#HipweeDaebak-7 Istilah K-Pop yang Harus Kamu Tahu.

Kenali istilah ini supaya lebih nyambung tentang dunia Kpop

Kpop bukan sesuatu yang asing lagi bukan? Untuk yang baru masuk ke dunia Kpop, mungkin ada beberapa kata yang bikin kalian bingung tapi sekali kalian paham, nggak bakal bingung lagi kok. Kata-katanya juga mudah diingat dan membuat percakapan kalian antar sesama Kpopers makin lancar. Yuk, lihat beberapa istilahnya sebagai berikut. 

Advertisement

1. Visual

Photo by @sooyaaa__ on Instagram

Photo by @sooyaaa__ on Instagram via https://www.instagram.com

Dalam satu grup band Korea, biasanya ada satu yang memiliki muka cantik atau ganteng yang bisa membuat orang-orang tahu dan melambangkan grup mereka tapi sekarang tidak terlalu banyak yang menggunakan arti visual seperti itu. Visual dianggap seperti “cover buku” seseorang. Menjadi visual bukan berarti “modal muka” doang. Mereka juga mempunyai bakat hingga berhasil debut. 

2. Ultimate Bias

Photo by @taehyungpic

Photo by @taehyungpic via https://twitter.com

Untuk istilah ini, pasti banyak yang sering denger saat kamu lagi ketemu temen Kpop baru. “Bias kamu siapa?” Nah, arti bias sendiri adalah sebutan untuk member group yang paling kamu sukai tapi bukan berarti kamu gak suka member lainnya. Kamu harus menjadi fans yang mendukung dan menyayangi satu grup kalau ingin menjadi bagian dari fandom sesungguhnya.

Advertisement

3. Bias Wrecker

Photo by @DewaDewu1 on Twitter

Photo by @DewaDewu1 on Twitter via https://twitter.com

Sama-sama ada kata “bias” tapi ada sedikit perbedaan. Bias wrecker adalah member atau idola yang “menggeser” posisi ultimate bias di hati kamu. Misalnya, saat kamu menonton konser mereka, lalu penampilan member yang lain sangat mempesona, kamu akan seketika beralih untuk sementara. 

Kalau aku sendiri, bias wrecker-ku adalah Kim Seokjin karena kelakuannya yang paling bikin ngakak kalau nontonin mereka. 

4. Rookie

Photo by @SecretNumberIndonesia on Facebook

Photo by @SecretNumberIndonesia on Facebook via https://www.facebook.com

Mungkin jarang didengar kalau kamu tidak benar-benar mencari tahu masa-masa awal grup band Kpop. Rookie adalah idol Korea yang baru debut atau disini biasanya disebut artis pendatang baru. Mereka masih newbie dan perjalanan mereka baru dimulai. Sebagai contoh, salah satu rookie idol tahun 2020 ini adalah Secret Number (ada orang Indonesia-nya loh).

Advertisement

5. Maknae

Photo by @morningpassages on Twitter

Photo by @morningpassages on Twitter via https://twitter.com

Dalam group idol, setiap member mempunyai umur yang berbeda-beda. Mulai dari yang tertua sampai termuda. Untuk di dunia Kpop sendiri, member termuda akan disebut maknae. Terkadang kalau di grup ada yang seumuran, bisa juga disebut maknae-line. 

Walaupun setiap grup mempunyai maknae-nya masing-masing, ada juga beberapa member dari beda grup berteman sampai membuat ruang obrolan khusus untuk angkatan mereka, lho. 

 

6. Sasaeng

Photo by harmonicar on Soompi

Photo by harmonicar on Soompi via https://www.soompi.com

Di Asia atau Korea-nya sendiri, fans yang selalu mengikuti hingga menggali privasi sang idola adalah sasaeng fans. Jika sifatnya sudah seperti ini, mungkin ini bukan yang dinamakan penggemar. Mereka menyusup dan menjual informasi yang mereka dapat (nomor telpon, aktivitas, alamat, dan banyak lagi).

Jangan dicontoh ya, karena kita sebagai fans seharusnya mendukung dan menjaga privasi idol, bukan obsesi.

7. Fanchant

Photo by @nct_zhng on Twitter

Photo by @nct_zhng on Twitter via https://twitter.com

Di konser atau saat idola kita tampil, ada sebuah “ritual” yang dilakukan seperti yel-yel. Salah satu perbedaan positif fandom Kpop adalah kompak. Mereka membuat sebuah fanchant yang dibuat dari fans dan akan bersorak ketika idola mulai tampil.Kamu tahu fanchant fandom kamu gak, nih?

Dari semua istilah yang sudah disebutkan tadi, pasti kalian sudah tidak asing. Beberapa istilah ini adalah yang paling utama dari berbagai lainnya yang masih ada. Kalau kalian udah ngerti ini, dijamin yang lain gampang hafal. Selamat datang di dunia Kpop, yorobun!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE