Dalam kehidupan ini seringkali terjadi hal- hal yang tidak kita inginkan yang bisa terjadi di dalam rumah. Mulai dari hal-hal kecil seperti terbentur meja atau bahkan hal yang sangat berbahaya seperti kemalingan.

Sebenarnya hal berbahaya bisa kita antisipasi terlebih dahulu atau bisa kita tangani setelahnya jika kita sudah mempersiapkan hal yang tidak terduga tersebut.

1. Kotak P3K dan perlengkapannya

Kotak P3K

Kotak P3K via http://dream.co.id

Sebagai pertolongan pertama dari pendarahan kecil atau kecelakaan ringan, perlengkapan dan peralatan P3K sangat bermanfaat.

Advertisement

Karena pendarahan kecil yang dibiarkan bisa sangat berbahaya karena selain pendarahan yang lebih banyak, luka yang terjadi di kulit juga dapat menimbulkan infeksi jika tidak segera dibersihkan.

Berikut hal-hal dapat dijadikan referensi isi kotak P3K :

  1. Alkohol 70% – sebagai pembersih luka.
  2. Obat luka bakar.
  3. kapas, perban/pembalut luka, plester luka.
  4. Gunting – jangan digunakan selain untuk penganganan luka.
Advertisement

Selain hal tersebut, bisa ditambahkan sesuai dengan kebutuhan lain, namun ada hal-hal yang sebaiknya tidak disimpan di kotak P3K kamu :

  1. Obat tetes mata
  2. Obat konsumsi (obat apapun)

Kedua hal tersebut memiliki resiko terkontaminasi dan memiliki tanggal kadaluarsa yang seringkali kita lewatkan, bukannya menjadi penyelamat malah justru akan membahayakan kita nantinya. Kecuali obat tersebut memang sering dikonsumsi karena suatu hal. Misalnya obat maag dan pil kontrasepsi.

2. Pengukur tinggi badan dan timbangan berat badan

Timbangan Badan

Timbangan Badan via http://brilio.net

Bagi kamu yang memiliki anak, atau adik yang sedang masa pertumbuhan hal ini cukup bermanfaat untuk selalu memantau perkembangannya tanpa perlu ke puskesmas hanya untuk sekedar mengukur berat badan.

Selain itu, alat timbangan berat badan juga berguna untuk memantau berat badan kamu sebagai bentuk pencegahan dari obesitas ya.

3. Alat pengukur tekanan darah digital

alat pengukur tekanan darah

alat pengukur tekanan darah via http://hellosehat.com

Sekarang ini mulai bermunculan alat pengukuran tekanan darah (tensimeter) dalam bentuk digital yang bahkan bisa digunakan oleh masyarakat umum yang harganya berkisar seratus ribuan lho.

Untuk ukuran tingkat kesehatannya, kita dapat menggunakan google sebagai bahan referensi, walaupun memang lebih baik jika kita berkonsultasi kepada ahlinya.

Melakukan pengukuran tekanan darah mandiri secara berkala memiliki manfaat cukup besar juga ternyata, di antaranya untuk mencegah penyakit :

  1. Sakit kepala
  2. Hipertensi
  3. Stroke akibat hipertensi
  4. Menjaga kesehatan jantung

Jika dirasakan tekanan darah sudah melebihi ambang batas normal kita bisa sedini mungkin untuk pergi ke dokter.

4. Alat pendeteksi kebocoran gas LPG

Gas Detector Rumahan

Gas Detector Rumahan via http://tokopedia.com

Saat ini hampir seluruh masyarakat terutama yang tinggal di daerah perkotaan dan perumahan pasti menggunakan kompor dengan bahan bakar gas.

Namun, pemberitaan di media seringkali membuat penggunanya khawatir dengan ledakan akibat kebocoran gas. di restaurant ternama ataupun hotel berbintang menggunakan alat pendeteksi kebocoran gas sehingga dapat meminimalisirkan resiko kebakaran di tempat tersebut.

Namun tidak perlu khawatir, kamu sudah dapat membeli alat pendeteksi kebocoran gas dengan ukuran lebih kecil dan tentunya lebih murah ketimbang dengan yang ada di restaurant maupun hotel berbintang. mungkin kekurangannya adalah tingkat sensitifitas dari pendeteksian gas tersebut.

5. Alat proteksi kebakaran ringan

Alat Pemadam Api RIngan

Alat Pemadam Api RIngan via http://fireshop.co.nz

Musibah yang sangat berbahaya yang bisa terjadi di rumah adalah salah satunya kebakaran. Selain berkembang dengan cepat, kebakaran juga bisa merambat antara bangunan satu dengan yang lainnya melalui berbagai media.

Yang paling berbahaya dari kebakaran adalah sering mengakibatkan korban jiwa dan kerugian materi yang bisa dikatakan sangat besar.

Mungkin selama ini banyak yang masih tidak peduli untuk menyediakan alat proteksi kebakaran di rumah, karena selain harga yang menjadi kendala adapun penggunaannya yang terbilang butuh pelatihan khusus.

Padahal sekarang ini (terutama di penjualan online) sudah tersedia alat proteksi kebakaran versi kecil atau versi rumahan yang harganya jauh dibawah harga untuk penggunaan besar seperti di gedung. Berikut adalah alat proteksi kebakaran yang bisa disediakan di rumah :

  1.  Alat pemadam api ringan (APAR) – butuh pemeliharaan rutin
  2. Selimut api (Fire Blanket)

APAR setidaknya harus dengan pemeliharaan yang bisa kita lihat di internet dan penggantian cairan/bubuk kimia yang ada di dalamnya.

Untuk penggunaan alat- alat tersebut bisa kita pelajari di internet atau lebih baiknya belajar langsung kepada orang yang paham dengan benda tersebut.

6. Mini compressor sebagai pengganti pompa angin manual

Kompresor Mini

Kompresor Mini via http://curvetube.com

Dari awal tadi banyak yang dibicarakan disini adalah mengenai versi kecil maupun versi rumahan dari peralatan keamanan. Yang keren dari perkembangan sekarang adalah telah hadirnya kompresor mini yang bentuknya sangat portable.

Kalau untuk sekedar mengisi angin kolam renang anak, sepeda, atau bahkan sepeda motor sangat memudahkan ketimbang kita menggunakan pompa manual kan.

7. CCTV

Peralatan selanjutnya yang bisa kita miliki sebagai keamanan adalah CCTV. Namun memang kendala saat ini CCTV masih tergolong mahal daripada peralatan yang sudah disebutkan sebelumnya.

Berikut manfaat menggunakan CCTV di rumah :

  1. Mengurungkan niat jahat seseorang karena tahu ada CCTV
  2. Dapat melihat realtime hal yang terjadi di sekitar rumah kita dan menjadi lebih siaga jika akan ada kejahatan
  3. Dapat tahu siapa yang berkunjung ke rumah tanpa perlu membuka pintu
  4. Dapat diputar ulang jika memang terjadi hal yang tidak diinginkan di rumah kita.

8. Kunci ganda dan alarm anti maling

Mungkin dari kita semua, kalau kunci ganda seperti gembok atau slot di pintu dimiliki. Namun, masih banyak yang belum menggunakan alarm anti maling di rumahnya.

Padahal kunci pintu biasa dan walaupun sudah ditambahkan dengan kunci ganda masih cukup berisiko untuk dibuka secara paksa. Untuk itu alarm dapat digunakan sebagai solusi persiapan diri jika alarm tersebut berbunyi.

Jika dirasa diperlukan hal-hal tersebut dapat diterapkan di rumah sebagai perlindungan diri tambahan mulai dari perlindungan kesehatan, kebakaran, hingga resiko kejahatan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya