8 Tips Traveling Murah. Budget Nggak Jadi Masalah!

tips traveling murah

Pada umumnya traveling membutuhkan biaya yang cukup besar sehingga kerap membuat sebagian orang ragu untuk menjelejah dunia. Padahal, kamu tetap bisa traveling tanpa harus menghabiskan banyak anggaran. Simak beberapa tips di bawah ini yang bisa membantumu merencanakan liburan menyenangkan dengan anggaran terjangkau!

Advertisement

1. Pergilah pada saat low season

Pinterest

Pinterest via https://pin.it

Bagi yang gemar traveling, bukan rahasia lagi jika bepergian pada saat peak season (misalnya saat liburan atau bulan-bulan tertentu), harga tiket pesawat dan akomodasi akan jauh lebih mahal.

Hindari bepergian selama high season dan luangkan waktu untuk bepergian selama low season ketika orang tidak memiliki banyak hari libur.

Advertisement

2. Susunlah rincian biaya yang ingin dikeluarkan

Satu hal penting untuk mengontrol pengeluaran yang tidak perlu adalah memecah biaya perjalananmu. Tentukan anggaran minimum yang dibutuhkan untuk transportasi, akomodasi, dan biaya makan sehari-hari, lalu tingkatkan anggaran untuk berjaga-jaga.

3. Cari penginapan dengan harga terjangkau

Pinterest

Pinterest via https://pin.it

Saat ini banyak sekali penginapan yang murah serta memiliki kualitas yang baik. Dengan menginap di penginapan yang murah tentunya bisa menggurangi anggaran yang akan kamu keluarkan. Kamu bisa menggunakan anggaran tersebut untuk kepentingan lainnya daripada untuk menginap di hotel berbintang.

4. Cek harga tiket secara rutin

Biasanya akan ada tiket pesawat untuk promosi di waktu-waktu tertentu. Terkadang kamu tidak menyadari bahwa maskapai penerbangan mempromosikan harga tiket dengan lebih rendah pada saat itu. Oleh karena itu, jika ingin bepergian lebih murah, sebaiknya cek harga tiket secara rutin hingga menemukan yang sesuai dengan anggaran.

Advertisement

5. Jangan berbelanja di tourist spot

Pinterest

Pinterest via https://pin.it

Jika ingin berbelanja souvenir hindari berbelanja di tourist spot karena pada umumnya souvenir yang dijual di tempat tersebut memiliki harga yang lebih tinggi darioada tempat lain. Kamu bisa berbelanja di pusat oleh-oleh yang menawarkan harga lebih terjangkau.

6. Kunjungi tempat wisata yang baru

Pinterest

Pinterest via https://pin.it

Wahana atau tempat wisata yang baru dibangun atau baru didirikan dapat menjadi tempat wisata alternatif berbiaya rendah. Biasanya tempat wisata yang baru dibuka akan selalu menawarkan harga promosi yang murah meriah.

7. Pilihlah waktu makan yang tepat untuk menghemat pengeluaran

Waktu makan penting untuk pendanaan makanan selama perjalanan. Cobalah untuk menyesuaikan kembali waktu sarapan agar lebih mendekati waktu makan siang. Karena itu, kamu bisa menghemat pengeluaran makan sehari.

Kurangi pembelian jajan, karena akumulasi dana untuk membeli jajan bisa jadi lebih mahal daripada membeli sepiring nasi.

8. Ajaklah teman untuk travelling bersama

Kamu bisa membagi anggaran dengan temanmu. Anggaran yang bisa dibagi menjadi dua kategori yaitu: sewa penginapan, sewa kendaraan, dan biaya makanan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE