Siapa yang tidak mengenal Jawa Tengah? Atau paling tidak, kamu pasti tahu dimana letaknya di Pulau Jawa jika disediakan sebuah peta. Walaupun tidak terlalu luas, Jawa Tengah memiliki beragam keistimewaan yang khas. Bukan hanya penduduknya yang ramah, Jawa Tengah juga memiliki 9 gunung yang layak kamu daki. Dijamin tidak akan mengecewakan hati!

1. Gunung Slamet

Gunung Slamet bagaikan terkubur awan via http://www.wikipedia.org

Gunung Slamet terletak di antara lima kabupaten, yaitu Kabupaten Brebes, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Gunung Slamet merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah, ketinggiannya mencapai 3.428 meter di atas permukaan air laut. Jalur pendakian Gunung Slamet adalah melalui Bambangan, Baturaden, Desa Gambuhan, Desa Jurangmangu, maupun Desa Gunungsari. Karena ketinggiannya, pemandangan hamparan awan terlihat sangat indah dari puncak Gunung Slamet. Benar-benar seperti negeri di atas awan.

2. Gunung Lawu

Gunung Lawu yang penuh misteri, namun selalu menantang untuk dikunjungi via http://www.pusakadunia.com

Gunung yang memiliki ketinggian 3.265 meter di atas permukaan air laut ini terletak di antara dua kabupaten, yaitu Kabupaten Karanganyar (Jawa Tengah) dan Kabupaten Magetan (Jawa Timur). Lawu memiliki tiga puncak, yaitu Puncak Hargo Dalem, Hargo Dumilah, dan Hargo Dumiling. Puncak Hargo Dumilah merupakan puncak tertinggi di Gunung Lawu. Pendakian dapat dilakukan melalui basecamp Cemorokandang di Tawangmangu atau Cemorosewu di Sarangan. Gunung Lawu merupakan tempat yang disakralkan oleh masyarakat di sekitarnya, terdapat tradisi upacara labuhan setiap bulan Suro yang dilakukan oleh Keraton Yogyakarta. Ada pula keberadaan pasar setan yang terkenal di kalangan pendaki gunung.

3. Gunung Merbabu

Advertisement

View Gunung Merapi terlihat jelas dari Gunung Merbabu via http://www.path.com

Gunung Merbabu terletak di wilayah Kabupaten Magelang di lereng sebelah barat dan Kabupaten Boyolali di lereng sebelah timur serta Kabupaten Semarang di lereng sebelah utara, Provinsi Jawa Tengah. Gunung Merbabu memiliki ketinggian 3.145 meter di atas permukaan air laut. Jalur pendakian yang bisa ditempuh antara lain, Selo, Thekelan, Wekas, dan Cunthel. Merbabu memiliki puncak yang bernama Puncak Kentheng Songo, Puncak Syarif, dan Puncak Trianggulasi. Gunung Merbabu merupakan salah satu favorit bagi pendaki karena memiliki pemandangan yang mengagumkan dari setiap puncaknya. Selain itu, selama perjalanan ─antara 6-7 jam─ kamu akan melewati padang sabana yang menyajikan keindahan edelweis. Dijamin tidak akan membuatmu bosan!

4. Gunung Merapi

“Hai, kembaran!” kata Gunung Merapi kepada Gunung Merbabu via http://www.instagram.com

Lokasi Gunung Merapi berada di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Merapi merupakan salah satu gunung yang masih aktif di Indonesia. Ia memiliki ketinggian 2.968 meter di atas permukaan air laut. Sebelum mencapai puncak, kamu harus melewati tiga pos pendakian terlebih dahulu. Hal tersebut memerlukan waktu sekitar 4-5 jam melalui jalur Selo di Boyolali. Tepat di bawah puncak Merapi, terdapat area datar penuh bebatuan yang biasa digunakan untuk camping, tempat itu bernama Pasar Bubrah. Di Pasar Bubrah, sebenarnya terdapat papan peringatan berisi larangan untuk mendaki sampai puncak. Salah satu insiden yang pernah terjadi ialah jatuhnya seorang mahasiswa asal Yogyakarta ke dalam kawah Merapi beberapa waktu yang lalu.

5. Gunung Sumbing

Lelah akan pergi jika disuguhi pemandangan seindah ini via http://www.summitmountain.wordpress.com

Gunung Sumbing memiliki ketinggian 3.371 meter di atas permukaan air laut. Letaknya di tiga kabupaten Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Magelang, Temanggung, dan Wonosobo. Sumbing memiliki empat jalur pendakian, yaitu jalur Cepit Parakan, jalur Bogowongso, jalur Mangli, dan jalur Desa Garung. Jalur pendakian favorit Gunung Sumbing adalah melalui Desa Garung yang terletak di Gunung Sumbing bagian utara. Hal itu karena jalur tersebut lebih pendek dan memiliki pemandangan yang lebih bagus daripada lainnya. Gunung Sumbing memiliki dua puncak yang bernama Puncak Buntu dan Puncak Sejati. Waktu tempuh yang diperlukan untuk sampai puncak adalah sekitar 7-8 jam.

6. Gunung Sindoro

Kapan lagi bisa foto sekece ini di tempat tertinggi? via http://www.instagram.com

Gunung Sindoro memiliki ketinggian 3.150 meter di atas permukaan air laut. Letak Gunung Sindoro berdekatan dengan Gunung Sumbing, sama dengan letak Gunung Merapi yang bersebelahan dengan Gunung Merbabu. Gunung Sindoro memiliki kawah yang senantiasa mengeluarkan bau belerang. Di dekat kawahnya, terdapat lapangan datar yang lumayan luas. Untuk mencapai puncak, bisa melalui jalur Kledung maupun Sigedang dengan waktu tempuh kira-kira 6-7 jam. Banyak pendaki yang memilih rute pendakian via Kledung karena jalannya yang lebih mudah. Namun demikian, apabila melakukan pendakian melalui jalur Sigedang, maka kamu akan disuguhi indahnya kebun teh Tambi.

7. Gunung Ungaran

Pesona Gunung Ungaran yang tak akan terlupakan via http://www.yasiryafiat.wordpress.com

Gunung Ungaran terletak di Kota Semarang dengan ketinggian 2.050 meter di atas permukaan air laut. Ungaran memiliki tiga puncak, yaitu Gendol, Botak, dan Ungaran. Kamu dapat melakukan pendakian ke Gunung Ungaran melalui jalur Candi Gedong Songo, jalur Jimbaran, atau jalur Medini. Dua jalur yang sering dilalui pendaki adalah jalur Candi Gedong Songo dan jalur Jimbaran. Waktu tempuh pendakian adalah sekitar 5 jam dari Candi Gedong Songo atau 8 jam dari Jimbaran. Dari puncak Gunung Ungaran, akan terlihat indahnya penampakan Gunung Sumbing dan Sindoro.

8. Gunung Prau

Gunung Prau yang akan selalu membuatmu rindu via http://www.instagram.com

Gunung Prau terletak di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah. Gunung Prau memiliki ketinggian 2.565 meter di atas permukaan air laut. Gunung ini sangat cocok bagi pendaki pemula karena trek sepanjang pendakian sampai puncak termasuk ramah bagi pendaki, yaitu pendek dan relatif mudah ditempuh. Namun, karena letaknya yang berada di kawasan Dataran Tinggi Dieng, cuaca di Gunung Prau bisa menjadi sangat dingin. Pendakian sampai puncak gunung memerlukan waktu antara 3 sampai 4 jam. Di atas puncak Gunung Prau, kamu akan disuguhi pemandangan yang luar biasa indah. Ada bukit yang menyerupai bukit di serial Teletubbies, ada padang rumput bahkan bunga daisy, juga pemandangan Telaga Warna. Selain itu, jika kamu mampu bangun pagi maka kamu akan disuguhi dengan Golden Sunrise yang memukau mata.

9. Gunung Andong

Walaupun tidak terlampau tinggi, Gunung Andong tetap terkenang di hati via http://www.laniahlaniah.wordpress.com

Gunung Andong terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Gunung ini memiliki ketinggian 1.726 meter di atas permukaan air laut. Gunung Andong merupakan gunung yang ramah bagi pendaki pemula. Tidak heran jika banyak orang yang akhir-akhir ini melakukan pendakian di Gunung Andong. Meskipun demikian, pemandangan yang disajikan dari puncak Gunung Andong tidak kalah menakjubkan dari gunung-gunung lainnya. Basecamp pendakian Gunung Andong terletak di Kecamatan Ngablak, Magelang. Waktu tempuh pendakian hanya sekitar 1-2 jam saja. Di bawah kaki Gunung Andong, terdapat hutan pinus yang rindang. Sedangkan nama puncaknya antara lain, Puncak Makam, Puncak Jiwa, Puncak Andong, dan Puncak Alap-Alap.