Pencarian jodoh memang perkara yang ngak mudah, banyak banget lika-likunya. Hal itu membuat para single pencari jodoh akhirnya melakukan berbagai macam nasihat dari orangtua (baca: ibu-ibu) demi dipermudahkan jodohnya, bahkan nggak sedikit nurutin mitos-mitos yang dipercaya kebanyakan orang tua. Padahal sih bikin nggak ngerti bahkan sebel karena kebanyakan mitos itu nggak logis. Tapi mau nggak mau tetap harus dilakoni daripada didoain, atau disukurin kalau pas beneran terjadi, ya kan? Cek yuk 8 mitos seputar pacar dan jodoh selama masa pencarian belahan jiwa, kamu pernah ngalamin yang mana nih?

1. Jangan Ngasih Baju Ke Pacar Nanti Bakal Putus

kado baju

kado baju via http://instagram.com

Mitos ini kaya udah mendarah daging banget sama masyarakat kita, khususnya Jawa. Bahkan nggak sedikit anak muda jaman now pun mulai menerapkannya. Pokoknya, jangan kasih sesuatu hal yang berbau kain ke pacar, baik itu baju, sapu tangan, jaket dan lainnya soalnya bakal putus. Yaelah gampang banget yak putusnya hehe

2. Kalau Abis Makan Gorengan, Bekas Minyaknya Dilapin ke Kaki, Biar Nanti Disayang Mertua

minyak sisa gorengan

minyak sisa gorengan via http://instagram.com

Advertisement

Nah ini nih yang paling nggak masuk akal. Jadi, kalau kita para cewek habis makan gorengan kan minyaknya banyak tuh nempel ditangan. Eits, jangan di lap pakai tisu mending di usap-usapin ke kaki biar nanti mertuanya sayang. Udah jadi rumus kah bahwa mertua itu rawan nggak sayang? Hihihi..

3. Jangan Dudukin Sandal Nanti Pacar Kamu Diambil Orang

sandal buat alas duduk

sandal buat alas duduk via http://instagram.com

Kalau lagi duduk di bawah, kadang takut kotor. Dicarilah sepasang sandal, buat dijadikan alas duduk. Perilaku ini dilarang sama orangtua lho, pasalnya nanti pacar kamu bisa direbut orang. Hubungannya apa ya?

4. Kalau Makan Jangan Dipangku Nanti Jodohnya Direbut

makannya dipangku

makannya dipangku via http://instagram.com

Satu lagi mitos tentang rebut-merebut. Mitos Kali ini bakal kamu dengar saat jam makan. Jadi, kalau kamu makan dengan cara meletakkan piring dipangkuanmu (makan dipangku) orang tua biasanya langsung menasihati, "Jangan dipangku makanannya nanti jodoh kamu diambil/direbut orang!" Ngeri banget ya doanya, padahal kalau diambil orang ya berarti belum jodoh, kan simple. Tapi, turutin ajalah daripada beresiko.

5. Kalau Nyapu Jangan Berhenti-Berhenti Nanti Prosesi Lamarannya Berhenti

nyapu jangan berhenti

nyapu jangan berhenti via http://instagram.com

Advertisement

Hayo..siapa yang pernah denger mitos ini? Mitos ini biasanya ditujukan buat para wanita yang mulai cukup umur buat nikah. Kata orangtua, kalau lagi menyapu jangan suka berhenti, nanti kalau pas lamaran kelak prosesinya berhenti. Ya kali aja lagi ada adzan makanya berhenti dulu, dengerin adzan sejenak. heheheh hush jangan mbantah. Turutin aja .

6. Kalau Nyapu yang Bersih Biar Jodohnya Nggak Brewokan

berewokan

berewokan via http://instagram.com

Masih soal nyapu menyapu. Mitos yang satu ini biasanya dilontarkan orangtua buat ngingetin anaknya kalau nyapu harus bersih, jangan sampai kotorannya bersisa karena bisa-bisa jodoh nya berewokan. Kesannya sih buat nakut-nakutin gitu. Duh mamah, aku mau nyapunya nggak bersih aja ah, Adek kan suka yang berewokan, keliatan gagah dan dewasa wkwkkwwk !

7. Jangan Tukeran Baju Nanti Jodohnya Ketuker

tukeran baju sama sahabat

tukeran baju sama sahabat via http://instagram.com

Ini nih rada lucu. Seringnya, para sesama single itu bakal diingetin buat nggak suka tuker-tukeran atau pinjem-pinjeman baju soalnya nanti jodohnya ketuker. Padahal kan jodoh itu sudah dituliskan ya, kok bisa ketuker cuma perkara baju? Jodohnya salah alamat kali hehe.

8. Jangan Makan Sambil Tidur, Nanti Suaminya Malas

makan sambil tidur

makan sambil tidur via http://instagram.com

Mitos terakhir ini membahas tentang suami. Dalam mitos ini, cewek dilarang banget buat makan sambil tiduran, bisa-bisa nanti suaminya pemalas. Dan bisa dipastikan, rata-rata cewek yang melakukan hal ini (makan sambil tiduran) bakal langsung duduk demi nggak dapet suami malas.

Nah itu dia 8 mitos seputar jodoh dan pacar yang sebenarnya menurut saya, adalah cara orangtua untuk mengatur anak-anaknya agar beretika dan bersikap sopan. Perkara mitos itu nyata kejadian apa nggak , nggak ada yang tahu. Tapi bagi saya, kalau pun akhirnya benar-benar kejadian, itu sih karena yang ngomong mitos itu adalah Sang Ibu tercinta, yang mana semua perkataannya bakal dikabul sama Tuhan. So, percaya apa nggak, mendingan sedia payung aja sebelum hujan. Diturutin aja, daripada didoain sama ibu? Hayo ! Toh juga nggak rugi. :D

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya