Berikut adalah beberapa tips fotografi dalam ruangan yang tidak mengharuskan kamu memiliki penerangan seperti yang ada di studio-studio, tetapi kamu berkesempatan menghasilkan potret dalam ruangan seperti para profesional.

Kamu dapat melakukan potret fotografi dalam ruangan dengan nyaman di rumah sendiri, meski hanya dengan satu sumber cahaya, kamu tetap bisa memotret dan terlihat memukau. Yang kamu perlukan hanyalah lampu sudut.

 

1. Background

Background Hitam

Background Hitam via http://google.com

Untuk memulai, posisikan subjek kamu untuk diletakkan di depan kain hitam yang menyerap cahaya. Kain digunakan untuk menjadi background hitam untuk sesi pemotretan kamu. Untuk menyesuaikan posisi kain, kamu dapat menggunakan apa pun untuk menaikannya sesuai selera. Sebuah rak buku misalnya, sudah cukup bagus.

2. Pencahayaan

Pencahayaan

Pencahayaan via http://www.google.com

Advertisement

Setelah kamu pada posisi yang nyaman, sesuaikan lampu sehingga posisinya sedikit di atas kepala dan juga letakkan lampu di sisi kanan kamu atau model kamu. Pengaturan cahaya ini akan menciptakan hasil fotografi potret klasik dan menakjubkan.
Ada banyak efek pencahayaan lain yang bisa kamu coba

3. Kecepatan Shutter Speed

Atur Shutter Speed kamu menjadi relatif cepat. Saya biasanya mengatur kamera saya ke 1/160 detik pada f / 2.8, ISO500. Juga, disarankan agar kamu menggunakan tripod untuk melengkapi sesi fotografi kamu.

4. Gunakan Tripod

Tripod akan mengurangi goyangan kamera, sehingga menahan posisi dari foto dalam ruangan yang rusak. Hasil potret dalam ruangan yang dihasilkan akan tajam ketika kamu menggunakan tripod.

5. Panjang Focal Length

Advertisement

Saya biasanya menggunakan lensa 80-200mm f / 2.8 dan mengaturnya ke 145mm. Ini karena panjang fokus yang lebih panjang akan menghasilkan foto potret dalam ruangan yang jauh lebih menakjubkan.

6. Ambil Beberapa Pemotretan

Hal lain yang dapat kamu lakukan adalah mengambil beberapa bidikan hanya untuk menguji exposure dan pengaturan umum. Jika kamu puas dengan pengaturan untuk pemotretan, kamu dapat memulai sesi fotografi dalam ruangan kamu. Akan sangat bagus jika kamu dapat berdiskusi dengan model kamu sebelumnya tentang berbagai pose dan ekspresi yang dapat dia lakukan.

7. Eksperimen Berbagai Kondisi Pencahayaan

Photography Lightning

Photography Lightning via https://digitalsynopsis.com

Sudut pencahayaan yang berbeda akan menghasilkan efek fotografi potret dalam ruangan yang berbeda. Yang kamu perlukan di sini hanyalah mencoba posisi pencahayaan yang berbeda dan melihat mana yang bekerja dengan baik untuk kamu. Sudut pencahayaan seperti itu meliputi sisi kanan, di atas, sisi kiri, bawah, dan dari belakang subjek kamu.

8. Reflector Indoor

Reflector Indoor

Reflector Indoor via https://i.pinimg.com

Setiap kali cahaya terlalu keras, itu menciptakan bayangan yang tidak diinginkan yang merusak upaya pemotretan dalam ruangan kamu. Apa yang dapat kamu lakukan di sini adalah menggunakan reflector di sisi berlawanan dari sumber cahaya. Reflector memantulkan cahaya ke subjek kamu, sehingga menciptakan iluminasi cahaya yang jauh lebih lembut.

Sekian tips dari saya, semoga bisa menjadi wawasan untuk kamu dalam dunia fotografi.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya