7 Ide Bisnis Untuk Mahasiswa Anti Ribet

Sebagai mahasiswa yang tentunya berpendidikan kita harus dapat menciptakan peluang lapangan pekerjaan. Salah satu caranya yaitu dengan memulai bisnis

Di abad 21 ini jumlah populasi manusia semakin bertambah banyak apalagi Indonesia. Jumlah penduduk Indonesia saat ini sudah mencapai 200 juta jiwa. Semakin tinggi jumlah populasi yang ada maka tidak memungkiri semakin meningkatnya jumlah pengangguran yang ada.

Sebagai mahasiswa yang tentunya berpendidikan kita harus dapat menciptakan peluang lapangan pekerjaan. Salah satu caranya yaitu dengan memulai bisnis. Berbisnis dapat dilakukan oleh mahasiswa karena masih memiliki waktu yang banyak, circle yang luas, ide yang menumpuk, dan soft skill yang memumpuni.

Memulai bisnis saat menjadi mahasiswa juga memiliki beberapa manfaat seperti menambah uang saku, menambah pengalaman, dan tentunya kita dapat menjadi kebanggaan lingkungan sekitar karena dapat menciptakan lapangan pekerjaan.

Ada banyak ide bisnis yang bisa dijalankan mahasiswa. Berikut adalah beberapa pilihan bisnis kecil yang dapat dimulai dari sekarang.

Advertisement

1. Bisnis Bimbingan Belajar

People

People via https://pixabay.com

Jika kamu unggul dalam mata pelajaran tertentu, bantulah teman-teman kamu sebagai tutor. Kamu dapat mengenakan biaya untuk sesi individu atau menawarkan paket berkelanjutan. Kamu bahkan dapat membantu anak-anak SD, SMP, dan SMA yang berminat untuk bimbingan belajar bersamamu.

2. Penulisan Esai

Computer girl

Computer girl via https://pixabay.com

Bagi kamu yang memiliki keterampilan menulis yang kuat, tawarkan layanan menulis kepada siswa lain. Menawarkan esai yang sudah selesai mungkin bertentangan dengan peraturan sekolah, jadi pertimbangkan untuk menawarkan template atau versi dasar yang dapat diedit sendiri oleh siswa. Kamu mungkin juga menyediakan layanan pengeditan esai dengan mematok sedikit biaya.

Advertisement

3. Layanan Pengiriman

delivery

delivery via https://pixabay.com

Jika kamu memiliki kendaraan pribadi seperti motor, tawarkan untuk mengantarkan makanan, bahan makanan, atau berbagai barang di sekitar kampusmu.

4. Bisnis Fotografi

Kamera

Kamera via https://pixabay.com

Jika kamu memiliki kamera yang bagus, beberapa peralatan pengeditan, dan skill fotografi yang bagus kamu bisa menawarkan layanan fotografi untuk acara atau potret lokal. Atau kamu juga bisa menjual foto secara online atau file digital di situs stok.

5. Jasa Desain

laptop

laptop via https://pixabay.com

Jika kamu mempunyai keahlian dalam desain atau kamu salah satu mahasiswa jurusan DKV kamu bisa membuka jasa desain. Desain sangat diperlukan dalam setiap usaha ataupun even-even tertentu. Sehingga jasa desain adalah salah satu ide bisnis yang patut dicoba.

Advertisement

6. Jasa Penerjemah

different language

different language via https://pixabay.com

Sekarang ini mahasiswa pasti memiliki kemampuan berbahasa asing seperti bahasa Inggris. Jika kamu memiliki kemampuan berbahasa asing, jangan ragu untuk menjadikannya salah satu bisnis yang menguntungkan.

7. Membuka Toko Online

ecommerce

ecommerce via https://pixabay.com

Zaman sekarang bisnis online shop lebih banyak diminati karena dengan menjual barang online dapat menghemat pengeluaran seperti menyewa tempat. Nah ini bisa jadi salah satu ide bisnis untuk mahasiswa. Ada banyak online shop yang bisa kamu pilih seperti menjual makanan kering, menjual pakaian, atau bahkan reseller.

***

Bagaimana? Apakah kamu sudah mendapatkan ide bisnis yang cocok untuk mu? Kamu hanya tinggal memilih berdasarkan keterampilan yang kamu miliki untuk memulai sebuah bisnis. Jika sudah memulainya jangan lupa untuk bertanggung jawab mengembangkan dan mengelolanya dengan baik ya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE