8 Tanaman Hias yang Populer di Tengah Pandemi Tahun 2020

Ternyata selama pandemi, tanaman hias ini menjadi pilihan bagi para masyarakat yang di rumah aja!

Adanya pandemi, membuat masyarkat lebih gemar merawat tanaman hias. Sepanjang tahun 2020, Indonesia diramaikan dengan arus popularitas tanaman hias. Masyarakat Indonesia berbondong-bondong ingin memiliki tanaman yang dulunya dianggap sebelah mata namun di 2020 harganya bisa bikin melotot dan dompet melorot. Sudah tahukah kamu, tanaman apa saja yang naik daun di sepanjang tahun 2020? Berikut sekelumit rangkuman dan ulasan 8 tanaman hias popular tahun 2020. 

Advertisement

1. Zanzibar Gem

Foto oleh cottonbro

Foto oleh cottonbro via https://www.pexels.com

Zanzibar Gem sering juga disebut pohon dollar karena bentuk daunnya yang unik. Zanzibar Gem yang memiliki nama ilmiah Zamioculcas Zamiifolia merupakan tanaman menahun atau perennial yang sangat cocok tumbuh di daerah beriklim tropis. Satu pot tanaman Zanzibar gem dihargai dalam kisaran ratusan ribu rupiah. Meski tergolong murah, tapi setelah ditaruh di rumah bikin suasana ruangan makin mewah dan cerah berkat warna hijaunya.

2. Monstera

Photo by Huy Phan

Photo by Huy Phan via https://www.pexels.com

Monstera merupakan tanaman yang hidup di daerah beriklim tropis yang naik daun di tahun 2020. Di tahun yang sama, tanaman monstera sering digunakan sebagai tanaman penghias ruangan yang menyegarkan mata dan membuat rumah terkesan minimalis. Satu pot tanaman monstera dihargai hingga jutaan rupiah. Meskipun harganya selangit tapi tidak menyusutkan niat para pencinta tanaman hias untuk memilikinya.

Advertisement

3. Karet kebo

Photo by Mike Marquez

Photo by Mike Marquez via https://unsplash.com

Karet kebo atau juga dikenal sebagai karet merah merupakan tanaman berbatang yang tersebar India, Nepal, Bhutan, Myanmar, China, Malaysia, dan Indonesia. Tanaman bernama ilmiah ficus elastic aini dipercaya mampu menyegarkan udara di dalam ruangan, makanya para pencinta tanaman hias banyak memburu tanaman unik satu ini untuk pelengkap maupun pengisi selah kosong di dalam rumah. Tidak hanya itu, kehadiran karet kebo di dalam rumah juga bisa menambah nilai estetika dan ruangan terkesan minimalis.

4. Peperomia

Gambar oleh Jan Haerer

Gambar oleh Jan Haerer via https://pixabay.com

Peperomia adalah tanaman yang berasal dari Brazil yang tergolong dalam piperaceae. Peperomia sering disebut sebagai radiator plants yang memiliki ciri berbatang lunak, berair dan tingginya bisa mencapai 30 sentimeter saja.

Dari 8 jenis peperomia, hanya 5 jenis yang paling popular sepanjang tahun 2020 di antaranya watermelon peperomia, peperomia prostrata, red-edge peperomia, rainbow peperomia, dan golden gate peperomia.

Advertisement

5. Calathea

Photo by Severin Candrian

Photo by Severin Candrian via http://https

Calathea merupakan tanaman hias asli Amerika Serikat yang kini sedang digandrungi para pengoleksi tanaman hias di rumah. Ada banyak jenis calathea yang digemari ibu-ibu di Indonesia, mulai dari calathea louisae, calathea ornata, calathea orbifolia, calathea roseopicta, calathea lancifolia, calathea warscewiczii, dan calathea veitchiana.

Setiap jenis calathea yang ada di Indonesia memiliki corak dan motif berbeda-beda yang menjadi daya tarik tersendiri.

6. Philodendron

Photo by Valeriia Miller

Photo by Valeriia Miller via https://www.pexels.com

Philodendron adalah tanaman yang cukup popular di tengah pandemik 2020. Philodendron mampu mencuri hati siapa saja yang melihatnya karena bentuk daun dan warna hijaunya yang memikat mata. Makanya, tidak heran jika philodendron banyak diburu para pecinta tanaman hias karena tanaman satu ini cocok ditaruh di dalam maupun luar ruangan.

7. Sirih gading

Photo by Zinah Insignia

Photo by Zinah Insignia via https://unsplash.com

Sirih gading atau dikenal sebagai Devil’s Ivy merupakan tanaman hias merambat semi-epifit yang biasa ditanam di dalam maupun di luar ruangan. Tanaman dengan nama ilmiah Epipremnum Aereum ini naik daun di tahun 2020 bersamaan dengan popularitas yang diraih monstera, philodendron dan juga aglonema. 

8. Aglonema

Gambar oleh PENEBAR

Gambar oleh PENEBAR via https://pixabay.com

Berikutnya ada aglonema yang jadi primadona se-antero Indonesia. Bagaimana tidak, aglonema memiliki ratusan ragam jenis mulai dari corak, motif, dan warna pada batang hingga daunnya. Itulah daya pikat yang dimiliki aglonema sekaligus penentu harga jual-belinya–apakah murah atau mahal.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

selalu ingin belajar menulis

CLOSE