Siapa sih yang tidak tahu Olimpiade?

Medali emas, parade atlet, hingga api Olimpiade yang bersejarah. Namun yang paling berkesan dan paling sering ditonton adalah pesta pembukaan maupun pesta penutupan Olimpiade.

Biasanya kebanyakan para penduduk dunia merasa bosan menyaksikan pertandingan olahraga, apalagi di depan televisi. Males banget deh. Tapi begitu ada perayaan, langsung semua mata tertuju pada negara penyelenggara, baik melalu televisi maupun melihat langsung.

Pesta pembukaan Olimpiade diadakan sebagai tanda dimulainya pertandingan olahraga berbagai cabang. Tradisi ini diwariskan dari jaman ketika Kerajaan Yunani berdiri hingga Pierre de Coubertin, pencetus Olimpiade moderen, memutuskan untuk mengadopsi konsep yang berevolusi menjadi acara pembukaan perayaan pertandingan olaharga yang wajib dilakoni negara penyelenggara Olimpiade Musim Panas/Musim Dingin.

Pesta ini juga menjadi ajang showcase budaya dan kreativitas dari negara si penyelenggara.

Berikut di bawah adalah daftar pembukaan olimpiade paling unik (dihimpun dari berbagai sumber):

1. Merpati Panggang ala Olimpiade Seoul 1988

Bau apa ini? Kok ada bau daging panggang? via http://heritageinstitute.com

Sepanjang sejarah Olimpiade, belum pernah ada yang namanya Barbeque Live di kuali Olimpiade, sampai tahun 1988.

Pada pembukaan Olimpiade 1988, banyak sekali burung merpati putih dilepaskan sebagai salah satu segmen wajib, World Peace, di tiap pembukaan Olimpiade. Tapi tidak ada yang menyangka kalau banyak sekali burung merpati yang hinggap di kuali Olimpiade yang pembukaannya berlokasi di Seoul Olympic Stadium itu.

Maka ketika kuali Olimpiade dinyalakan, banyak sekali burung yang terpanggang matang maupun yang mengalami luka berat. Hal ini menuai protes dari para pecinta binatang saat itu.

Advertisement

Olimpiade Barcelona 1992 adalah kali terakhir penyelenggara menggunakan burung merpati hidup di acara pembukaan Olimpiade, baik Musim Panas maupun Musim Dingin, namun tidak ada cerita burung panggang lagi sejak saat itu.

2. Muhammad Ali, pejuang Parkinson pertama yang menyalakan kuali Olimpiade

Muhammad Ali via https://si.wsj.net

Pada pembukaan Olimpiade 1996, Olimpiade ke 100 sepanjang sejarah, di Atlanta, Georgia, Amerika Serikat, petinju terhebat sepanjang sejarah, Muhammad Ali ditunjuk sebagai yang menyalakan kuali Olimpiade di tahun itu.

Mengharukannya, sang petinju ini saat itu sedang menjalani perawatan penyakit Parkinson yang dideritanya. Bisa dilihat dari tangannya yang bergetar, perjuangannya memegang Olympic torch tersebut, di saat-saat terakhir sebelum ia menyalakan kuali tersebut.

3. Empat Setengah di Olimpiade Sochi

Empat Setengah via http://giphy.com

Olimpiade Musim Dingin di Sochi, Russia, adalah salah satu yang paling kontroversial sepanjang masa.

Mengapa demikian?

Pada akhir segmen pembuka, ada lima bunga salju besar yang melayang di stadium diiringi paduan suara sebelum mereka membuka 'kelopak' mereka menjadi simbol lingkaran olimpiade. Malangnya, hanya empat 'kelopak' yang terbuka, sementara satu 'kelopak' tidak terbuka.

Memalukan ga sih, padahal pas lagi gladi resik, kelopak-kelopak tersebut bisa dibuka semuanya lho!

Konon rumornya, salah satu staf yang bertanggung jawab dengan 'kelopak-kelopak salju' tersebut sempat 'dihajar' di kamar hotelnya lantaran menjadi pihak yang tidak bertanggung jawab dengan situasi semacam ini.

4. Ikonik tapi Malfunction di Olimpiade Vancouver

Sesaat sebelum menyala via https://upload.wikimedia.org

Bisa dibilang, acara pembukaan Olimpiade Musim Dingin Vancouver 2010 disebut sebagai pembukaan paling ikonik sepanjang masa, dengan hadirnya seluruh suku Indian di sana, seperti suku Inuit, Squamish, dan Lil'Wat, ditambah dengan kedekatan tema pembukaan tersebut dengan legenda para suku Indian tersebut di Kanada.

Hanya saja, saat mau menyalakan kuali olimpiade yang menandakan pembukaan Olimpiade Musim Dingin 2010 di Vancouver, Kanada, ada sedikit masalah.

Pasalnya, sistem hidrolik yang dipakai untuk mengangkat keempat kuali Olimpiade yang didesain ala kayu-kayu api unggun ini kena masalah, maka tiga dari kayu api unggun tersebutlah yang bisa terangkat, dan dinyalakan oleh tiga dari empat atlet yang ditunjuk penyelenggara.

Pada perayaan penutupan Olimpiade Musim Dingin tersebut, sistem hidrolik tersebut berfungsi normal, dan kuali keempat pun akhirnya terangkat dan dinyalakan.

Versi permanen kuali tersebut dinyalakan oleh salah satu dari empat representatif tersebut setelah perayaan pembukaan selesai, terletak di daerah sekitar Vancouver Convention Center.

Pembukaan ini, konon, didedikasikan untuk Nodar Kumaritashvili, atlet luge yang meninggal saat latihan pada hari itu.

5. Pesta Pembukaan Olimpiade Pertama di Malam Hari

Suasana di dalam Stadion via https://knowbcn.files.wordpress.com

Pesta Pembukaan Olimpiade Musim Panas 1992 di Barcelona adalah pesta pembukaan Olimpiade pertama yang dilaksanakan di malam hari.

Entah alasannya mengapa, mungkin karena kasus 'burung panggang' Olimpiade Musim Panas Seoul 1988, pihak penyelenggara olimpiade, International Olympic Commitee, memutuskan untuk menyelenggarakan pesta pembukaan tersebut di malam hari.

Pada acara pembukaan itu, kuali Olimpiade dinyalakan dengan cara menembakkan api olimpiade ke kuali dengan menggunakan anak panah.

Mungkinkah saat-saat Susi Susanti menembakkan anah panah ke kuali saat pembukaan SEA Games 2011 terinspirasi dari pembukaan Olimpiade Barcelona ini? Bisa jadi, meski ada bedanya.

Bedanya, Susi Susanti diangkat oleh tali-tali, sementara atlet yang menembakkan anak panah ke kuali di Olimpiade 1992 sama sekali tidak diangkat.

6. Olimpiade Musim Panas di Musim Dingin

Kuali yang diangkat menuju angkasa via http://aoc-cdn.s3.amazonaws.com

Biasanya, Olimpiade Musim Panas itu diadakan di musim panas, yang jatuh di antara bulan Juni hingga Agustus.

Namun kasusnya berbeda di Australia. Mengapa? Di daerah selatan bumi, yang terjadi malah terbalik. Yang Musim Panas harusnya jatuh di bulan Juni hingga Agustus, malah terjadi di Australia dan New Zealand pada bulan Oktober hingga Desember. Begitu pula sebaliknya dengan Musim Dingin.

Makanya, Olimpiade Musim Panas 1956 berlangsung di Melbourne pada tanggal 28 November hingga 8 Desember. Sementara Olimpiade Musim Panas Sydney 2000 berlangsung pada tanggal 15 September hingga 1 Oktober.

Bisa dibayangkan betapa pusingnya para atlet di utara bumi yang pontang-panting membongkar baju musim panas mereka di saat musim gugur dan musim dingin mulai melanda negara mereka.

7. Pesta Budaya Termahal di Beijing

Kuali Olimpiade Beijing menyala via https://upload.wikimedia.org

Perayaan pembukaan Olimpiade Musim Panas di Beijing, Tiongkok merupakan pesta paling megah sepanjang masa sejarah Olimpiade moderen.

Konon kabarnya, pesta perayaan ini memakan biaya hingga jutaan yuan. Pasalnya, semua biaya dari persiapan hingga penyelenggaran Olimpiade Musim Panas 2008 di Beijing ini memakan biaya sebesar US$ 44 miliar, atau setara dengan 380 miliar rupiah.

Rekor tersebut digulingkan oleh Rusia, karena Olimpiade Musim Dingin Sochi 2014 memakan biaya hingga US$ 55 miliar.

8. Lautan Kain Bjork, Huruf Yunani dan Urutan Masuk Atlet

Kain yang lahir dari gaun Bjork via http://assets2.thecreatorsproject.com

Pada acara pembukaan Olimpiade Musim Panas 2004 di Athena, Yunani, setelah semua atlet memasuki stadion, musisi asal Islandia, Bjork, menyanyikan lagu Oceania yang diambil dari albumnya yang berjudul Medulla.

Uniknya, saat Bjork menyanyikan lagu tersebut, ada kain yang keluar dari gaun Bjork, dan menyelimuti para atlet sampai semuanya 'terkurung'.

Begitu Bjork selesai menyanyikan lagu yang sepenuhnya dibuat dari suara-suara manusia itu, peta dunia terpampang jelas dari kain lebar tersebut.

Sebelum pertunjukkan tersebut, masuknya para atlet ke stadion memakai huruf-huruf Yunani, sehingga negara Santa Lucia yang aturannya salah satu yang paling bontot masuknya, malah masuk ke stadion paling pertama.

Selain itu, biasanya Yunani adalah negara pertama yang masuk ke dalam stadion sesuai dengan tradisi Olimpiade kedua musim, namun karena Yunani adalah negara penyelenggara Olimpiade, pembawa benderanya masuk duluan disusul dengan atlet dari Santa Lucia atletnya malah masuk belakangan.

9. Tema Pembukaan Rio 2016: Hijaukan Bumiku!

Lingkaran Olimpiade via http://www.dressage-international.com

Pesta pembukaan Olimpiade Musim Panas Rio 2016 tidak hanya fokus dengan karnaval saja, karena ada pesan tersembunyi di balik perayaan karnival ini.

Salah satu inisiatif dari pesta pembukaan ini adalah mengajak seluruh lapisan masyarakat dunia untuk melakukan aksinya dalam menghijaukan kembali bumi kita ini.

Pesta yang total budgetnya hanya 10% dari total budget pesta pembukaan Olimpiade Musim Panas London 2012 ini memang banyak dipuji karena kreativitasnya meski biaya yang dipakai hanya sedikit. Menurut Leonardo Caetano, salah satu pihak penyelenggara Olimpiade Rio 2016, mereka [pihak penyelenggara (sic)] lebih mementingkan 'originalitas karya' dibandingkan dengan 'kemewahan' yang disajikan oleh Olimpiade Musim Panas London empat tahun silam.

Judi Dench, yang dulunya memerankan Agent M di film-film James Bond, turut hadir dalam perayaan tersebut, membacakan narasi yang menemani video pendek tentang Global warming dan akibatnya di kota-kota seperti Dubai, Shanghai, Florida dan Rio.

Kuali Olimpiade Rio yang didesain oleh pematung asal Amerika, Anthony Howe, tadinya mau dinyalakan oleh Pele, legenda sepak bola dari Brazil. Namun yang bersangkutan tidak dapat hadir karena sakit, sehingga sosoknya digantikan oleh Vanderlei de Lima, peraih medali perunggu untuk marathon di Olimpiade 2004 dan salah satu pemenang Pierre de Coubertin medal. Konon kabarnya, Pele akan hadir di pesta penutup Olimpiade Rio tanggal 21 Agustus nanti.