sering disebut sebagai webinar, banyak yang diselenggarakan dengan cuma-cuma alias tidak memungut biaya sepersen pun.

Hal ini bisa kamu manfaatkan untuk menambah pengetahuan, relasi, dan sertifikat, hehe.  Ada berbagai macam topik webinar yang bisa kamu ikuti, kamu bisa cari informasi tentang webinar di Instagram, coba deh, siapa tahu ketagihan, hehe.

6. Ikut pelatihan atau kursus online

Photo by Anna Shvets from Pexels

Photo by Anna Shvets from Pexels via https://www.pexels.com

Zaman semakin maju dan perkembangan iptek semakin canggih. Kita juga harus canggih, dong, jangan mau ketinggalan. Nah, kamu bisa ikut pelatihan atau kursus online, seperti kursus desain grafis, coding, digital marketing, dan bisa juga pelatihan soft skills.

Kenapa? Karena persaingan semakin ketat dan lawan kita bukanlah masyarakat dalam negeri saja, tetapi masyarakat luar negeri juga.

Saat ini, banyak pelatihan-pelatihan gratis yang bisa kamu ikuti dan ada juga yang berbayar jika kamu menginginkan sertifikatnya. Percaya deh, hal ini bakal berguna banget.

7. Belajar bahasa asing

Photo by PICHA Stock from Pexels

Photo by PICHA Stock from Pexels via https://www.pexels.com

Sudahkah kamu menyadari pentingnya menguasai bahasa asing? Menguasai bahasa asing dapat memberikan kamu kesempatan yang lebih lebar ketika melamar pekerjaan atau beasiswa di luar negeri. Dengan menguasai bahasa asing, dapat menambah value di dalam diri kita.

Saat ini bahasa asing yang menjadi bahasa resmi PBB adalah bahasa Inggris, China, Prancis, Spanyol, Arab, dan Rusia. Mungkin kamu bisa memulai dengan mempelajari bahasa asing tersebut atau bahasa asing lainnya yang kamu minati, biasanya sih kalau kpopers belajarnya bahasa Korea nih, kalau wibu ya bahasa Jepang, betul bukan?

8. Menulis diary

Photo by cottonbro from Pexels

Photo by cottonbro from Pexels via https://www.pexels.com

Tahukah kamu bahwa menulis diary dapat mengurangi stres? Bagi beberapa orang yang mengalami dampak cukup besar akibat pandemi ini, stres adalah makanan sehari-hari.

Apabila kamu stres karena di-PHK akibat pengurangan jumlah karyawan, usaha yang sepi pembeli, tugas yang menumpuk sedangkan materi kurang dipahami akibat pembelajaran online, atau stres karena tidak bisa berinteraksi dengan orang lain, maka kamu harus coba hal ini.

Dengan menulis diary, beban pikiran kita dapat kita alihkan dari otak atau pikiran ke buku. Kita curahkan apa yang kita alami dan kita rasakan dalam satu hari ke diary kita. Semangat mencoba dan menjalani hidup!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE