Kamu yang sedang memiliki relasi atau hubungan dengan seseorang? Sepertinya 8 hal ini bisa kamu jadikan sebagai indikator untuk mendeteksi apakah hubunganmu adalah hubungan yang sehat atau apakah ada praktik kekerasan dalam hubungan kamu? Yuk simak 8 hal ini~

1. Menghargai

Apakah pasanganmu menerima kamu sebagaimana adanya dirimu? Tidak ada seorangpun yang bisa memaksamu untuk melakukan hal-hal yang membuatmu tidak nyaman, misalnya memaksamu minum alkohol, memaksa untuk memakai pakaian-pakaian tertentu, merokok, atau apapun yang tidak kamu sukai termasuk kontak fisik yang tidak kamu kehendaki.

2. Aman

Advertisement

Apakah merasa aman secara fisik dan emosional di dalam relasimu? Keamanan emosional berarti bahwa kamu merasa nyaman menjadi dirimu sendiri tanpa merasa takut diputuskan. Keamanan fisik berarti bahwa kamu tidak disakiti atau dipaksa melakukan kontak fisik yang tidak kamu inginkan.

3. Dukungan

Apakah pasanganmu peduli terhadapmu dan menginginkan yang terbaik untukmu? Pasanganmu seharusnya memahami jika kamu tidak bisa diajak keluar karena kamu harus belajar, kuliah, atau jika orang tuamu meminta tinggal di rumah.

4. Menjadi Diri Sendiri

Apakah kamu merasa tidak menjadi dirimu sendiri, atau kamu merasa tidak nyaman, atau menjadi orang lain? Jadilah dirimu sendiri, karena kepribadianmu menjadikan kamu sebagai dirimu sendiri. Dan setiap orang punya jati sendiri dan keunikan yang berbeda-beda

5. Keadilan dan Kesetaraan

Advertisement

Apakah kamu merasa setara di dalam relasimu? Setiap kegiatan yang kamu lakukan bersama pasanganmu, kamu harus memiliki kesempatan untuk secara setara memutuskan apa yang akan kalian lakukan bersama-sama. Seperti menentukan tempat makan, menentukan mau bepergian kemana dan hal-hal lainnya yang memerlukan keputusan bersama

6. Penerimaan

Apakah pasangan kamu menerima kamu apa adanya? Kamu tidak seharusnya merubah siapa dirimu atau mengkompromikan kepercayaanmu untuk membuatnya menyukaimu.

7. Kejujuran dan Kepercayaan

Apakah kamu selalu jujur pada pasanganmu dan pasanganmu selalu jujur denganmu? Kejujuran merupakan pondasi kepercayaan. Kamu tidak akan pernah bisa memiliki hubungan yang sehat jika tidak ada kepercayaan. Kamu pasti tahu, bahwa jika pacarmu pernah berbohong padamu maka kamu akan membutuhkan waktu untuk mempercayainya kembali atau bahkan tidak akan pernah mempercayainya.

8. Komunikasi

communication

communication via https://www.freepik.com

Masing-masing individu dalam suatu hubungan harus saling mendengarkan satu sama lain. Apakah kamu dan pasanganmu selalu membicarakan perasaan masing-masing secara langsung (tidak melalui SMS, WA, Line, BBM, atau sejenisnya)? Hal terpenting dalam sebuah hubungan atau relasi yang sehat adalah komunikasi efektif.

Komunikasi asertif dan kesadaran emosional dapat membantumu membuat keputusan yang tepat jika menghadapi permasalahan. Membangun komunikasi yang baik adalah landasan di dalam pacaran sehat. Jadi kalau pacarmu melanggar hal-hal ini, lebih baik kamu berpikir ulang lagi untuk bertahan~

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya